Motif ragam hias adalah aplikasi ornamen dalam berbagai pola yang bertujuan memperindah suatu wadah. Dalam dunia interior, motif ragam hias bisa dihadirkan dalam berbagai wujud aplikasi, baik pada permukaan seperti lantai dan dinding, dan dalam berbagai rupa pula, baik motif alam, geometris, oriental dan masih banyak lagi.

Untuk inspirasi interior cantik, intip dulu 6 cara aplikasi motif ragam hias pada hunian modern ini, yuk!

Frame Cantik Motif Ragam Hias

aspiringwalls.co.nz

Aplikasi motif ragam hias yang paling mudah dan inspiratif adalah dengan membingkai pola yang kalian sukai, dan gantung pada ruangan rumah. Ini bisa menjadi cara menampilkan motif ragam hias yang kreatif dan pola tersebut juga bisa diganti sesuai dengan tren motif yang sedang kekinian. Banyak ruangan rumah yang bisa menggunakan teknik aplikasi ini, mulai dari ruang keluarga, kamar tidur hingga kamar mandi.

Langit-Langit Modern Pola Geometris

baomoi.com

Aplikasi motif ragam hias pada permukaan dinding sih sudah biasa, tetapi apa jadinya kalau diaplikasikan pada langit-langit rumah? Tentu rumah akan terasa lebih artistik, unik dan punya karakter tersendiri.

Motif ragam hias yang dipilih tidak perlu terlalu mendominasi, yang penting cukup menarik perhatian dengan pola yang sesuai dengan tema keseluruhan ruangan. Seperti inspirasi di atas, motif pada langit-langit rumah dipadukan dengan lampu gantung emas unik untuk suasana ruang kerja simpel dengan dekorasi dipusatkan pada bagian atas ruangan.

Aksen Dekoratif Backsplash Dapur

designferia.com

Motif ragam hias hadir dengan gaya mix and match yang serba menarik pada backsplash dapur. Melapisi dinding dapur dengan bahan keramik yang mudah dibersihkan dan antiminyak bisa jadi salah satu cara aplikasi motif ragam hias yang paling mudah dan efektif.

Ruangan dapur tampil lebih keren dengan beragam motif yang memperkuat kesan dapur yang jauh dari kata membosankan. Selain backsplash, motif bisa divariasikan pada kabinet di bawah permukaan kerja dapur atau kitchen island dan diaplikasikan pada keramik lantai dapur.

Headboard Cantik Pengantar Tidur

pinterest.com

Bosan dengan headboard standar yang itu-itu saja? Coba ganti dengan gaya etnik seperti inspirasi di atas. Variasi desain headboard yang memanfaatkan motif ragam hias lebih baik dipadukan dengan bedding yang bergaya minimalis dan berwarna netral. Motif ragam hias bisa tampil kian kontras di dalam kamar tidur modern yang serba bikin nyaman. Dijamin tidur juga lebih puas deh!

Kabinet Makin Gaya & Personal

pinterest.es

Satu lagi aplikasi motif ragam hias yang serba gampang dengan teknik DIY yang boleh kalian coba adalah sebagai background kabinet rumah yang adem. Dengan melapisi permukaan dalam kabinet dengan motif ragam hias misalnya dengan kertas dekoratif atau wallpaper, hunian modern akan punya sentuhan tersendiri yang beda dan unik. Aplikasi motif ragam hias ini tergolong ringan, namun efektif memberikan kesan yang tiada duanya.

Dinding Ukir Motif Tradisional

arsitag.com

Untuk kalian yang mencintai motif ragam hias ala kesenian tradisional nusantara, menghadirkannya melalui kombinasi beragam ukiran pada dinding seperti salah satu vila di Bali ini bisa jadi tambahan dekorasi yang tak ternilai harganya. Tidak perlu mengambil ruang dinding yang besar, cukup sepetak saja yang diaplikasikan dengan motif ragam hias sudah cukup untuk memberikan nuansa tradisional yang kental dalam hunian modern.

Banyak sekali motif ragam hias yang ada di pasaran saat ini, mulai dari oriental, tribal, modern hingga tradisional. Semoga inspirasi-inspirasi di atas dapat membantumu menemukan cara aplikasi yang sesuai untuk hunian modern impianmu, ya!

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual sofa minimalis, meja makan, meja tv, kursi bar, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu justru sedang mencari kasur untuk kamar tidur, tersedia juga beragam jenis kasur dari merek-merek ternama. Dekoruma jual The Luxe, King Koil, Guhdo, dan kasur Comforta. Tunggu apa lagi? Buruan kunjungi laman Dekoruma dan temukan semua kebutuhan rumahmu!