Keramik mozaik adalah jenis keramik yang dibuat dari gabungan potongan-potongan kaca atau keramik kecil sisa berukuran kecil dan bisa juga berbeda ukuran. Ada yang motifnya dibuat secara acak, ada juga yang dibuat membentuk sebuah pola seperti binatang dan sebagainya.

Keramik mozaik biasanya digunakan sebagai area backsplash atau meja di dapur karena tampilannya yang cantik serta mampu menciptakan karakter tersendiri melalui kombinasi warna dan pola yang dibentuk. Tertarik untuk menggunakan keramik mozaik di dapur? Simak inspirasinya berikut ini!

1. Keramik mozaik motif bunga

hgtv.com

Inspirasi keramik mozaik yang pertama memiliki motif bunga dan digunakan untuk menghias area backsplash. Motif bunga ini bisa membuat dapurmu memiliki kesan yang akrab dan berseni tinggi. Untuk mendapatkan keramik mozaik motif ini, kamu tidak perlu bersusah payah menyusun potongan-potongan keramiknya sendiri. Kamu bisa berkonsultasi dengan pengrajin untuk membentuk pola bunga sesuai dengan keinginanmu.

2. Keramik mozaik dari potongan keramik yang panjang

learningspaceasia.com

Bagi kamu yang ingin kesan sederhana di dalam dapur, cobalah menggunakan keramik mozaik yang terdiri dari kumpulan potongan keramik berukuran panjang. Perpaduan warna hitam, putih, dan biru akan membuat dapur terlihat lebih fresh dan terang. Agar tidak monoton, gunakan keramik beraneka ukuran, ya.

3. Keramik mozaik bentuk segi enam

shutterstock.com

Ingin menampilkan karakter dapur yang modern dan minimalis? Coba gunakan keramik mozaik bentuk segi enam seperti ini pada area backsplash dapur milikmu. Warna putih akan menguatkan karakter minimalis dan tampak harmonis dengan furnitur dapur.

Tidak melulu kamu harus menggunakan beraneka warna untuk membentuk mozaik. Warna kontras seperti hitam dan putih cukup untuk membentuk keramik mozaik, asalkan dipasang mengikuti pola yang kamu inginkan.

4. Keramik mozaik beraneka motif

pinterest.com

Keramik mozaik yang satu ini terdiri atas beragam motif simetris. Motif dan warna putih cokelat keramik mozaik ini cocok untuk dapur bergaya tradisional dan juga vintage. Sesuaikan warna furnitur atau peralatan makan dengan warna cokelat keramik supaya tampilannya semakin memukau dan serasi.

Inspirasi dapur dengan keramik mozaik simpel ini membawa tema netral yang terkesan soft, cocok untuk kamu yang menginginkan dapur sederhana yang tidak berwarna-warni.

5. Keramik mozaik sebagai permukaan meja

overstock.com

Keramik mozaik tidak melulu untuk menghias area backsplash, lho. Kamu bisa menggunakannya pada permukaan meja dapur ataupun meja makan. Tidak perlu membuat motif yang rumit, cukup tempelkan potongan kecil keramik aneka warna seperti ini. Lengkapi dengan nat berwarna putih untuk nuansa yang lebih ceria.

Penataan keramik ini bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus mencari keramik jadi dari produsen. Gunakan pecahan dari keramik-keramik sisa pribadi yang warna-warni.

6. Keramik mozaik bentuk segitiga bulat

ebay.com

Bosan dengan keramik mozaik yang bentuknya kotak dan persegi panjang? Bagaimana kalau kamu mencoba keramik dapur dengan bentuk menyerupai segitiga dengan ujung membulat seperti ini? Warnanya sangat cantik karena menggunakan perpaduan biru tua, biru muda, dan putih. Ukurannya pun beragam sehingga tampilannya menjadi lebih menggemaskan dan tidak monoton.

Untuk pemasangan di areal dapur, pastikan nat keramik memenuhi sisa-sisa ruang antar keramik agar lebih mudah untuk dibersihkan seusai memasak.

7. Fokus pada warna

packersedge.com

Jika pada poin sebelumnya, keramik mozaik disusun secara acak sebagai permukaan meja yang berwarna-warni. Kali ini, cobalah fokus pada permainan pola warna. Dengan bentuk dan ukuran keramik yang sama, buatlah pola dengan memanfaatkan gradasi warna seperti pada inspirasi di atas. Keramik biru muda, biru tua, dan abu-abu memberikan kontras gradasi yang menawan bagi dapur yang mewah.

Setelah mengamati setiap inspirasi di atas, bagaimana pendapatmu mengenai keramik mozaik sebagai elemen desain penting pada dapur? Jika kamu mencari backsplash atau permukaan meja dengan kesan artistik dan berkarakter, cobalah menggunakan keramik mozaik dan cari pola yang sesuai dengan keinginanmu.

Butuh lebih banyak inspirasi desain untuk dapurmu? Baca juga artikel lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa menemukan aneka peralatan memasak, lho! Dekoruma jual panci, wajan, spatula, dan cetakan kue.

Tak hanya itu saja, kalau kamu ingin mengubah desain interior hunian, Dekoruma juga menyediakan jasa desain rumah. Dijamin desainnya menarik, efisien, dan fungsional. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!