Baju bekas orang lain bisa saja jadi baju kesayangan baru bagi orang lain. Oleh karena itu, jangan remehkan tren baju bekas yang bisa jadi solusi bersahabat di kantong, sekaligus lebih ramah lingkungan dan cara berbelanja yang lebih smart.

Berburu baju bekas bisa kalian lakukan secara online ataupun offline, tapi prinsipnya, harus tahu dulu tips pilih baju bekas yang berkualitas supaya barang yang diborong punya daya pakai yang lebih lama. Yuk, langsung deh simak 5 tips pilih baju bekas yang tetap berkualitas .

Beli yang perlu, bukan nafsu sesaat

remake.world

Belanja secara berlebihan sudah menjadi hal yang biasa saat berburu baju bekas. Beberapa faktor seperti harga yang lebih murah atau efek psikologis yang mendorong euforia belanja, bisa membuat kalian membeli sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Jangan sampai tergoda dengan harga miring saat berbelanja baju bekas, karena bisa-bisa kalian berbelanja melewati bujet yang ditentukan. Ingat saja kalau 28 persen dari barang-barang di dalam lemari seseorang rata-rata tidak pernah dikenakan sekalipun dalam setahun!

timeout.com

Jika berbelanja baju bekas sesuai kebutuhan, maka kalian bisa fokus pada kualitas dan detail-detail yang memang kalian perlukan. Otomatis, baju yang berhasil dibeli nanti akan sesuai dengan keperluan kalian.

Waspada brand desainer palsu

qnet-india.in

Suka berbelanja barang branded termasuk baju bekas dengan label desainer? Hati- hati saat memilih baju dengan brand tertentu dan jangan langsung termakan dengan brand. Sangat mudah bagi seseorang untuk mengambil baju bekas, lalu mengganti label dengan yang dari desainer ternama hanya untuk mengambil keuntungan yang lebih besar.

Tips untuk menghindari kasus baju bekas palsu adalah hanya dengan berbelanja dari penjual yang kalian percayai. Jika berbelanja online, cek dulu histori atau testimoni dari pelanggan sebelumnya. Atau jika memungkinkan, pegang dulu barang yang diinginkan untuk mendapatkan rasa lebih aman saat berbelanja.

Produk klasik dengan desain minimalis

theminimalistwardrobe.com

Baju bekas tidak harus terasa kuno atau sudah tidak up-to-date, caranya adalah dengan berburu baju yang memiliki cutting klasik. Semakin minimalis sebuah baju bekas, biasanya akan semakin gaya juga dari waktu ke waktu. Ada kesan modern dari sebuah desain minimalis yang tidak mudah lekang oleh waktu, jadi tidak salah lagi kalau kalian memprioritaskan mencari baju yang mudah dikombinasi dengan gaya pakaian apapun.

Pilih yang berkualitas prima

abc.net.au

Hanya karena baju bekas, bukan berarti kalian harus rela menerima baju dalam kondisi lusuh. Justru karena kalian ingin baju bekas yang punya daya pakai lama, jangan pilih yang sudah bernoda atau sobek di bagian tertentu. Banyak yang rela menjual baju bekas dengan harga lebih miring asalkan diterima dalam kondisi yang sudah cacat. Saran Kania, tetap jeli dan hanya beli baju yang kondisinya minimal 90 persen.

Modifikasi ulang supaya makin bagus

expertreviews.co.uk

Jangan ragu untuk memodifikasi ulang baju bekas yang kamu beli supaya semakin pas saat dikenakan. Tentunya ini berbeda dengan menjahit ulang bagian yang rusak, lho! Yang dimaksud dengan modifikasi ulang misalnya basic tailoring, seperti mengoreksi panjang sebuah pakaian atau bawahan, termasuk bagian lengan, pinggang dan sebagainya. Biaya untuk modifikasi ulang baju bekas ini seharusnya tidak akan sangat mahal.

Minta juga penjahit untuk servis ulang jika baju yang kalian beli terdapat kerusakan pada bagian kantong, ritsleting, kancing-kancing dan sebagainya, misalnya pada jaket atau baju tebal bekas yang biasanya bisa tahan lama.

money.com

Selain lebih murah, membeli baju bekas dapat menjadi cara untuk ramah lingkungan dan melawan budaya fast fashion yang mempunyai andil besar dalam menumpuknya sampah di bumi ini. Jika kamu tetap bisa mempunyai baju berkualitas, yakin tidak ingin mencoba membeli baju bekas saja?

Ketika kamu sudah memiliki banyak pakaian, jangan lupa simpan dengan rapi di lemari pakaian, ya. Nggak usah pergi jauh-jauh, kamu bisa beli lemari pakaian kekinian di Dekoruma.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Dekoruma jual Dunlopillo, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!