Selain mempengaruhi estetika, penggunaan lampu pada hunian juga dapat menunjang kenyamanan penghuni rumah. Namun, masih banyak yang asal memilih bohlam sehingga penerangan dalam rumah kurang maksimal, tidak tahan lama, bahkan berpotensi mengganggu kesehatan mata.

Berkat perkembangan teknologi, kini ada banyak varian lampu yang menggunakan teknologi LED (Light-emitting Diode) yang menawarkan sederet keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lampu lainnya. Lantas, apa saja kelebihan bohlam LED yang akan kamu rasakan saat menggunakannya? 

Lebih Hemat Daya

ecsservicensw.com

Dibandingkan dengan lampu lainnya, bohlam LED menggunakan daya listrik yang jauh lebih sedikit. Menurut berbagai studi, bohlam LED bisa meningkatkan efisiensi energi hingga 70 persen sehingga tentu akan menghemat biaya listrik karena berkurangnya penggunaan listrik rumah tangga.

Berkat konsumsi bohlam LED yang berdaya rendah, kini sejumlah vendor kendaraan pun ramai memasang LED sebagai alternatif untuk bohlam lampu lainnya karena secara efektif dapat menghemat listrik yang dikonsumsi.

Awet dan Tahan Lama

technavio.com

Fakta lain terkait bohlam LED adalah durabilitasnya yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis lampu lainnya. Dengan rata-rata pemakaian mencapai 50.000-100.000 jam, bohlam ini pun menjadi 30 kali lebih awet daripada lampu pijar atau 10 kali lebih awet dibandingkan lampu hemat energi atau CFL (Compact Fluorescent Lamp).

Lebih Ramah Lingkungan

shutterstock.com

Selain awet dan hemat daya, bohlam LED juga ramah lingkungan berkat penggunaan energi yang sangat rendah. Tentu kebutuhan daya dari pembangkit tenaga listrik berkurang, sehingga emisi gas rumah kaca yang bertanggung jawab atas pemanasan global pun berkurang. Bahkan, bohlam LED juga tidak memiliki kandungan merkuri, di mana kandungan beracun kimia tersebut dapat mengontaminasi lingkungan saat dibuang sembarangan.

Lampu dengan bohlam LED mempunyai kualitas pencahayaan lebih baik sehingga mampu menerangi ruangan dengan lebih menyeluruh. Penggunaan bohlam yang lebih sedikit dan jarang tentu akan mengurangi kebutuhan pabrik untuk produksi bohlam yang banyak, sehingga mengurangi emisi gas rumah kaca.

Ramah Terhadap Mata dan Kulit

shutterstock.com

Selain tidak memiliki kandungan merkuri, bohlam LED juga tidak menghasilkan radiasi infrared dan UV (ultraviolet). Lampu dengan bohlam LED juga tidak menyilaukan karena ia memiliki karakter cahaya alami dan jernih dengan Colour Rendering Index (CRI) yang tinggi menyerupai cahaya natural. Maka demikian, bohlam LED tidak berbahaya bagi kulit dan mata.

Menunjang Penampilan Hunian

girlliftgear.club

Selain fungsional, bohlam LED juga sangat inovatif untuk menciptakan kesan tertentu di hunian. Berkat karakter cahaya dari bohlam LED yang sangat fokus, maka kamu bisa menggunakannya sebagai dekorasi di hunian. Selain itu, penggunaan lampu LED juga membuat desain hunianmu terlihat lebih dinamis karena sanggup menciptakan kesan tertentu melalui tipe pencahayaan yang sangat variatif.

Terintegrasi dengan Teknologi Pintar

conservergy.com

Pada zaman perkembangan teknologi ini, rumah pintar tentu menjadi impian bagi beberapa individu yang menginginkan kemudahan dalam hidup. Selain dapat diaplikasikan pada rumah pintar, bohlam LED juga dapat menjadi interaktif seperti inspirasi bohlam di atas yang mampu berubah warna melalui pengaturan secara remote menggunakan smartphone. Kompatibel dengan teknologi dimming, kamu juga dapat mengatur pencahayaan dari bohlam LED sedemikian rupa sesuai dengan keinginan. 

Lebih Aman dan Tidak Berbahaya

additutemag.com

Bohlam lampu pada umumnya akan mengeluarkan panas, misalkan bohlam fluorescent. Saat 90 persen dari daya bohlam fluorescent diubah menjadi panas, bohlam LED akan mengubah 90 persen dari dayanya menjadi cahaya lampu. Tentu kamu dapat membayangkan betapa panasnya bohlam lampu jika tidak beralih ke LED.

Dengan mayoritas daya bohlam dialihkan menjadi cahaya, tentu bohlam LED menjadi jauh lebih aman jika tersentuh. Tak hanya itu, bohlam LED juga memiliki voltase yang sangat kecil sehingga mengurangi resiko berbahaya terkait sistem kelistrikan dalam hunian.

ehowcdn.com

Saat kamu mempertimbangkan semua kelebihan yang ditawarkan oleh bohlam LED, perhatikan pencahayaan yang diperlukan dalam hunian agar kamu dapat memilih lampu yang sesuai. Segera beralih ke bohlam LED agar kamu mulai dapat menikmati segala kelebihan yang Kania jabarkan di atas!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual rak TV, meja makan, sofa, dan lemari pakaian dengan model serta ukuran yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Selain furnitur, Dekoruma juga jual bed cover, lampu tidur, sprei, kasur, dan aneka perlengkapan tidur lainnya. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua keperluan rumahmu!