Hidup di negara beriklim tropis seperti Indonesia memaksa kita untuk berpikir cerdas supaya bisa bertahan hidup di udara yang sangat panas. Salah satunya adalah menggunakan kain yang sifatnya sejuk seperti bahan linen.

Selain sejuk di kulit, bahan linen juga dibuat dari serat tumbuhan sehingga tidak akan menimbulkan alergi. Semakin tua usia linen ini, maka akan semakin lembut juga permukaannya. Dibandingkan dengan bahan lainnya, bahan linen mampu menyerap kelembapan dan melepas kelembapan paling cepat.

Lalu seperti apa saja bentuk aplikasi bahan yang sudah ada sejak tahun 4000 SM ini? Yuk, simak poin-poin berikut!

Tirai jendela menyejukkan

cb2.com

Tirai berguna untuk menghalau sinar matahari yang berlebihan masuk ke dalam rumah dan membuat ruangan semakin panas. Bahan linen memiliki sifat yang menyerap panas sehingga sangat cocok dijadikan tirai jendela.

Hanya saja kamu perlu memperhatikan warna bahan linen. Hindari warna yang gelap seperti hitam dan biru tua supaya tirai bisa bekerja dengan baik untuk menyejukkan ruangan.

Taplak meja dan serbet

parachutehome.com

Bahan linen memiliki sifat yang tidak mudah menyerap kotoran atau noda. Hal ini membuatnya cocok dijadikan taplak meja atau table runner dan serbet yang berisiko besar terkena noda makanan. Saat ada kuah makanan yang tumpah ke atas taplak meja atau table runner atau saat serbet digunakan untuk menyeka mulut, bahan linen cukup dicuci saja untuk menyingkirkan noda tersebut.

Perlengkapan tidur dari bahan linen

sheridan.com.au

Supaya tidur menjadi lebih nyenyak, suhu udara tidak boleh terlalu panas ataupun dingin. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga suhu ini adalah menggunakan AC, kipas angin, dan juga perlengkapan tidur dari bahan linen.

Perlengkapan tidur yang dimaksud adalah sarung bantal, sprei, dan juga selimut. Selain sifatnya sejuk, bahan linen ini juga lembut di kulit sehingga kamu akan lebih nyaman tidur terlebih lagi saat mengganti posisi tidur.

Handuk dari bahan linen

halemercantilecolinen.com

Dibandingkan dengan serat kain lainnya, bahan linen ini memiliki serat yang lebih tebal. Dengan demikian bahan linen tergolong kuat dan awet digunakan dalam jangka waktu lama. Tidak heran kalau banyak produsen handuk yang menggunakan bahan tersebut.

Bahannya mudah menyerap air tapi juga mudah kering meski hanya diangin-anginkan. Kalau mau dibawa untuk traveling juga cocok karena tidak akan makan ruang koper dan tidak mudah lembab.

Kain lap dari bahan linen

google.com

Bahan linen tidak meninggalkan sisa-sisa serat pada permukaan benda seperti kain lainnya. Jika digunakan sebagai kain lap akan sangat tepat, apalagi untuk permukaan kaca atau keramik.

Kaca akan terlihat semakin bersih karena tidak ada sisa-sisa serat yang mengotori; peralatan makan dari keramik juga jadi lebih aman digunakan karena tidak ada sisa serat kain yang mungkin menempel pada makanan.

Baju dari bahan linen

garnethill.com

Bosan memakai baju dari bahan katun di saat musim kemarau? Kalau begitu beralihlah ke baju dari bahan linen yang saat ini tersedia dalam aneka model menarik. Bahannya sejuk dan lembut di kulit. Kalau pun kamu berada di luar ruangan, tubuh akan terasa lebih nyaman.

Tapi, baju dari bahan linen ini tidak boleh dicuci menggunakan pemutih. Ditambah lagi bahan ini agak kusut sehingga kamu harus menyetrikanya dalam keadaan sedikit lembab supaya lebih mudah diatur seratnya.

shopify.com

Apakah ada perlengkapan di rumahmu yang sudah menggunakan bahan linen? Tentu kamu pun akan mengetahui kelebihan menggunakan material ini. Waktunya untuk mulai menyiapkan berbagai perlengkapan rumah dari bahan sejuk ini agar cuaca panas di Indonesia tidak mengganggu kehidupan kamu sehari-harinya.

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual rak sepatu, meja makan, sofa, bahkan kasur dari merek ternama pun ada. Dekoruma jual King Koil, Comforta, dan Guhdo.

Selain furnitur, kamu juga bisa menemukan berbagai peralatan rumah tangga, seperti peralatan dapur, perlengkapan laundry, dan alat kebersihan. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!