Dalam membangun rumah impian, ada banyak sekali tahapan pekerjaan yang akan kamu lalui mulai dari tahapan merancang desain bangunan, mengatur budget, pekerjaan pondasi dan struktur lainnya, pemasangan saluran air, hingga instalasi listrik dan juga interior bangunan. Setiap pekerjaan ini sangatlah penting tanpa terkecuali sehingga kamu perlu memberikan perhatian ekstra untuk memastikan semuanya dilakukan dengan baik dan benar.

Salah satu pekerjaan yang kerap terlepas dari perhatian adalah instalasi listrik. Padahal, pemasangan instalasi listrik rumah yang salah atau kurang tepat akan membawa masalah bahkan risiko bahaya pada rumahmu di kemudian hari, lho!

Lalu, mengapa instalasi listrik menjadi sangat penting bagi hunian? Simak ulasan singkat berbagai alasan mengapa penting untukmu memastikan instalasi listrik di rumah telah dirancang dan juga terpasang dengan baik dan benar!

1. Mampu meningkatkan faktor keamanan rumah

nearsay.com

Instalasi listrik yang salah dan tidak baik memiliki banyak sekali resiko yang mampu membahayakan rumah dan juga penghuninya. Mulai dari kemungkinan terjadinya kecelakaan penghuni yang tak sengaja tersetrum hingga terjadinya korslet pada instalasi listrik bisa berujung pada kebakaran rumah, lho!

Tak hanya merancang dan memasang instalasi dengan baik dan benar, untuk menghindari hal tersebut, kamu juga harus menggunakan berbagai komponen listrik yang berkualitas mulai dari kabel, sambungan kabel, saklar, dan lainnya.

2. Mempermudah perawatan hingga renovasi rumah di kemudian hari

kelectrical.com.au

Rumah secara rutin memerlukan perawatan rutin, begitu pula instalasi listrik. Pemasangan instalasi listrik yang dirancang dengan baik akan mempermudahmu dalam melakukan perawatan dan juga pengecekan.

Selain perawatan, rancangan instalasi, khususnya jalur listrik yang baik, juga akan sangat membantumu dalam proses renovasi di kemudian hari sehingga kamu tak perlu melakukan terlalu banyak pembongkaran dan pengaturan ulang instalasi listrik.

3. Efisiensi penggunaan listrik rumah

electronichouse.com

Menghemat energi dan listrik di rumah dimulai dari pemasangan instalasi listrik yang baik dan benar agar dapat mengatur efisiensi penyaluran daya sehingga tak ada daya listrik yang terbuang percuma. Selain itu, penghitungan daya yang baik saat merancang instalasi listrik bisa membantu menciptakan penggunaan energi listrik yang lebih hemat.

4. Penataan desain interior yang lebih maksimal

econhomes.com

Pekerjaan instalasi listrik akan sangat erat kaitannya dengan penataan desain interior saat bangunan rumah telah jadi. Tentunya kamu tak ingin kelak titik saklar berada di belakang lemari atau titik lampu berada terlalu dekat dengan lemari sehingga pencahayaan ruangan tak maksimal.

Maka dari itu, saat merancang instalasi listrik yang baik, perlu sinkronisasi dengan bagaimana desain interior ruangan kelak.

5. Membuat rumah jadi lebih nyaman

rrbookdepot.com

Manfaat memiliki instalasi listrik yang baik dan benar untuk hunian adalah rumah yang lebih nyaman. Tentu kamu tak ingin jika ada kabel yang bisa membuatmu tersandung berada di tengah koridor atau saklar lampu yang berada terlalu jauh dari jangkauan. Jadi, aturlah rancangan instalasi listrik yang baik agar kenyamanan di hunian makin maksimal.

Pemasangan instalasi listrik yang tak baik bisa berdampak pada hal-hal kecil hingga mempunyai risiko berbahaya seperti kecelakaan hingga kebakaran. Tak heran jika pekerjaan instalasi listrik pada sebuah hunian kerap menjadi salah satu yang paling sulit dan memerlukan ketelitian ekstra. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan jasa profesional dalam merancang dan mengerjakan instalasi listrik di rumah agar kamu bisa terhindar dari berbagai dampak dan resiko tersebut.

Sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Kamu bisa cari di toko furniture online Indonesia, apa lagi kalau bukan Dekoruma! Dekoruma jual kursi, sofa, lemari pakaian, dan aneka dekorasi dengan ragam bentuk dan ukuran.

Ada juga rak serbaguna dari merek Ninebox yang praktis dan efisien untuk menyimpan aneka barang di rumah. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!