Sekilas mengintip ke dalam kamar mandi sudah cukup untuk mengetahui betapa banyaknya barang yang disimpan di dalam kamar mandi. Mulai dari handuk, keranjang baju, sampo, sabun, conditioner, sikat, hairdryer, dan sebagainya, ternyata banyak juga barang yang pada umumnya ditemukan di kamar mandi. Supaya kamar mandi tetap rapi, kamu memerlukan rak kamar mandi.

Rak kamar mandi ini tersedia dalam berbagai tipe yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya interior kamar mandi. Kira-kira tipe rak kamar mandi apa yang cocok untuk menjaga kerapian kamar mandi? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Rak kamar mandi dari kaca

banggood.com

Kamar mandi adalah area yang basah dan memiliki udara lembab. Salah satu material terbaik adalah kaca karena tahan air dan mudah dibersihkan. Rak kamar mandi dari kaca ini cocok untuk kamar mandi bergaya modern dan minimalis.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan rak kamar mandi kaca adalah rutin membersihkan dan menyeka dengan kain supaya tidak muncul jamur pada permukaannya. Pilih juga kaca yang tebal dan pasang yang kuat pada dinding supaya tidak mudah pecah.

2. Rak khusus untuk sudut ruangan

dhgate.com

Pada kamar mandi berukuran kecil, kamu harus pintar memilih bentuk rak kamar mandi supaya ruangan tetap terasa lega. Salah satu tipe rak kamar mandi yang tepat adalah rak dengan sudut 90 derajat seperti ini.

Rak kamar mandi termasuk jenis rak dinding karena dipasang pada dinding sudut ruangan agar tidak ada ruang yang terbuang sia-sia. Ukurannya tidak perlu besar, yang penting cukup untuk meletakkan sampo dan sabun. Tambahkan gantungan pada beberapa sisinya untuk meletakkan shower puff dan sikat.

3. Manfaatkan kotak sebagai rak

timeincuk.net

Untuk kamu yang ingin kamar mandinya terlihat unik, silahkan coba gunakan peti kayu sebagai rak kamar mandi. Rak kamar mandi yang satu ini cocok untuk menyimpan peralatan mandi kering seperti persediaan handuk dan tisu. Tambahkan hiasan kecil untuk mempermanis tampilannya. Cocok banget nih untuk kamar mandi bergaya vintage.

4. Rak model gantung

etsy.com

Selanjutnya, ada rak kamar mandi tipe gantung yang konsepnya terbuka. Rak kamar mandi seperti ini cocok ditempatkan pada kamar mandi berukuran kecil karena tampilannya lebih lega. Karena tipe rak kamar mandi ini digantung, pastikan kaitannya menempel kuat ke dinding. Untuk talinya, akan lebih baik jika menggunakan kawat tebal.

5. Konsep terbuka

signaturehardware.com

Tipe rak kamar mandi berikutnya adalah rak terbuka dengan susunan ke atas yang bisa membantumu menghemat ruang. Rak kamar mandi ini bergaya minimalis. Ukurannya yang kecil juga membuatnya cocok diletakkan di dekat wastafel untuk menaruh handuk, sabun, dan pengharum ruangan dengan aroma sesuai selera, misalnya lavender atau akar wangi.

6. Alih fungsi niche

timeincuk.net

Selanjutnya ada rak kamar mandi ala niche yang merupakan cekungan yang ada pada dinding. Pada jaman dulu, niche digunakan untuk memajang patung dan aneka benda kesenian. Saat ini, niche lebih sering dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan.

Untuk membuat rak kamar mandi yang satu ini, kamu perlu merencanakannya pada saat pembangunan rumah. Agar rak kamar mandi ini awet, lapisi permukaannya dengan keramik atau cat waterproof.

7. Built-in

homestoriesatoz.com

Terakhir, ada tipe rak kamar mandi built-in alias permanen. Rak tipe ini dibuat setinggi ruangan dan ukurannya cukup besar. Pertimbangkan rak ini dengan saksama karena akan sulit mengubahnya di kemudian hari. Agar rak ini terlihat lebih rapi, gunakan kotak khusus untuk menyimpan segala peralatan mandi dan kebutuhan lainnya.

Walaupun ada berbagai macam tipe, usahakan untuk memilih rak kamar mandi yang dapat menyimpan semua perlengkapan yang kamu butuhkan sehari-harinya di kamar mandi. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu repot mencari yang kamu perlukan setiap harinya.

Di Dekoruma, kamu bisa menemukan rak kamar mandi seperti inspirasi di atas. Selain rak kamar mandi, Dekoruma juga jual closet duduk, bathtub, wastafel, dan perlengkapan kamar mandi lainnya.

Ada juga aneka jenis kasur dengan berbagai ukuran yang dapat kamu sesuaikan dengan kamar tidurmu. Beberapa di antaranya adalah spring bed The Luxe, King Koil, Guhdo, dan Lady Americana. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!