Kamar tidur menjadi tempat paling penting di hunian karena difungsikan sebagai ruang personal untuk beristirahat. Namun, apa jadinya jika kamu punya desain kamar tidur kecil? Mungkin kamu merasa bingung untuk memaksimalkan fungsi ruangan guna menciptakan tempat ternyaman di hunian.

Melalui artikel ini, Kania akan membagikan inspirasi desain kamar tidur kecil sehingga terbatasnya ruang tak lagi menjadi masalah untuk memperoleh ruang tinggal yang nyaman. Apa saja sih ide desain kamar tidur kecil yang bisa diadopsi? Simak artikel di bawah ini, ya!

Niche, Pojokan Kamar Tidur yang Fungsional

cocolapinedesign.com

Desain kamar tidur kecil yang satu ini memiliki sudut yang agak menjorok ke dalam atau biasa disebut niche. Nah, area tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai ruang untuk meletakkan kasur nyaman dari kasur Dunlopillo ataupun meja kerja sehingga terdapat sisa ruang yang bisa kamu manfaatkan untuk meletakkan berbagai perlengkapan kamar, mulai dari lemari pakaian, kursi hingga rak sepatu.

Pemandangan Luar dengan Jendela Besar

ecosia.org

Penggunaan jendela berukuran besar pada desain kamar tidur kecil memberikan ilusi yang membuat ukuran kamar terkesan lebih besar karena cahaya dapat terpancar secara maksimal. Tak hanya itu, desain kamar tidur kecil ini pun tampak sangat nyaman karena seakan menyatu dengan area halaman luar, serta jauh dari kesan pengap dan gelap karena warna sprei yang cerah.

Ilusi Ruang Luas dengan Cermin Besar

realestate.com.au

Jika desain kamar tidur kecil milikmu tak memungkinkan untuk dipasang jendela berukuran besar, alternatif lainnya adalah memasang cermin berukuran jumbo di dinding kamar tidur. Sama halnya dengan jendela, penggunaan cermin jumbo akan memberikan ilusi pada desain kamar tidur kecil sehingga terkesan lebih luas.

Hemat Ruang dengan Perabotan Multifungsi

mebeli.perfektmebel.com

Banyaknya penempatan perabotan akan membuat desain kamar tidur kecil milikmu terkesan sumpek. Solusi terbaik, kamu bisa menggunakan perabotan multifungsi pada desain kamar tidur kecil sehingga ruang terkesan lega dan lebih rapi. Adapun, perabotan multifungsi yang bisa kamu pakai pada desain kamar tidur kecil di antaranya adalah ranjang dengan laci penyimpanan dan meja belajar dengan nakas. Laci penyimpanan di bawah ranjang pun bisa dialihfungsikan menjadi rak sepatu.

Konsep Rumah Pintar dengan Tempat Tidur Lipat

livinterior.net

Inspirasi lainnya adalah menggunakan tempat tidur lipat untuk memaksimalkan sisa ruang pada desain kamar tidur kecil milikmu. Salah satu pilihan terbaik, kamu bisa memakai tempat tidur atau kasur lipat, trik ini bisa menjadi siasat untuk menghemat ruang karena saat aksur tak digunakan, kasur bisa dinaikkan ke atas. Tak hanya itu, ketinggian tempat tidur juga bisa diatur sedemikian rupa secara mudah sehingga kamu bisa tidur dengan nyaman dan leluasa.

Lantai Mezanin, Ruang Tambahan dalam Kamar

czmcam.org

Inspirasi desain kamar tidur kecil selanjutnya adalah menciptakan ruang tambahan dengan membangun lantai mezanin yang dapat difungsikan untuk berbagai keperluan. Pada desain kamar tidur kecil ini, kamu bisa membuat area khusus untuk menyimpan berbagai koleksi pakaian. Selain itu, kamu pun bisa menciptakan desain kamar tidur kecil yang memuat dua tempat tidur sekaligus seperti pada inspirasi di atas.

Warna Dinding Terang untuk Kesan Lapang

pinterest.co.uk

Penggunaan warna cat tembok yang sesuai juga akan mempengaruhi desain kamar tidur kecil milikmu. Untuk itu, hindari penggunaan warna cat tembok gelap karena akan membuat kamar tidur terkesan sempit dan menggantinya dengan warna cat tembok berwarna netral dan cenderung terang seperti putih, abu-abu muda, pastel dan krem.

Meskipun kamu memiliki desain kamar tidur kecil, tapi sudah seharusnya kamu menciptakan ruang yang nyaman sehingga mengoptimalkan kegiatan beristirahat. Tertarik mengadopsi salah satu desain kamar tidur kecil di atas?

Kamu juga bisa menghias desain kamar tidur kecil dengan berbagai dekorasi menarik, seperti lampu tumblr, bingkai foto, dream catcher, dan hiasan dinding kamar. Namun, tetap pastikan untuk tidak menghiasnya secara berlebihan agar tidak terkesan penuh dan berantakan.

Terakhir, jangan lupa untuk menggunakan jenis kasur yang nyaman dan berkualitas, seperti kasur Dunlopillospring bed Elite dan spring bed Alga. Kabar baiknya, kamu bisa menemukan semua merek spring bed tersebut di Dekoruma, lho! Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cari kasur impianmu di Dekoruma!