Berbicara soal sejarah perkembangan arsitektur, salah satu peninggalan arsitektur dari masa lampau adalah keberadaan bangunan-bangunan kastil kuno. Hadir dengan ukuran-ukuran yang bombastis, desain kastil umumnya sangatlah megah dan rumit menjadikannya banyak digemari orang hingga kini karena nilai estetikanya. 

Entah kamu penggemar serial film Harry Potter ataupun serial televisi Game of Thrones, sosok kastil menjadi ikon yang mengingatkan kamu akan masa lampau. Namun di era modern, keberadaan kastil sudah tak banyak digunakan dan dibutuhkan sehingga banyak bangunan kuno ini terbengkalai atau tak lagi dihuni. Hal ini menimbulkan banyak rumor dan juga cerita mistis bermunculan mengenai bangunan kastil kuno yang ada di dunia seperti beberapa istana berikut ini.

1. Kastil Burg Eltz di Jerman

happytowander.com

Bangunan kastil bernuansa mistis pertama berada di Jerman. Kastil Burg Eltz ini terkenal akan kisah Countess Agnes yang dipercaya meninggal karena melindungi istana ini dari ‘pengunjung yang tak diundang.’ Arwah dari wanita malang ini diyakini masih menghantui bangunan tua ini dan sering menampakkan diri di saat-saat tertentu.

Hingga kini, beberapa ruang di bangunan kastil ini dibuka untuk umum bagi para wisatawan, termasuk salah satu kamar tidur Countess Agnes lengkap dengan sebuah kapak perang kuno yang dia miliki.

2. Kastil Drakula, Bran Castle di Romania

shutterstock.com

Siapa yang tak kenal legenda Drakula, makhluk mistis yang gemar menghisap darah manusia. Makhluk ini dikenal hidup di bangunan tua dan salah satu kastil kuno yang dipercaya sebagai tempat tinggal Drakula adalah Bran Castle yang berada di Romania.

Dikenal sebagai istana Drakula, kini bangunan kuno bersejarah ini menjadi sebuah museum yang menyimpan barang-barang koleksi dari Queen Marie. Di balik kemegahan dan keanggunan dari bangunan kuno ini, nuansa mistis masih bisa kamu rasakan saat berkunjung dan menyusuri ruang demi ruang yang terdapat di bangunan bersejarah ini.

3. Kastil Edinburg di Skotlandia

sundaypost.com

Beralih ke Skotlandia, terdapat kastil Edinburg yang sangat terkenal akan cerita-cerita mistis yang ia miliki. Tercatat berbagai laporan mengenai pengalaman dan peristiwa mistis terjadi bangunan megah berarsitektur kuno ini seperti penampakan drummer tak berkepala hingga suara-suara prajurit yang tengah berperang bisa terdengar di saat-saat tertentu oleh pengunjung istana ini. Berani untuk berkunjung kesini?

4. Kastil Moosham di Austria

spottinghistory.com

Pada masa perburuan penyihir di Austria pada 1675 dan 1690, Kastil Moosham merupakan tempat eksekusi di mana para wanita yang dituduh sebagai penyihir dieksekusi, dikurung, dan juga disiksa dengan sangat kejam hingga tewas di tempat ini. Tak heran jika Moosham kini terkenal sebagai salah satu tempat paling horor di Austria.

Hingga saat ini, masih banyak orang yang mengaku kerap melihat kejadian-kejadian aneh di tempat ini seperti penampakan kabur putih, suara-suara penyiksaan, hingga perasaan seseorang tengah bernapas di tengkukmu saat berkunjung ke tempat angker ini.

5. Kastil Eilean Donan di Skotlandia

puzzlewarehouse.com

Bangunan kastil yang terkenal akan cerita-cerita mistis lainnya juga berada di Skotlandia. Bangunan kuno Eilean Donan ini merupakan salah satu spot objek fotografi yang sangat terkenal dan diburu.

Namun di balik keindahan arsitektur istana Eilean Donan, terdapat kisah-kisah mistis yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Beberapa diantaranya seperti kisah prajurit Spanyol yang terbunuh pada era pemberontakan hingga penampakan-penampakan Lady Mary yang sering muncul di salah satu kamar tidur yang terdapat di dalam bangunan kuno ini.

Itulah beberapa berbagai bangunan kastil kuno yang masih berdiri megah dan indah hingga saat ini namun menyimpan berbagai kesan mistis yang justru menjadi daya tarik lebih bagi peninggalan-peninggalan arsitektur kuno ini. Berani untuk mengunjungi salah satunya?

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma! Dekoruma jual meja belajar, sofa, lampu, karpet, hingga rak sepatu dengan model serta ukuran yang beragam.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari spring bed Serta, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!