“Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar.” Kalimat tersebut memang benar. Kapan lagi kamu bisa bersenang-senang tanpa membayar, malahan dibayar. Jika ditekuni dengan serius, maka hobi tersebut bisa berubah menjadi sumber penghasilan tetap untuk menopang biaya hidup bahkan sebelum kamu lulus dari lembaga pendidikan.

Terdengar menarik, kan? Yuk, cek 6 hobi pembawa untung berikut ini, siapa tahu ada hobimu juga!

Menjahit

simplemost.com

Tidak semua orang pandai menjahit menggunakan tangan ataupun mesin. Jika kamu memiliki keahlian tersebut dan hobi membuat aneka karya seperti baju atau tas, jangan ragu untuk menjual hasil tanganmu itu. Kamu bisa melakukannya dari rumah kok. Untuk penjualannya, silahkan manfaatkan media sosial, marketplace, serta koneksi teman dan tetangga.

Memasak

joyturner.net

Kalau kamu punya hobi memasak, bersyukurlah karena semua orang di dunia ini membutuhkan makanan dan beberapa di antaranya malas memasak. Banyak yang bilang kalau usaha makanan adalah yang paling menguntungkan dan cepat balik modal. Supaya hobi memasakmu ini bisa menghasilkan uang, kamu hanya butuh dapur beserta isinya dan pemasaran yang tepat. Lihat saja di media sosial, sudah ada banyak katering online. Oh ya, kemasan yang menarik akan menambah nilai jual hasil hobi memasakmu.

Makan

ellynsatterinstitute.org

“Kamu tuh hobi makan, ya.” Kalau ada orang yang mengatakan itu padamu, jangan buru-buru tersinggung. Pasalnya, hobi makan pun bisa menjadi peluang usaha yang sangat menguntungkan. Salah satunya adalah menjadi food blogger.

Food blogger ini tugasnya cukup menyenangkan terutama karena memanfaatkan hobi makanmu. Kamu hanya perlu icip-icip makanan dan menuliskan ulasan dari hidangan tersebut. Setelah namamu terkenal di kalangan pebisnis makanan, bersiaplah untuk diundang mencicipi menu baru dari sejumlah restoran dan mendapatkan bayaran. Sudah kenyang, jadi orang yang pertama mencicipi menu baru, dibayar pula!

Fotografi

google.com

Selanjutnya, ada hobi fotografi yang bisa dibilang menghasilkan banyak uang dalam satu proyek. Berawal dari jepret-jepret momen menggunakan kamera HP, kamu bisa coba mengikuti aneka lomba berhadiah di sejumlah akun media sosial atau mengirimkan foto ke website penjual stok foto.

Jika hobi fotografimu sudah tergolong profesional dan memiliki kamera DSLR, mantapkan dirimu untuk membuka jasa foto. Jika terlalu repot untuk membuka studio foto, jadilah fotografer lepas dan jadikan lahan bebas sebagai studio fotomu. Untuk menambah motivasimu, saat ini tugas fotografer tidak melulu untuk memotret model, produk, dan dokumentasi acara penting. Tapi, kamu juga bisa memotret kegiatan seseorang selama liburan. Seru nih, menjalani hobi foto ke sana-sini sambil ikut liburan.

Menggambar atau Mendesain Grafis

saultonline.com

Sadarkah kamu kalau hobi menggambar yang kamu miliki sangat dibutuhkan orang untuk kebutuhan marketing? Pilihannya adalah bekerja di kantor media atau menjadi freelance designer dari rumah. Mencari klien pun menjadi lebih mudah berkat kemajuan teknologi dan kehadiran website jual beli jasa menggambar yang berkelas internasional.

Bercocok tanam

barneyfrank.net

Hobi bercocok tanam bukannya identik dengan orang tua ya? Tidak juga kok. Hobi yang satu ini tidak mengenal umur pelakunya. Kesabaran dalam merawat tanaman bisa menghasilkan keuntungan yang menjanjikan. Misalnya saja menjadi supplier untuk florist, membuka kebun buah atau sayur, bahkan menjual kembali koleksi tanaman berbentuk unik seperti pohon bonsai dengan harga yang fantastis. Salah satu bonsai yang digemari kolektor adalah bonsai beringin.

Itulah 6 hobi pembawa untung yang bisa menopang biaya hidupmu dengan kegemaran pribadi. Kalau kamu berencana mengembangkan hobi menjadi bisnis, rajinlah mengikuti workshop untuk menambah ilmu, ya.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada berbagai jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari dapur, tempat tidur, sofa, meja makan, hingga rak sepatu.

Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual spring bed Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!