Contoh Warna Pastel dan Arti Psikologisnya Untuk Hunian

Sejak tren warna warna pastel melanda kembali beberapa tahun yang lalu, obsesi akan warna warna pastel sepertinya akan terus berlangsung lama. Tak mengherankan, warna warna pastel punya ciri khas tersendiri yang bikin nyaman dan adem.

Warna warna pastel yang lembut dan polos seakan mengingatkan tentang dunia yang serba cantik, dan juga mudah diaplikasikan ke ruangan apapun di rumah. Mulai dari ruang tengah, kamar tidur utama atau anak, hingga dapur, warna warna pastel siap memberikan efek psikologis berbeda yang wajib kamu ketahui.

Biru Muda, Menenangkan & Serba Cantik

thechromologist.com

Buat yang masih ragu menggunakan warna warna pastel, coba dulu di ruangan dengan privasi seperti kamar tidur. Biru pastel sendiri juga punya efek menenangkan yang positif, sehingga cocok diaplikasikan di kamar bayi ataupun anak-anak.

Selain membuat nyaman dan adem, warna biru pastel juga enak dipandang. Supaya ruangan tidur punya dimensi yang semakin mantap, boleh juga dikombinasikan dengan warna biru tua yang agak kelam dan menambahkan tanaman hias indoor supaya suasana tidur semakin nyaman.

Santai & Relaks dengan Ungu Pastel

coastalliving.com

Warna warna pastel yang cerah seperti warna ungu muda bisa menciptakan suasana interior design yang santai dan penuh relaksasi. Berbeda dengan warna ungu sejati yang berarti kekuasaan serta dunia yang luks dan energik, pastel ungu membawa nuansa yang cerah tetapi tidak terlalu menggebu- gebu.

Dikombinasikan dengan dekorasi berwarna cerah lain seperti kuning, coba aplikasikan warna warna pastel ungu dengan beragam shade di ruang keluarga atau ruang tamu sebagai wujud karakter kalian yang tenang.

Makin Keren dengan Abu-Abu Pastel

freshome.com

Abu-abu bikin bosan? Pilih aksen abu-abu lembut dari dunia pastel yang mempunyai campuran putih susu dan sedikit keperak-perakan. Pilihan warna abu-abu pastel ini cocok sebagai alternatif yang lebih menarik daripada warna dasar lain seperti krem, putih atau abu polos.

Efek psikologis dari warna warna pastel seperti abu-abu ini dijamin membawa kestabilan pada ruangan. Selain itu, abu-abu yang lembut tentu akan memberikan ketenangan bagi semua orang yang berada di dalam ruangan.

Hijau Pastel, Si Adem dari Alam

realestate.com.au

Warna warna pastel juga bisa mengingatkan kamu tentang kedekatan alam, contohnya pastel hijau. Dengan warna ini, ruangan akan terasa lebih natural dan nyaman namun tidak terasa terlalu monoton. Warna hijau sering diasosiasikan dengan kesehatan dan keberuntungan, juga sebagai simbol kesuburan.

Dengan warna warna pastel seperti pastel hijau, ada juga efek yang menyehatkan yaitu baik untuk kesehatan mata. Jadi, coba aplikasikan warna pastel hijau di ruang baca, ruang kantor atau ruang belajar.

Pink Pastel, Si Feminin yang Romantis

decoist.com

Salah satu dari warna warna pastel paling favorit, pastel merah muda identik dengan masa muda, sisi feminin wanita dan hal-hal yang manis. Tak lupa, warna ini juga melambangkan cinta atau asmara dan persahabatan, lho! Tak jarang kamu bisa menemukan warna warna pastel ini di kamar anak remaja atau perempuan, dan juga kamar tidur utama.

Lebih Hangat dengan Warna Cokelat Pastel

dekoruma.com

Untuk kamu yang suka dengan suasana natural, kamu bisa mengaplikasikan warna cokelat pastel di rumah kamu. Cokelat pastel terkenal dengan efek hangat dan menenangkan. Kombinasikan dengan warna putih sebagai penyeimbang. Hadirkan juga furnitur dan dekorasi pendukung dengan palet warna serupa.

Kombinasi Warna Warna Pastel

architectureartdesigns.com

Karena warna warna pastel sering memiliki gradasi yang ringan, tidak ada salahnya juga menggunakan beberapa warna warna pastel sekaligus di dalam ruangan. Disarankan agar menggunakan hingga 2-3 warna pastel yang berdekatan untuk menciptakan dimensi yang unik dan tetap cantik, misalnya kombinasi warna warna pastel abu, biru dan merah.

Warna warna pastel ini tidak memandang perbedaan antara pria atau wanita, sehingga mudah dihadirkan ke dalam rumah. Aplikasi warna-warna ini cocok digunakan pada ruangan berbagai ukuran, baik yang besar maupun kecil. Warna warna pastel dinilai efektif untuk menghidupkan ruangan yang besar, dan juga membuat ruangan yang kecil tampak semakin besar.

Walaupun warna warna pastel mungkin terkesan feminin karena lembut dan polos, desain ruangan dengan memanfaatkan warna warna pastel tentu akan membawa suasana yang baru pada ruangan berdasarkan efek psikologis dari warna tersebut. Selain ruangan menjadi makin artistik, kombinasi aplikasi warna warna pastel memberikan efek psikologis yang berdampak positif pada penghuni rumah dan bisa disesuaikan untuk setiap ruangan di hunian.

Sedang mencari furnitur berkualitas untuk ruangan warna pastelmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual tempat tidur bayi, kursi malas, lemari, rak dinding, dan aneka jenis furnitur lainnya seperti rak display.

Tak hanya itu saja, bagi kamu yang suka memasak, Dekoruma juga jual panci, wajan, cetakan kue, dan aneka peralatan masak lainnya, lho! Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek semuanya di Dekoruma!