Pada rumah bertingkat, kehadiran tangga sangat dibutuhkan untuk penghuni rumah berpindah lantai. Tangga wajib dilengkapi dengan railing atau pagar pembatas tangga. Sebagai salah satu aspek keamanan di rumah, railing tangga minimalis pun menjadi pilihan. Kamu tidak mau ada yang terjatuh ke lantai bawah saat naik atau turun tangga, kan?

Selain mengutamakan keamanan, nilai estetika tidak boleh ketinggalan. Oleh karena itu, coba simak beberapa desain railing tangga minimalis berikut ini!

Railing tangga minimalis dari kaca

otglass.com

Salah satu material yang paling identik dengan rumah bergaya minimalis adalah kaca. Kaca ini bisa digunakan sebagai material railing tangga yang kuat. Materialnya yang solid dan rapat membuat kemungkinan sesuatu terjatuh dari tangga sangat kecil.

Di bagian tepi kaca railing tangga minimalis ini diberi bingkai besi supaya semakin kokoh dan juga memudahkan orang untuk menemukan bagian pinggir dari kaca. Gunakan kaca yang tebal supaya tidak mudah pecah. Tampilannya pun menjadi minimalis dan modern  sehingga sesuai dengan interior hunian pada umumnya.

Tiang besi pengganti railing tangga

pinterest.com

Jika railing tangga minimalis biasanya hanya terpikir desain railing tangga biasa dengan pegangan dan tiang, coba gunakan tiang besi yang tertancap rapi dari anak tangga ke langit-langit.

Railing tangga minimalis seperti ini dapat digunakan untuk pegangan dan menghilangkan ruang untuk kecelakaan saat digunakan oleh semua penghuni rumah. Selain itu, tentu tangga terlihat simpel namun estetik.

Susunan tiang miring yang estetik

johnlitz.us

Railing tangga minimalis tidak selalu tertata dengan rapi atau beraturan. Supaya aman dan terlihat estetik, railing tangga juga bisa dibuat dalam susunan acak seperti ini. Ada tiang besi yang dibuat tegak lurus, ada juga tiang yang dibuat miring. Lapisannya yang mengkilap membuat railing tangga minimalis ini terlihat lebih modern dan futuristik.

Kaitan tali membentuk railing tangga

pinterest.com

Railing tangga minimalis dari tali memang terdengar kurang aman untuk digunakan. Tapi dengan simpul yang tepat, maka tali-tali ini aman dijadikan railing tangga.

Tali-tali ini disangkutkan pada kait yang ditanam pada dinding sehingga amat kuat dan jaraknya cukup rapat. Pada sisi satunya ada pegangan dengan desain umum yang menempel pada dinding. Railing tangga minimalis ini pun aman dan cantik.

Pola unik pada railing tangga minimalis

artisticstairs-us.com

Bagi kamu yang memiliki anak kecil di rumah, railing tangga minimalis dengan pola unik seperti ini bisa dipertimbangkan. Pasalnya, rongga di antara railing tangga ini cukup rapat. Namun dilihat dari segi estetika, tetap memiliki nilai lebih.

Si kecil mungkin terjatuh di antara anak tangga, tapi tidak mungkin terjatuh ke lantai di bawahnya. Besi-besi railing tangga minimalis ini juga disusun miring sehingga sulit dipanjat oleh anak.

Permainan geometris pada railing tangga minimalis

trendir.com

Pola geometris selalu bermain dengan garis dan bentuk. Memadukan permainan geometris dengan fungsi railing pada tangga tentu menjadi tantangan tersendiri. Railing tangga minimalis pada inspirasi di atas pun terbentuk yang mempunyai fungsi tambahan sebagai tempat untuk meletakkan rak.

Variasi jarak pada garis vertikal yang terbentuk memberikan ruang untuk pegangan dan juga kaitan bagi rak. Sekilas seperti tiang besi biasa, railing tangga minimalis ini pun cocok untuk mengamankan tangga yang menempel pada dinding.

Railing Tangga Minimalis dengan Teralis Simpel

challengesofaging.com

Untuk kesan minimalis, teralis pun dapat digunakan dengan desain simpel yang memadai seperti inspirasi di atas. Railing tangga minimalis ini mempunyai lekuk teralis yang memadai agar mencegah siapa pun terjatuh dari tangga, namun tetap sedap dipandang mata.

Apa pun model railing tangga minimalis yang akan kamu terapkan, pertimbangkan juga tinggi railing-nya supaya mudah dipegang tapi tidak mudah dipanjat oleh anak-anak. Pastikan juga bahwa tidak ada ruang di daerah samping anak tangga agar tidak ada bahaya terjepit di antara tangga dan railing-nya.

Terakhir, jangan lupa lengkapi hunianmu dengan beragam furnitur kekinian dari Dekoruma! Dekoruma jual sofa bed, kursi makan, rak dinding, hingga kasur dari berbagai merek, seperti kasur Serta dan King Koil. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Kamu sedang mencari properti baru yang berdomisili di Jakarta Selatan? Dekoruma juga bisa menjadi solusi yang tepat! Di Dekoruma kamu bisa menemukan rumah atau apartemen siap huni dengan harga terbaik. Tak hanya di daerah Jakarta Selatan saja, tapi juga ada di berbagai wilayah Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!