Telinga kita pasti sudah tidak asing lagi dengan konsep desain minimalis. Sebagai salah satu istilah yang paling mencuat di dunia arsitektur dan interior rumah, desain minimalis menjadi populer dengan slogan “less is more” sejak tahun 1960-1970’an.

Walaupun terkesan simpel, desain minimalis sesungguhnya melibatkan prinsip-prinsip yang cukup kompleks dalam pencapaiannya. Apa saja yang wajib menjadi perhatian kalian dalam konsep desain minimalis? Yuk, simak dulu penjelasannya berikut

Prinsip Desain Minimalis

heartland-realty.com

Dalam desain minimalis pada arsitektur dan interior rumah, ruang, objek dan pencahayaan memegang peranan penting. Bukan berarti semuanya bersifat sederhana, simpel atau minimal, konsep desain ini sesungguhnya punya ciri khas yang kuat dan sangat berkesan.

Inspirasi desain minimalis bukan datang dari unsur yang kaku, membosankan atau terkesan kosong. Konsep interior desain ini juga bukan berarti ‘murah,’ sebaliknya wujud konsep desain yang sukses punya gaya luks, mewah, indah dan elegan. Dalam bentuknya yang simpel dan fungsional namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

Karakter Umum Desain Minimalis

architecturaldigest.com

Desain minimalis wajib mengusung poin yang sederhana, efisien dan tidak berbelit-belit. Volume ruang menitikberatkan pada kejelasan dan simplisitas antara desain dengan fungsionalitas yang jelas.

Karakter wajib desain minimalis meliputi bentuk dan garis yang simpel, dinding interior yang minimal, lantai yang terbuka, sederhana, ruang penyimpanan yang memadai dan punya akses pencahayaan yang sesuai dan mencukupi.

Monokrom pada Desain Minimalis

Kalian akan jarang menemukan warna-warni yang ekstra atau berlebihan pada desain minimalis. Minimalisme memang menghindari warna yang terang dan terlalu berani. Sebaliknya, konsep desain ini akan mengusung palet warna netral seperti putih, beige, atau abu-abu dan sejenisnya. Skema warna monokrom mengurangi esensi tak perlu dari sebuah desain sehingga sesuai dengan prinsip konsep desain ini.

Pada umumnya, skema warna monokrom akan disandingkan dengan sejumlah warna lembut seperti variasi warna pastel jika konsep desain minimalis ingin dimodifikasi sesuai kepribadian pemilik hunian.

Pentingnya Pencahayaan

Arsitektur dan interior rumah desain minimalis selalu ditandai dengan ruang yang bersih, terbuka dan disinari cahaya. Pencahayaan fundamental akan juga dibarengi dengan warna netral baik untuk dinding maupun lantai, serta detail modern pada aksesoris lampu yang menenangkan, atraktif dan punya ciri khas estetika tersendiri.

Perpaduan antara pencahayaan dan aksesoris minimal menjadikan sebuah ruangan desain minimalis terasa lenggang, nyaman, dan dialiri udara bebas. Suasana hangat dan tenang akan tercipta dan bukan terasa dingin atau steril kaku.

Mengutamakan Esensi Fungsi 

architecturaldigest.com

Eliminasi pemborosan merupakan salah satu definisi desain minimalis yang penting. Konsep desain ini tidak akan mengadakan objek yang nihil fungsi. Oleh karena itu, jika kalian berminat memilih konsep desain ini, pastikan dulu apa saja benda yang berguna dan enyahkan yang tidak punya fungsi jelas.

Ini bukan berarti konsep desain minimalis terlalu kaku, hanya saja punya keunikan yang mengutamakan fungsionalitas sebuah benda. Ornamen dan aksesoris rumah juga hanya terbatas pada kuantitas tertentu dan tidak berlebihan.

Interaksi Visual antara Tekstur & Karakter

Desain minimalis pada sebuah rumah bisa juga dicapai dengan strategi ini. Ciptakan interaksi antara material, fungsi dan detail benda-benda yang ada. Tidak perlu membersihkan rumah secara agresif untuk membuang semua harta benda kepunyaan kalian. Tetapi pilihlah sesuai urutan, fungsi dan kejelasannya. Permainan antara tekstur, warna dan bentuk antara benda dan ruang bisa menciptakan keindahan tersendiri pada konsep desain ini juga.

Selalu Pilih Kualitas

freshome.com

Terakhir, supaya desain arsitektur dan interior sebuah rumah dapat berjalan, maka utamakanlah kualitas secara maksimal. Sekali lagi, desain minimalis tidak mengutamakan kuantitas melainkan estetika yang jelas. Pilihlah bahan, aksesoris, detail dan semua unsur desain yang terbaik dan berkualitas tinggi.

Setelah menyimak uraian Kania di atas, apakah kamu tertarik mengaplikasikan desain minimalis pada hunian? Memang konsep desain minimalis telah menjadi standar interior dan arsitektur saat ini. Jika kamu masih bingung mengenai cara membuat tampilan unik pada hunian yang mengusung konsep minimalis, ada baiknya kamu berkonsultasi langsung dengan jasa interior terpercaya agar dapat membantu kamu mewujudkan rumah impianmu.

Temukan aneka furnitur dan dekorasi menarik untuk hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang. Misalnya untuk kamar tidur si Kecil, Dekoruma jual kursi anak, lemari anak, dan tempat tidur bayi. Ada juga bean bag kekinian untuk bersantai dari merek Be My Bean.

Tak hanya itu, Dekoruma menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari spring bed The Luxe, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!