Ada banyak alasan mengapa sebuah rumah kosong ditinggalkan oleh penghuninya. Salah satunya adalah karena rumah tersebut berhantu alias angker. Percaya atau tidak, ada banyak sekali cerita horor mengenai rumah kosong dari berbagai penjuru dunia. Alasan dibalik mengapa rumah kosong tersebut menjadi angker dan berhantu pun sangat beragam, bahkan beberapa di antaranya diangkat menjadi film layar lebar.

Penasaran seperti apa rumah kosong berhantu yang terkenal di seluruh penjuru dunia dan bagaimana cerita horor di baliknya? Intip ulasan Kania di bawah ini!

1. The Sultan’s Palace

pinterest.com

Rumah kosong berhantu pertama beralamat di Dauphine Street, Amerika Serikat. Dibangun sejak abad ke-18, rumah bergaya Perancis Klasik ini terkenal akan kisah horor sosok Sultan yang kaya raya serta memiliki banyak istri.

Sultan yang dahulu menghuni rumah kosong ini memiliki kebiasaan berfoya-foya. Suatu hari, ia ditemukan meninggal terkubur hidup-hidup di halaman rumah mewah ini. Semua penghuni rumah lainnya juga dibunuh oleh pembunuh yang sampai saat ini masih menjadi misteri.

Arwah sang Sultan yang penuh amarah dan dendam dipercaya masih menghantui rumah kosong ini. Hal ini dibuktikan dengan suara-suara pesta yang masih kerap terdengar hingga aroma parfum sang Sultan yang sesekali bisa tercium.

2. Villisca Axe Murder House

vice.com

Masih di Amerika Serikat, rumah kosong nan angker selanjutnya ini merupakan lokasi pembunuhan satu keluarga yang dahulu menghuni rumah ini. Sama seperti cerita sebelumnya, identitas pembunuh dalam kasus ini masih menjadi misteri.

Korban pembunuhan enam anggota keluarga Moore dan dua tamu. Pembunuhan tersebut tergolong brutal dengan metode pembunuhan menggunakan kapak pada malam hari saat semua korban sudah tidur.

Sejak peristiwa itu, berbagai penampakan menghantui rumah kosong ini hingga tak lagi ditinggali. Namun, berbagai tur wisata angker masih tersedia untuk menjelajahi setiap sudut rumah kosong berhantu ini yang telah dijadikan objek wisata angker.

3. Lizzie Borden House, Fall River, Massachusetts

housebeautiful.com

Pada 1892, Lizzie Borden menjadi tersangka atas pembunuhan brutal ayah dan ibu tirinya dengan menggunakan kapak. Semenjak saat itu, setiap tamu yang berkunjung ke rumah ini masih bisa mendengar suara sayup-sayup teriakan minta tolong dari pelayan. Penampakan orang tua Borden yang tengah berjalan mengitari rumah pun seringkali menghantui penghuni rumah sehingga akhirnya menjadi rumah kosong seperti ini.

Kini rumah kosong berhantu ini berubah menjadi museum dimana kamu bisa mencoba pengalaman mistis bahkan menginap di rumah kosong ini untuk merasakan langsung suasana horornya.

4. Qiu Mansion, Shanghai

flickr.com

Singkat cerita, rumah kosong angker yang berada di Shanghai ini merupakan rumah dari dua saudara kakak beradik bermarga Qiu.

Kehidupan mereka yang berubah menjadi miliyuner dalam satu malam tentu mengundang kecemburuan masyarakat luas. Rumah mereka juga dihuni oleh binatang-binatang eksotis seperti harimau, merak, dan buaya yang hidup harmonis bersama kedua kakak beradik ini.

Suatu hari, kakak-beradik Qiu menghilang tanpa jejak. Masyarakat miskin yang tengah kelaparan pun menjarah rumah kosong tersebut dan bahkan, membunuh binatang-binatang eksotis tersebut untuk dimakan.

Sejak peristiwa tersebut, berbagai penampakan mistis banyak dijumpai di rumah kosong ini, mulai dari suara sayup-sayup hewan reptil hingga penampakan naga.

5. Chaonei No. 81, Beijing, China

beijingcream.com

Rumah kosong berhantu selanjutnya juga berada di China, tepatnya Beijing. Alkisah, rumah kosong ini dihuni petugas pemerintah bersama selingkuhannya. Namun, karena jatuhnya pemerintahan pada tahun 1949, wanita ini dilantarkan di rumah ini dan memutuskan untuk gantung diri.

Sejak saat itu, rumah kosong ini dipercaya telah dihantui oleh sosok roh wanita tersebut. Adapun cerita horor bagaimana sekelompok pekerja bangunan memasuki rumah kosong ini dan tak pernah terlihat kembali.

6. Rumah Pondok Indah

coconuts.co

Rumah kosong bernuansa horor selanjutnya berada di Indonesia, yaitu Rumah Pondok Indah. Saking populernya, kisah angker rumah ini diangkat menjadi film. Alkisah pada 1983, para penghuni rumah menjadi korban pembantaian sadis oleh sekelompok perampok yang kasusnya tak pernah terungkap hingga saat ini.

Sejak saat itu kisah hantu melekat dengan rumah kosong di daerah Pondok Indah ini, mulai dari pesanan makanan yang kerap datang dari rumah ini hingga menghilangnya tukang nasi goreng keliling yang kerap melewati rumah kosong ini.

Itulah berbagai kisah horor dari berbagai rumah kosong yang terkenal dari berbagai penjuru dunia. Berani coba mengunjungi salah satunya?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma jual furnitur dengan model dan ukuran yang beragam, lho! Mulai dari sofa, lemari pakaian, meja makan, dan lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!