Ada bahaya yang mengintai kita tanpa memandang tempat, termasuk di dalam rumah. Salah satu bahaya tersebut adalah kebakaran yang bisa menyebabkan kerugian secara materiil, trauma bagi korban, hingga kehilangan nyawa. Rumah yang sudah dibangun dengan susah payah pun ludes begitu saja dimakan kobaran api.

Oleh karena itu, kita harus melakukan tindak pencegahan supaya kebakaran bisa dhindari dan seluruh penghuni rumah terlindungi. Simak tipsnya berikut ini!

Jauhkan alat pemantik api dan barang mudah terbakar dari jangkauan anak

google.com

Anak-anak terkenal memiliki rasa ingin tahu yang besar dan mereka belum mengerti barang mana yang berbahaya atau tidak. Sebagai orangtua, kamu juga tidak bisa menghabiskan 24 jam tiap harinya untuk mengawasi gerak-gerik mereka yang belum mengerti bahaya dari kebakaran.

Jadi, cara terbaik untuk mencegah kebakaran adalah menjauhkan pemantik dan barang yang mudah terbakar dari jangkauan mereka. Beberapa barang tersebut di antaranya kompor, selang gas, alat elektronik, kabel, lilin, rokok, dan sebagainya.

Simpan barang yang mudah terbakar jauh dari sumber api

philadelinquency.com

Penyebab utama kebakaran adalah sumber api seperti kompor dan lilin. Perhatikan tata letak sumber api di dalam rumahmu. Jauhkan barang yang mudah terbakar seperti tirai, koran, dan dus dari area sekitar sumber api.

Untuk mencegah kebakaran, selalu pastikan bahwa kamu mengawasi setiap kali sumber api sedang menyala. Misalkan ketika memasak menggunakan kompor. Tapi, jika terpaksa meninggalkannya, pasanglah timer supaya tidak lupa mematikan sumber api dan mencegah terjadinya kebakaran yang seharusnya bisa dihindari.

Menggunakan perangkat elektronik sesuai prosedur

scienceabc.com

Selain api, kebakaran juga bisa timbul karena hubungan arus pendek atau korsleting. Baca petunjuk pemakaian setiap perangkat elektronik dengan saksama. Hentikan penggunaan elektronik ketika sudah mulai terasa panas. Putuskan steker dari stopkontak apabila kamu hendak meninggalkan rumah dalam waktu yang lama tanpa penghuni.

Sediakan peralatan sebagai antisipasi ketika kebakaran

sffecoglobal.com

Sudah berusaha waspada saat menggunakan api dan menyingkirkan barang mudah terbakar bukan berarti kamu selalu aman. Bisa saja kebakaran terjadi dari rumah tetangga dan sebagainya. Oleh karena itu, kamu perlu memiliki peralatan yang bisa digunakan saat terjadi kebakaran.

Jangan lupa untuk meletakkan alat pemadam api portable pada beberapa sudut rumah seperti dapur, taman, dan kamar tidur supaya mudah diambil. Pelajari juga cara menggunakannya supaya kamu tidak perlu panik lagi saat hendak mematikan api di kala kebakaran.

Pasang perangkat keamanan untuk deteksi kebakaran

health.sunnybrook.ca

Pasanglah alat pendeteksi asap yang mengeluarkan bunyi keras supaya kamu bisa menyelamatkan diri sebelum kebakaran membesar. Alat pendeteksi asap ini akan sangat terasa manfaatnya jika kebakaran terjadi saat seluruh penghuni rumah tertidur pulas.

Apabila memungkinkan, ada baiknya memasang sistem pemercik air atau fire sprinkler system untuk rumah yang kian aman. Saat asap terdeteksi ketika kebakaran, sistem pemercik air akan aktif untuk mematikan api yang berada di ruangan.

Manfaatkan brankas antiapi untuk barang berharga

birtansogutma.com

Dokumen-dokumen penting biasanya terbuat dari kertas dan mudah terbakar. Untuk melindunginya dari kebakaran, gunakan brankas antiapi. Simpanlah semua barang berharga dan dokumen penting di sana. Brankas ini juga bisa dijadikan tempat penyimpanan antimaling sehari-hari. Pilihlah brankas berkualitas tinggi agar tetap utuh walaupun terbakar.

Apabila kamu tidak mampu memadamkan api karena sudah terlalu besar dan menyebar, segera selamatkan diri dan seluruh penghuni rumah. Keluarlah ke area terbuka. Jangan pernah berlindung di dalam kamar mandi karena kamu akan terkepung asap. Hafalkan nomor petugas pemadam kebakaran supaya kamu bisa menghubunginya segera. Semoga kamu sekeluarga selalu terlindungi dari bahaya kebakaran, ya!

Temukan artikel dengan informasi bermanfaat lainnya hanya di Dekoruma! Kalau kamu sedang mencari furnitur dengan material berkualitas, kamu juga bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja TV, meja makan, hingga kursi malas.

Nah, khusus untuk kamar tidurmu, Dekoruma jual tempat tidur, meja rias, nakas, lemari pakaian, hingga beragam dekorasi kamar kekinian. Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!