Kini teknologi material bangunan sangat maju dan berkembang. Salah satu material bangunan modern yang kini sangat sering digunakan adalah GRC board. Penggunaan material GRC board sangat fleksibel dan terkenal akan daya tahannya yang baik. GRC board ini kerap digunakan sebagai alternatif papan multiplek, papan gipsum, papan HMR, atau papan material MDF.

Lalu, apa sebenarnya material GRC board itu? Dan apa saja kelebihannya yang membuat material GRC board istimewa? Yuk, langsung saja temukan jawabannya pada ulasan berikut ini!

Apa Itu Material GRC Board?

telling.co.uk

GRC board merupakan Glass-Reinforced Concrete board, bahan yang terbuat dari campuran semen dengan  fiber kaca membentuk bidang seperti papan. Hal ini membuat GRC board juga dikenal dengan istilah papan semen.

Material GRC board membuat papan ini memiliki bobot yang sangat ringan jika dibandingkan dengan material sejenisnya dan juga memiliki daya tahan ekstra terhadap api dan juga air. Selain itu, ada banyak juga karakter lainnya dari GRC board yang membuat material ini menjadi lebih istimewa.

Kelebihan GRC Board

pinterest.com

Nah, setelah memahami apa itu GRC board, sekarang saatnya kamu mengetahui ragam kelebihan dari GRC board. Berikut adalah beberapa kelebihan utama dari GRC board:

1. Bobot yang ringan

telling.co.uk

Material GRC board yang terbuat dari fiber kaca membuat bobot dari material papan satu ini jauh lebih ringan dibandingkan material sejenisnya seperti papan gipsum ataupun papan multiplek. Bobotnya yang ringan menjadikan material ini sangat mudah untuk dibawa dan dipindah-pindahkan pada saat proses konstruksi.

2. Daya tahan terhadap air dan api

rickardengineering.com

Kelebihan dari GRC board yang paling dikenal dan membuatnya menjadi salah satu material bangunan favorit adalah daya tahan terhadap api dan juga air. Material ini tidak bisa terbakar sehingga membuatnya menjadi pilihan material bangunan untuk menunjang keamanan bangunan.

Kamu juga tak perlu khawatir GRC board menjadi lapuk atau bebercak akibat rembesan air karena material ini juga memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap air. Kedua kelebihannya ini membuat penggunaan GRC board untuk rumah mampu membuat hunian jadi lebih awet.

3. Penggunaan indoor dan outdoor

isibangunan.com

Lebih jauh lagi, daya tahan terhadap kedua elemen sebelumnya juga membuat GRC board memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca-cuaca ekstrem. Hal ini membuat material ini sangat fleksibel dengan artian dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik indoor ataupun outdoor. Penggunaan bahan ini cukup populer sebagai fasad bangunan dan juga plafon untuk interior bangunan.

4. Antirayap dan antilapuk

pinterest.com

Menggunakan material GRC board juga akan membantu rumahmu menjadi lebih awet dan aman dari serangan rayap karena material satu ini juga anti terhadap serangan rayap. Hal ini membuat papan semen GRC tidak akan mudah lapuk dan rapuh.

5. Praktis dalam pengerjaan

telling.co.uk

Bobot yang ringan membuat material GRC board jadi lebih mudah untuk dibawa-bawa dan praktis untuk digunakan. Namun, hal itu bukanlah satu-satunya hal yang membuat material bangunan satu ini sangat mudah dalam hal pengerjaan. Material papan GRC juga mudah dipotong dan diolah sehingga kepraktisan dari penggunaan material bangunan satu ini mampu menghemat dan mempercepat waktu pengerjaan dari rumah atau bangunan.

Itulah berbagai karakter dan kelebihan dari material GRC board yang menjadikan material satu ini menjadi pilihan favorit, baik itu sebagai material outdoor maupun indoor. Harganya yang masih terjangkau beserta variasi desain material ini menjadikan material ini menjadi primadona, apalagi jika kamu perlu menekan biaya pembangunan.

Apakah kamu tertarik memanfaatkan GRC board untuk mewujudkan rumah impianmu? Pastikan bahwa kamu memilih dan membeli material bangunan di toko bahan bangunan yang terpercaya, ya!

Sedang mencari furnitur untuk melengkapi hunianmu? Kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak display, sofa, lemari pakaian, dan furnitur lainnya.

Untuk perlengkapan kamar tidur, Dekoruma jual bedcover, sprei, dan bantal guling. Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!