Apakah kamu bosan dengan taman depan maupun belakang rumah yang hanya berisi ragam tanaman hias saja? Yuk, coba atur ulang sehingga menjadi taman hias bertema! Dari sekian banyak tema, taman hias bertema fairy tale paling mudah diaplikasikan tanpa merenovasi total tamanmu, lho.

Menggunakan tema fairy tale akan membuat taman hias lebih hidup daripada sebelumnya. Siapa pun yang mampir ke taman rumahmu dijamin betah dan bisa jadi tempat foto yang instagrammable juga! Nah, bagaimana cara menghadirkan nuansa fairy tale ini di taman hias?

Buat jalan setapak dari batu alam atau kayu

shutterstock.com

Agar kamu bisa bermain di taman hias dan berandai-andai sedang bermain bersama peri-peri seperti di film Peter Pan, taman hias juga perlu jalan setapak. Menambahkan tempat berjalan pada taman akan menghindarkan tanaman-tanaman di taman terinjak-injak. Atur jalannya sesuai dengan keinginan kamu.

shutterstock.com

Ada dua elemen alami yang identik dengan taman hias bertema fairy tale, yaitu batu alam dan kayu. Tak harus dari satu elemen saja, kamu bisa mengombinasikan keduanya, lho! Beberapa balok kayu dipasang mengikuti arah jalan setapak. Setelah itu, letakkan batu-batu alam di sekitar balok kayu tersebut.

Terarium atau vas bunga transparan sebagai tempat lampu

etsy.com

Usai jalan setapak selesai dibuat, kamu perlu membuat jalan setapak pada taman hias lebih hidup terutama saat malam hari. Letakkan terarium atau vas bunga transparan yang berisi lampu Tumblr, seakan-akan taman hias penuh dengan kunang-kunang yang berada dalam terarium.

Posisikan terarium dan vas bunga ini di tepi jalan setapak. Lebih apiknya lagi, wadah-wadah ini bisa diletakkan di antara tanaman hias yang letaknya dekat dengan jalan setapak.

Hiasi ranting pohon dengan lampu Tumblr

google.com

Jika terarium berisi lampu Tumblr kurang mampu memberikan penerangan di taman hias depan atau belakang rumahmu, kamu bisa menggantungkan lampu Tumblr di ranting-ranting pohon. Teknik ini akan membuat seolah-olah pohon tersebut merupakan pusat dari taman. Jangan lupa untuk menggunakan pijar lampu yang tidak terlalu terang supaya ketenangan taman hias tetap terjaga, ya!

Hadirkan patung peri dan patung gnome

lovethegarden.com

Taman hias bertema fairy tale tak akan lengkap tanpa kehadiran patung peri. Letakkan beberapa patung peri berukuran sedang di sekitar taman hias. Jika kamu memilih patung peri ukuran besar, nuansa fairy tale tidak akan terasa karena seakan-akan taman hias tersebut hanya ditinggali oleh satu peri.

lovethegarden.com

Untuk menemani si peri, letakkan juga patung gnome di area taman hias yang masih kosong. Gnome dipercaya bisa memberikan keberuntungan. Benda ini juga dikenal sebagai pelindung mineral dan beberapa harta dalam tanah, sehingga sejak dahulu kala, patung gnome selalu diletakkan di taman hias berbagai rumah.

Ayunan kayu untuk tempat me time

pojocraft.com

Terkadang menghabiskan waktu me time sambil membaca buku atau melakukan perawatan wajah dalam rumah agak membosankan. Inilah saatnya kamu menghabiskan waktu me time di taman hias. Hadirkan ayunan kayu yang memiliki meja kecil di kiri dan kanannya. Meja ini akan berguna untuk meletakkan makanan kecil, minuman, buku, atau benda lainnya.

Supaya tidak sepi, gantungkan tanaman hias gantung berukuran kecil hingga sedang di atas ayunan. Bunga-bunga ini akan membuat ayunan lebih menyatu dengan taman hias. Dengan begitu, kamu bisa menikmati angin sepoi malam hari di taman hias sambil membaca buku kesayangan atau sekedar melamun sambil mendengar lagu-lagu dari playlist buatanmu.

Gunakan benda lain sebagai pengganti pot bunga

lovethegarden.com

Taman hias yang cantik tak melulu menggunakan pot bunga dengan ukuran yang standar. Untuk menghadirkan taman hias bernuansa fairy tale, pot bunga bisa digantikan fungsinya oleh benda lain yang memadai seperti sepatu bekas. Penggunaan sepatu bekas ini akan membuat sepatu tetap memiliki nilai guna meskipun sudah tidak bisa digunakan lagi.

Gantungkan sepatu-sepatu yang berisi aneka bunga di pagar atau dinding taman hias. Usahakan sepatu bekas yang digunakan ini memiliki warna senada seperti hitam dan coklat tua. Pemilihan warna bunga pun harus senada. Tentukan satu hingga dua warna dan jenis bunga, dan letakkan dengan teratur pada pagar atau dinding taman hias.

blogspot.com

Tak hanya sepatu, penyiram tanaman yang sudah tak terpakai pun juga bisa jadi pot bunga. Penyiram tanaman ini bisa kamu letakkan di dekat jalan setapak atau di rak kayu tanaman. Penggunaan barang-barang bekas ini akan membuat taman hias lebih bernuansa fairy tale karena kesannya yang natural.

Suara air terjun kecil menambah ketenangan

shutterstock.com

Sentuhan terakhir untuk taman hias bertema fairy tale ini adalah air terjun kecil. Suara air terjun yang mengalir dipercaya memberikan ketenangan. Dirikan air terjun kecil di sudut taman supaya lebih menghemat area. Jangan lupa juga untuk rajin menguras kolam air terjun pada taman hias supaya terus bersih dan jentik nyamuk tidak bersarang di sana, ya!

Dari ketujuh cara untuk membuat taman hias bertema fairy tale, memang ada beberapa cara yang harus menggunakan tenaga besar seperti menghadirkan air terjun. Namun apabila menurutmu cara tersebut sulit, kamu bisa melewatinya dan menggunakan cara lain. Yang terpenting, taman hias milikmu bisa berganti nuansa menjadi seperti di dunia peri. Selamat mencoba!

Temukan ragam dekorasi dan furnitur rumah dengan harga bersahabat hanya di Dekoruma! Dekoruma jual kursi makan, sofa ruang tamu, kursi bar, lemari, hingga tempat tidur.

Tak hanya itu saja, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual King Koil, Lady Americana, Comforta, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!