Hunian nyaman mungkin diimpikan oleh banyak orang. Tak perlu mewah, idealnya sebuah rumah mampu memberikan rasa aman, dibangun di lingkungan sehat dan sedap dipandang.  Oleh karena itu, sebagai permulaan, kamu perlu memikirkan desain rumah 1 lantai sebagai inspirasi untuk rumah pertama.

Buat kamu yang berencana membangun rumah sederhana, Kania punya rekomendasi desain rumah 1 lantai minimalis yang bisa kamu contek untuk ciptakan hunian nyaman dan indah. Apakah kamu penasaran? Yuk, simak 6 inspirasi desain rumah 1 lantai berikut ini!

Desain rumah 1 lantai dengan atap kotak

busyboo.com

Kebanyakan, desain rumah 1 lantai di Indonesia mengadopsi atap berbentuk segitiga. Untuk menciptakan gaya unik, kamu bisa membangun hunian dengan atap berbentuk kotak seperti pada inspirasi di atas. Padukan juga dengan warna cat depan rumah yang elegan, seperti putih.

Desain rumah 1 lantai seperti pada inspirasi di atas ini tampil minimalis sekaligus modern, serta dilengkapi banyak bukaan untuk melancarkan sirkulasi udara dan penyebaran cahaya. Selain itu, desain rumah ini pun tidak menggunakan ornamen yang rumit untuk meminimalisir biaya pembangunan rumah.

Desain rumah 1 lantai dengan taman belakang

freshome.com

Jika kamu ingin membangun hunian minimalis dengan taman belakang dan kolam, kamu bisa melihat desain rumah 1 lantai yang satu ini. Tampil estetik dan modern dengan warna netral, terdapat perpaduan unsur natural melalui kombinasi kayu sehingga tampak menyatu dengan suasana taman.

Selain itu, desain rumah 1 lantai ini juga memiliki atap berukuran tinggi dan bukaan berukuran besar sehingga sangat nyaman melalui sirkulasi udara yang berjalan lancar.

Desain rumah 1 lantai bergaya geometris

trendir.com

Referensi desain rumah 1 lantai ini juga cocok untuk kamu yang ingin membangun hunian nyentrik dan anti-mainstream. Mengadopsi bentuk geometris, hunian ini tak hanya mengutamakan estetika, namun menyesuaikan kondisi permukaan tanah yang berada di ketinggian sehingga tetap terkena sinar matahari.

Dengan kombinasi material beton, kayu, serta kaca, desain rumah 1 seperti ini bisa kamu padukan dengan nuansa interior bergaya Skandinavia sehingga tampil lebih estetik.

Desain rumah 1 lantai dengan tampilan unfinished

a-ville.net

Saat ini, banyak sekali pilihan material finishing dengan harga yang ekonomis. Namun, kamu yang ingin menciptakan hunian unik dan minim biaya, tak ada salahnya bereksplorasi dengan material unfinished seperti pada inspirasi di atas.

Selain itu, kamu pun bisa memadukan desain rumah 1 lantai dengan lighting yang tepat sehingga tampilannya lebih estetik, hangat dan homey.

Desain rumah 1 lantai berwarna kontras

homestratosphere.com

Permainan warna juga bisa kamu lakukan untuk menciptakan hunian yang tidak terkesan monoton. Desain rumah 1 lantai ini dipercantik dengan warna kontras yang sangat selaras dengan keseluruhan tampilan hunian. Meskipun menggunakan warna yang berani, namun hunian ini tetap memiliki arsitektur yang sangat minimalis dan tidak berlebihan sehingga cocok diadopsi oleh kaum muda.

Desain rumah 1 lantai dengan material kayu

freshome.com

Siapa pun pasti setuju bahwa penggunaan material kayu bisa memberikan kesan hangat dan nyaman pada hunian. Seperti desain rumah 1 lantai berikut, penggunaan material kayu terlihat mendominasi semua bagian dan terlihat menyatu dengan lingkungan hunian yang diisi berbagai tumbuhan sehingga terkesan asri.

Agar kesan minimalis dan modern tetap menonjol, pilihlah desain yang minim detail. Padukan juga dengan warna dan lighting yang tepat sehingga tampilannya tidak monoton.

homesbyesh.co.uk

Keenam desain rumah 1 lantai di atas sangat cocok diadopsi oleh kaum muda yang berencana memiliki rumah pertama. Agar persiapan untuk rumah pertama lancar, jangan lupa untuk memprioritaskan keperluan untuk rumah impian!

Bila kamu kesulitan untuk merealisasikan rumah impianmu, Dekoruma bisa bantu, lho! Dekoruma menyediakan jasa desain rumah impian dan pembuatan kitchen set dengan desain ruang serba multifungsi, efisien, dan bisa selesai dalam delapan minggu. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!