Kasur adalah salah satu furnitur dalam hunian yang paling sering digunakan oleh pemiliknya. Mulai dari tidur, bersantai, membaca buku, belajar, bermain game, berbincang, dan sebagainya, setiap hari pasti berakhir dengan beristirahat di atas kasur. Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kebersihan kasur, meskipun kasur tersebut termasuk kasur yang terkenal seperti spring bed Alga. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan matras protector.

pinterest.com

Matras protector atau matras topper merupakan sebuah lembaran khusus yang digunakan untuk melindungi permukaan kasur dari segala macam kotoran. Matras protector ini diletakkan di atas kasur sebelum dilapisi lagi dengan sprei.

Isi matras protector ada bermacam-macam mulai dari microgel, nanogel hingga dakron. Kasur pun terasa makin empuk dan lembut saat ditiduri. Pelindung kasur ini dilengkapi dengan karet pada keempat sudutnya sehingga tidak mudah bergeser selama kasur digunakan.

Menjaga Kebersihan Kasur

hargano.com

Saat tidur atau bersantai di atas kasur baik spring bed atau kasur latex, tubuh kita akan mentransfer berbagai kotoran seperti keringat dan debu ke atas kasur. Matras protector akan membantu menjaga agar kotoran tersebut tidak menempel pada kasur, melainkan pada matras protector.

Jika si kecil masih suka mengompol, pilihlah matras protector dari bahan yang waterproof agar lebih mudah membersihkannya dan kasur tidak menyerap bau pesing. Daripada susah payah mencuci dan membersihkan kasur, tentu lebih mudah mencuci matras protector.

Memperpanjang Umur Kasur

saatvamattress.com

Kotoran dan kondisi udara di dalam kamar bisa memperpendek usia kasur. Hal ini akan memaksamu mengganti kasur baru sebelum waktunya. Untungnya, matras protector bisa memperpanjang umur kasur karena mampu mencegah kotoran dan udara lembab berpusat di kasur. Harganya jelas lebih terjangkau dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama dibandingkan harus membeli kasur baru dalam waktu dekat.

Kasur akan Terasa Lebih Nyaman

mattressclarity.com

Kasur yang sudah berahun-tahun digunakan akan terasa kempes atau keras di beberapa bagian. Kamu bisa membuatnya terasa empuk dan nyaman kembali dengan menggunakan matras protector. Matras protector sendiri memiliki ketebalan sekitar 1 hingga 5 cm tergantung isi dan bahan lapisannya.

Jika kasurmu terlalu empuk, pilihlah matras protector yang cenderung lebih keras. Untuk kamu yang tinggal di kawasan tropis, coba gunakan matras protector dari bahan yang adem agar kasur tidak terasa panas saat ditiduri.

Sprei Terlihat Lebih Rapi

thegoodsheet.com.au

Saat masuk ke kamar tidur, tentu sangat menyenangkan bila menemukan kasur dengan sprei tertata rapi layaknya di hotel. Namun pada umumnya, sprei seringkali berkerut atau kusut karena dipasangkan langsung pada kasur tanpa matras protector.

Matras protector umumnya terbuat dari bahan katun atau kain polyester yang halus. Memasang matras protector pada kasur tentu akan membantu menjaga sprei tertata rapi meski digunakan untuk tidur seharian.

Menghindari Alergi bagi Penggunanya

google.com

Kasur dapat menjadi tempat bersarangnya tungau, sejenis kutu sangat kecil yang muncul dari serpihan sel kulit mati manusia. Tungau ini tidak terlalu berbahaya bagi kesehatan pengguna kasur tersebut, tapi bisa menimbulkan alergi seperti gatal-gatal, batuk, dan asma. Hal ini tentu membuatmu tidak bisa tidur dengan nyaman. Gunakan matras protector supaya sel kulit mati tidak bersarang di kasur dan menjadi sarang tungau.

Itulah alasan-alasan mengapa kamu perlu menggunakan matras protector. Tentu tidak ada waktu untuk menunda pembelian benda penyelamat yang satu ini kan? Kalau sudah membeli dan menggunakan matras protector, jangan lupa untuk mencuci atau menjemurnya setiap seminggu sekali supaya tetap bersih dan bebas dari tungau, ya!

Temukan juga kasur berkualitas dari berbagai merek di Dekoruma, seperti dari kasur Serta, spring bed Alga, The Luxe, dan sebagainya! Selain kasur, Dekoruma juga jual lemari pakaian, sofa, meja makan, nakas, dan aneka furnitur fungsional lainnya.

Tak ketinggalan juga, nih dari dunia properti. Melalui Dekoruma Properti, kamu bisa menemukan aneka properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Depok, rumah baru di Tangerang, hingga apartemen dijual di Jakarta Barat. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma karena rumah adalah tempat di mana kehidupan indah berawal!