Ketika mendengar kata saung, apa yang ada dalam benakmu? Sebuah rumah adat atau pondok kecil yang nyaman dan berada di tengah-tengah alam? Saung sendiri merupakan serapan dari bahasa Sunda yang bisa diartikan sebagai rumah atau gubug kecil. Biasanya, letaknya terpisah dari bangunan utama dan digunakan untuk beristirahat dan berteduh.

Pada hunian modern, saung juga kerap menjadi pilihan untuk melengkapi hunian. Dengan desain yang lebih modern namun tetap alami, kehadiran saung di pekarangan bisa memberikan ruang untuk kamu menikmati suasana alami di rumah yang kamu miliki.

Tertarik hadirkan saung pada rumahmu? Intip berbagai inspirasi desain saung yang bisa kamu contek berikut.

Model Terapung yang Teduh

homestratosphere.com

Kehadiran elemen air pada rumah bisa menambah kesan sejuk dan menyegarkan pada tempat tinggal. Jika kamu memiliki kolam yang cukup luas, posisi saung yang seakan-akan mengapung di atas kolam bisa jadi referensi desain menarik untuk ruangan terbuka yang lebih teduh dan nyaman.

Namun, untuk kamu yang mempunyai pekarangan dengan ruang terbatas, coba tempatkan saung di dekat air terjun atau kolam ikan mini di taman. Dengan demikian, elemen air yang menenangkan tetap hadir saat kamu bersantai.

Konsep Lesehan yang Nyaman

ministryofvillas.com

Saung bisa menjadi tempat bersantai dan beristirahat yang nyaman. Menerapkan konsep lesehan, tambahan matras, kursi lesehan, dan bantal serta tirai bambu membuat tempat ini sangat nyaman untuk digunakan beristirahat dan bersantai sepanjang hari tanpa perlu khawatir akan terpaan sinar matahari.

Saung berbentuk Panggung dengan Unsur Etnik

blogspot.com

Kamu punya rumah bergaya tradisional seperti rumah adat? Saung berkonsep panggung dengan unsur etnik dan alami ini bisa jadi pilihan yang tepat. Pada umumnya, desain seperti ini seringkali ditemukan pada rumah makan Sunda namun bukan berarti tidak cocok untuk digunakan di rumah, ya. Desain tradisional dengan penggunaan material kayu yang alami malah akan membuat nuansa etnik makin terasa di rumahmu.

Tetap Natural namun Modern dengan Desain Minimalis

deavita.com

Lalu, bagaimana jika rumahmu memiliki gaya desain yang sangat modern? Tak perlu khawatir karena desain saung yang alami juga bisa diwujudkan dengan konsep yang lebih modern dan minimalis. Terapkan konsep ruang terbuka yang terlindung oleh kerangka kayu seperti inspirasi di atas. Jangan berpegang teguh pada desain klasik, tapi pastikan desain yang modern tetap memadai untuk menyempurnakan hunian.

Kerangka Bambu untuk Nuansa Lebih Alami

vengazebo.com

Berbicara mengenai desain saung dengan konsep alami dan natural, salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menggunakan olahan material bambu. Desain yang menggunakan material bambu tak hanya membawa kesan lebih hidup pada pekarangan, namun juga bisa untuk memberikan nuansa lebih tradisional.

Desain Modern dengan Struktur Pergola Lengkung

pinterest.com

Alternatif desain saung modern lainnya adalah dengan memanfaatkan atap pergola yang dibuat dari struktur rangka besi yang kemudian disusun dengan kisi-kisi kayu untuk memberikan kesan lebih alami. Karena penggunaan rangka besi, kamu juga bisa mengeksplorasi bentuk-bentuk yang lebih modern dan menarik seperti melengkung ataupun bentuk-bentuk asimetrik. Desain seperti ini ada baiknya memanfaatkan naungan pohon sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan.

Variasi Bentuk Saung

recettemoussechocolat.com

Pilihan lain untuk ciptakan desain saung yang unik untuk rumahmu adalah dengan mengubah kerangka menjadi lingkaran seperti inspirasi di atas. Variasi bentuk ini membuat ruangan dalam saung menjadi lebih tertutup dan privat. Atap ijuk dari daun rumbia memberikan kesan lebih alami dan teduh.

Ada banyak sekali cara menghadirkan suasana yang lebih teduh dan nyaman di pekarangan rumah dengan saung. Dengan kreativitas, berbagai model saung juga bisa disesuaikan dengan gaya desain rumah impianmu. Bagaimana? Sudah temukan gaya desain yang paling pas untuk hunianmu?

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual credenza, kabinet dapur, tempat tidur, sofa, meja rias, hingga meja & kursi kerja dengan aneka model dan harga yang terjangkau.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur Florence, kasur King Koil, kasur Lady Americana, kasur Dunlopillo, dan ksaur The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!