Menjaga keamanan rumah adalah hal yang sangat penting. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan keamanan rumah, mulai dari menggunakan sistem alarm, memasang kamera pengintai pada sudut-sudut rumah, hingga menambah kunci gembok untuk pengamanan ekstra.

Dari berbagai upaya meningkatkan keamanan rumah tersebut, menambah kunci gembok ekstra adalah hal paling praktis, umum, dan mudah dilakukan. Ada berbagai jenis gembok yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan keamanan rumahmu.

Sebelum memilih perangkat keamanan tambahan untuk rumah antimaling, apa yang pas untuk kebutuhanmu? Simak berbagai tipe gembok rumah berikut.

1. Model konvensional dengan pengunci melengkung

thinkcomputers.org

Model gembok melengkung seperti ini merupakan salah satu model yang paling konvensional digunakan di Indonesia. Jenis pengamanan ekstra satu ini juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan karena tersedia dalam berbagai ukuran. Biasanya, jenis gembok ini memiliki dua tipe, yaitu leher panjang dan leher pendek yang dibedakan dari panjang lengkungan yang berfungsi untuk mengunci dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Walaupun murah dan mudah didapat, model gembok satu ini dapat dirusak dengan menggunakan gergaji besi, sehingga rumah lebih baik diamankan lagi dengan perangkat keamanan lain. Tapi, sudah tersedia model dengan leher lebih tertutup di pasaran sehingga lebih sulit untuk dipotong dengan gergaji, membuatnya lebih aman dari model lainnya.

2, Model pengunci lurus

thompsonsltd.co.uk

Alternatif bentuk lainnya adalah gembok dengan model pengunci lurus. Mempunyai cara kerja yang mirip dengan model sebelumnya, model pengunci tidak melengkung seperti model konvensional sehingga lebih ringkas.

Model gembok satu ini pada umumnya digunakan untuk mengunci pintu-pintu besi, peti-peti kemas dan juga brankas besi. Model penguncinya yang lebih kecil membuatnya lebih aman dari risiko dirusak dan dibobol.

3. Kombinasi kode sandi sebagai kunci

bmstores.co.uk

Dari segi bentuk, model gembok satu ini terlihat mirip dengan berbagai model perangkat keamanan konvensional lainnya. Daripada anak kunci, model ini menggunakan sistem kunci yang perlu diputar untuk membentuk kode keamanan agar pengunci terbuka.

Selain lebih praktis, tidak sembarang orang bisa membuka gembok ini karena mereka perlu mengetahui kode sandi keamanannya. Jangan pilih kode sandi yang mudah ditebak orang seperti tanggal ulang tahunmu, ya!

4. Pengamanan ganda dengan kode sandi dan kunci

locksmithledger.com

Model gembok ini memanfaatkan keamanan ganda dari kombinasi kode sandi dan kunci. Jika kamu lupa dengan kode angka, kamu tetap bisa membukanya dengan kunci. Keamanan rumahmu tentu akan terjaga dengan baik, asalkan kamu menyimpan kunci utama dengan baik dan tidak memberitahu orang lain tentang lokasi penyimpanannya.

5. Model rantai

statebicycle.com

Terkadang, gembok digunakan untuk mengamankan rantai. Mulai dari gerbang, pintu garasi, atau gudang, pada umumnya pengaman dengan rantai digunakan saat pengunci pada model konvensional tidak memadai. Kini, kamu tak perlu lagi memiliki gembok terpisah dari rantai karena telah ada gembok model rantai yang dilengkapi dengan sistem pengunci tersendiri sehingga lebih praktis dan aman.

Gembok model rantai pun dapat digunakan untuk mengamankan sepeda motor ataupun sepeda saat sedang parkir di luar rumah agar tidak dicuri oleh maling yang berkeliaran.

abus.com

Dengan berbagai desain dan model sistem pengunci, setiap gembok mampu meningkatkan keamanan rumah, tapi perlu disesuaikan dengan lokasi peletakannya. Walaupun menggunakan gembok merupakan langkah praktis untuk tingkatkan keamanan rumah, pastikan untuk tetap menggunakan berbagai perangkat keamanan lainnya di setiap sudut rumah, ya!

Jangan lupa lengkapi juga rumahmu dengan aneka furnitur berkualitas dari Dekoruma! Dekoruma jual meja tv, kursi ruang tamu, meja komputer, dan ragam furnitur lainnya.

Tak hanya furnitur saja, bagi kamu yang hobi masak, Dekoruma juga jual peralatan memasak dan perlengkapan makan, lho! Bahkan, tersedia pula jasa pembuatan kitchen set untuk di berbagai daerah, seperti kitchen set Bekasi, Jakarta, Tangerang, dan Bandung. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja penuhi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!