Punya sisi dinding yang kosong sehingga ruangan terasa membosankan dan monoton? Menghadirkan ambalan dinding bisa jadi solusi praktis untukmu. Tak cuma bisa mengisi dinding kosong dan membuatnya terlihat lebih menarik, kehadiran ambalan dinding juga bisa memberikan aspek fungsional tambahan, lho.

Tak hanya untuk meletakkan pajangan atau dekorasi, ambalan dinding juga bisa digunakan untuk meletakkan berbagai barang yang kamu miliki sehingga ruangan menjadi terlihat lebih rapi. Tertarik menambah ambalan untuk melengkapi interior ruangan? Cek berbagai kreasi desain ambalan dinding yang unik serta menarik berikut.

1. Ambalan Dinding Geometris Segitiga

madeinminnyshop.com

Jika umumnya ambalan dinding memiliki desain simetrik yang monoton, kamu bisa membuatnya terkesan lebih dinamis dan unik dengan menggunakan ambalan berbentuk segitiga. Variasi ambalan bentuk segitiga seperti pada inspirasi di atas tentu dapat membuat dinding kosong terasa lebih estetik.

2. Ambalan Dinding Heksagon

pinterest.com

Alternatif lain selain ambalan berbentuk segitiga, kamu bisa menggunakan ambalan dinding berbentuk persegi enam atau heksagon. Sama halnya dengan ambalan segitiga, kamu bisa memasang ambalan heksagon berbagai ukuran dan menatanya dalam komposisi yang estetik sehingga bisa membuatnya terlihat lebih hidup dan dinamis.

3. Ambalan Dinding Minimalis

tierbonavi.id

Jika ambalan segitiga atau yang berbentuk hexagon tampak terlalu berlebihan dan tidak cocok dengan konsep interior ruangan yang minimalis, kamu bisa mencoba mengaplikasikan model ambalan dinding yang minimalis dengan bentuk garis lurus atau berbentuk ‘U’.

Agar ambalan bisa menonjol, tak ada salahnya memilih warna ambalan yang kontras dari warna dinding sehingga tampilan ambalan lebih terlihat dan dinding tak terkesan membosankan.

4. Permainan Bentuk dengan Rangka Besi

dhgate.com

Material rangka besi yang mudah diolah dan dibentuk memungkinkanmu untuk menghadirkan model desain ambalan dinding yang beragam dan bervariasi. Mulai dari bentuk lingkaran hingga bentuk-bentuk organik bisa kamu pilih dan sesuaikan dengan gaya desain ruangan.

5. Ambalan Dinding Gantung

hgtv.com

Jika biasanya ambalan dinding menempel pada dinding dengan cara dipaku, ambalan satu ini memiliki konsep yang berbeda. Dengan tambahan sabuk pada kedua ujungnya, ambalan satu ini menggantung pada dinding. Model ambalan gantung ini umumnya dipilih untuk ruangan-ruangan dengan gaya interior industrial.

6. Ambalan Dinding Rustic

traditionalbeams.com

Bentuk yang sederhana bukan berarti harus tampil membosankan. Permainan material bisa bantu buat ambalan dinding terlihat lebih menarik dan berkonsep. Misalkan penggunaan material kayu dengan warna dan tekstur yang sangat kuat ini sangat cocok untuk memperkuat citra interior industrial ataupun rustic yang kamu miliki.

7. Khusus Sudut Ruangan

oakstoredirect.com

Tak hanya pada sisi dinding yang kosong, kamu juga bisa menghadirkan ambalan dinding yang fungsional pada sudut ruangan dengan model desain ambalan yang tepat. Dengan bentuk yang dirancang khusus untuk sudut ruangan, kini sudut ruangan jadi lebih hidup dengan kehadiran ambalan yang fungsional.

8. Ambalan Dinding Asimetris

adiyaman.info

Jika kamu menginginkan desain ruangan yang lebih dinamis dengan kehadiran ambalan di dinding, kamu bisa bermain dengan bentuk-bentuk asimetris. Model asimetris pada ambalan juga bisa kamu dapatkan secara sederhana dengan memodifikasi ambalan dinding berbentuk simetris yang umum seperti pada inspirasi di atas.

Ambalan di atas juga bisa digunakan sebagai rak buku mini. Letakkan buku-buku yang sering kamu baca di ruang tamu. Tambahkan beberapa dekorasi seperti patung atau foto-fotomu bersama orang terkasih.

9. Colorful yang Playful

pinterest.com

Tak hanya dari segi bentuk, untuk membuat ambalan dinding menarik bisa kamu lakukan dengan permainan warna. Dengan warna-warni yang playful, ambalan seperti ini bisa melengkapi kamar anak atau ruang bermain untuk meletakkan mainan-mainan dan juga kebutuhan si kecil.

Ada banyak sekali bukan kreasi desain ambalan dinding yang bisa mempercantik ruanganmu? Tak hanya menambah segi estetika dari ruangan, kini ruangan jadi lebih fungsional dan kamu bisa meletakkan barang-barang di ambalan sehingga ruangan tak jadi berantakan. Siap untuk dekorasi ulang ruangan dengan menambahkan ambalan pada dinding ruangan yang kosong?

Temukan ragam furnitur dengan model kekinian hanya di Dekoruma! Mulai dari sofa minimalis, meja makan, kursi teras, hingga rak sepatu, semuanya ada. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong.

Tak hanya itu saja, ada juga aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan merek ternama, seperti spring bed Dunlopillo, Serta, dan King Koil. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan cari semua kebutuhan rumahmu!