Alat Listrik yang Harus Kamu Miliki

Listrik menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Terlebih untuk rumah tangga, listrik dapat memenuhi semua keperluan dasar secara praktis, misalnya untuk memasak nasi, menonton televisi, mengisi daya baterai smartphone, hingga keperluan pencahayaan.

Selain mengetahui fungsi dari berbagai alat listrik, tentunya kamu harus memiliki sejumlah alat listrik dasar untuk melancarkan pengoperasian berbagai macam perangkat elektronik di rumah. Lantas, apa saja sih alat listrik yang wajib tersedia di rumah?

1. Stop Kontak Listrik

tourbelizeautorental.com

Alat listrik pertama yang wajib tersedia di berbagai sudut rumah adalah stop kontak. Alat listrik berupa stop kontak ini merupakan titik penghubung yang bertugas menghantarkan listrik utama ke berbagai perangkat elekronik yang ada di hunian kamu dan dipasangkan dengan cara ditanam ke dalam tembok atau menggunakan kabel.

Alat listrik yang satu ini memiliki tipe, bentuk, ukuran, arus dan batasan voltase berbeda sesuai standar masing-masing negara. Untuk Indonesia, stop kontak yang dipakai adalah tipe C dan tipe F dengan frekuensi 50 Hz dan memiliki tegangan 220 voltase.

2. Steker Listrik

fuerteventuraguide.com

Steker listrik atau biasa dikenal dengan colokan listrik merupakan alat listrik yang berfungsi menghantarkan listrik yang dihubungkan pada stop kontak. Adapun, penggunaan alat listrik ini sangatlah mudah karena kamu cukup menancapkan steker pada dua lubang stop kontak sesuai arahnya.

3. Saklar Listrik

telegraph.co.uk

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa saklar berbeda dari stop kontak. Fungsi dari alat listrik ini adalah untuk memutuskan aliran listrik demi menghemat penggunaan listrik rumah tangga. Penggunaan saklar sangat mudah karena cukup menekan tombol alat listrik ini searah permukaan untuk menyambung dan memutus daya listrik.

4. Fitting Lampu

ditverzinjenietn.nl

Fitting lampu juga menjadi salah satu alat listrik yang wajib terdapat di setiap rumah. alat listrik yang satu ini digunakan sebagai tempat untuk menaruh bohlam lampu pada bagian tengahnya. Di pasaran, alat listrik ini tersedia dalam dua varian model, yakni model berulir dan model sumpit yang dipasangkan dengan cara menusuk ujung lampu ke tempatnya.

5. Meteran Listrik

constructionreviewonline.com

Setiap rumah yang terhubung dengan jaringan listrik pastinya dilengkapi dengan sebuah meteran yang dipasang pada dinding rumah. Lewat alat listrik ini, besaran daya yang digunakan konsumen akan terlihat dalam satuan hitungan kWh (kilowatt hour) dan dicatat oleh petugas PLN untuk pembayaran.

6. Pengaman Listrik

poweredperfect.com

Setiap rumah juga wajib menggunakan pengaman listrik supaya meminimalisir potensi kebakaran yang diakibatkan oleh hubungan arus pendek. Sebagai peralatan listrik untuk menghindari kelebihan arus, kamu bisa memilih alat listrik berupa pengaman listrik seperti patron lebur atau sekering, MCB atau Miniature Circuit Breaker, grounding yang bekerja dengan cara menyalurkan kebocoran arus listrik ke dalam tanah, serta ELCB atau Earth Leakage Circuit Breaker.

7. Ballast Lampu

wikipedia.org

Alat listrik berupa ballast lampu memiliki tugas untuk menyeimbangkan dan mengatur arus listrik yang masuk ke dalam lampu sehingga kinerjanya lebih stabil dan lampu terhindar dari kerusakan karena menggunakan karakteristik daya yang sesuai. Untuk pemasangannya, alat listrik ini bisa kamu tempelkan pada kap lampu atau dipasang secara tersendiri menggunakan dudukan yang lokasinya berdekatan dengan lampu.

8. Kabel Listrik

taisin.com.sg

Alat listrik yang tentunya wajib terdapat di rumah adalah kabel yang bertugas menghantarkan arus listrik. Di pasaran, terdapat tiga varian utama kabel listrik yang bisa kamu pakai, seperti jenis kabel listrik NYA dengan beragam warna, NYM yang berwarna putih, dan NYY yang berwarna hitam.

Kabel NYA merupakan kabel berisolasi dengan inti kawat tunggal sehingga perlu dimasukkan ke dalam pipa PVC agar terhindar dari pengelupasan. Kabel NYM dilindungi oleh selubung karet sehingga relatif lebih kuat dibandingkan kabel NYA dan cocok ditanam dalam tembok saat instalasi.

Sementara itu, kabel NYY mempunyai isolasi ganda sehingga memiliki durabilitas yang lebih baik. Alat listrik kabel jenis NYY ini tentu tahan terhadap air dan tekanan sehingga cocok untuk ditanam atau digunakan di bagian outdoor hunian.

9. Soket Listrik

pinterest.com

Alat listrik satu ini tidak boleh terlewatkan dari daftar alat listrik yang harus kamu miliki di rumah. Pada umumnya, alat listrik soket listrik atau electric socket ini memiliki fungsi yang sama dengan stop kontak, hanya saja penggunaannya lebih spesifik. Alat listrik ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik ke beberapa jenis perangkat rumah, seperti televisi atau telepon dengan bagian lubang yang dibuat khusus.

10. Extension Stop Kontak

uticon.net

Stop kontak di rumahmu terbatas? Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan alat listrik satu ini. Extension stop kontak merupakan sambungan kabel yang dapat memperbanyak colokan atau stop kontak. Selain menambahkan, alat listrik extension stop kontak juga merupakan perpanjangan stop kontak. Jadi, jika kamu sedang menggunakan perangkat elektronik dengan posisi yang terbatas untuk menjangkau stop kontak, kamu bisa menggunakan alat listrik extension stop kontak ini agar lebih leluasa.

Kesepuluh alat listrik di atas wajib tersedia di rumah agar instalasi listrik dapat terjaga dan berfungsi dengan baik. Nah, untuk kamu yang sedang melakukan pembangunan atau renovasi rumah, jangan lupa siapkan alat listrik di atas, ya!

Kesulitan mencari furnitur berkualitas yang tepat untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja tv, rak display, kursi, dan lemari pakaian. Kalau di rumahmu ada perpustakaan mini, Dekoruma juga jual rak buku. Pilihan model dan ukurannya pun sangat bervariasi.

Bagi kamu yang sedang mencari perlengkapan kamar tidur, Dekoruma juga jual kasur, sprei, tempat tidur, dan lampu tidur. Lengkap banget, ‘kan?

Eits.. tak hanya sampai di situ saja, melalui Dekoruma Properti, kamu juga bisa menemukan hunian baru di dalam perumahan yang nyaman dari berbagai lokasi, lho! Misalnya saja perumahan baru di Tangerang, Jakarta Barat, Bekasi, dan daerah lainnya yang sedang berkembang. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!