Selain kokedama, pohon bonsai juga jadi teknik bercocok tanam yang terkenal dari Jepang. Secara detail, pohon bonsai adalah seni yang menciptakan pohon miniatur dari pokok pohon normal.

Seni ini termasuk salah satu bentuk ekspresi yang sangat indah dan menuntut keahlian artistik, pengamatan yang telaten serta keseimbangan dan kesabaran. Jika kalian berminat membuat pohon bonsai sendiri, akan ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi tetapi bukan berarti tidak mungkin sama sekali.

Cara Membuat Pohon Bonsai

westcoastgardens.ca

Hampir sama dengan menanam pohon lain pada umumnya, cara membuat pohon bonsai harus dimulai dengan menyediakan berbagai barang mulai dari tanaman bonsai itu sendiri. Bibit atau benih bonsai tersedia di banyak sumber, baik dari toko tanaman ataupun secara online.

Kalian juga boleh memilih tanaman pre-bonsai atau yang sudah setengah jadi. Ada beberapa variasi pohon yang bisa dibuat menjadi pohon bonsai, salah satunya adalah bonsai kimeng. Jadi, pastikan kalian sudah mencari tahu terlebih dahulu jenis pohon utamanya dan cara merawat secara umum. Disarankan kalian memilih pohon yang umum dan sederhana untuk pemula.

Memilih Pot yang Tepat

flickr.com

Pot yang tepat adalah kunci dalam menanam dan merawat pohon bonsai secara sukses. Kalian bisa memulai dengan pot tanaman standar, berdimensi lebar dan berbentuk petak atau bulat sekalipun. Pastikan pot bonsai ini sudah memiliki akses drainase yang memadai untuk mengeringkan air dan pupuk ekstra dari bagian akar pohon.

Mencari Tanah Ideal

growabonsaitree.com

Mencari tanah yang ideal untuk pohon bonsai bisa didapatkan dari toko khusus tanaman lokal atau online. Tanah yang ideal harus memiliki nutrisi dan daya serap air yang baik. Pastikan juga tanah gembur untuk aliran udara yang pas.

Untuk memperbaiki drainase dan aliran udara pada tanah pohon bonsai, material komposit bisa berupa pecahan batu kecil dan material alam lainnya yang ditempatkan di bagian paling bawah pot. Fungsinya adalah untuk membantu pembuangan air sekaligus ventilasi oksigen yang paling maksimal.

Menyiapkan peralatan pendukung

kaizenbonsai.com

Selain pot tanaman dan tanah yang ideal, kalian perlu menyiapkan peralatan berikut agar dapat membantu kamu membuat dan merawat pohon bonsai. Selalu sediakan sumber air bersih, misalkan air hujan atau air keran, dan pupuk. Saat merawat pohon bonsai, pastikan ada gunting tanaman, kawat aluminium atau timah untuk membentuk arah pertumbuhan pohon bonsai, dan tang untuk styling kawat sekaligus membuang bagian akar, dahan dan pokok yang tebal.

Setelah mendapatkan perlengkapan ini, mulailah membuat pohon bonsai dengan cara menanam benih, memindahkan dari media tanah ke bagian pot dan melakukan styling seiring pertumbuhan dari pohon bonsai. Selanjutnya, simak juga cara merawatnya supaya ia tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Pohon Bonsai

bonsaitreegardener.net

Setelah spesimen pohon bonsai yang ditanam mulai tumbuh, kalian harus ekstra rajin untuk merawatnya. Namun, hati-hati karena setiap jenis pohon mempunyai karakter tersendiri yang perlu kalian ketahui saat merawatnya.

Beberapa jenis pohon punya toleransi kekeringan yang lebih tinggi dibandingkan lainnya, sedangkan ada pula yang lebih cocok dengan tanah yang lembap. Jadi, kalian harus mengetahui jenis pohon yang kalian pilih sebagai pohon bonsai.

Ini penting supaya kalian tahu seberapa banyak kadar air yang biasanya dibutuhkan, komposisi nutrisi organik, pemupukan dan kebutuhan pemindahan tanah sesuai dengan prosedur harian merawat pohon bonsai.

Pelihara Tanah Pohon Bonsai

bonsaitree.co.za

Karena sistem akar yang kecil, pohon bonsai akan sangat mudah mengalami kekeringan. Selain itu, media tanah yang lebih sedikit juga berarti kadar nutrisi yang lebih minim. Oleh karena itu, kalian harus telaten dalam memindahkan keluar, mengganti tanah, mengairi dan memberi pupuk dalam frekuensi yang sesuai.

Karena tanah adalah media tempat hidupnya pohon bonsai, pastikan kalian sudah menggunakan jenis tanah dengan kualitas terbaik. Untuk mendukung kualitas tanah pohon bonsai, pastikan setidaknya ada satu lapisan material komposit misalnya kerikil, pasir atau material alam berukuran kecil lainnya.

Penempatan & Pengairan Pohon Bonsai

shutterstock.com

Pohon bonsai bisa ditempatkan di bagian luar dan dalam rumah atau secara rotasi, sepanjang sudah terpapar sinar matahari yang sesuai dengan spesifikasi pohon asalnya. Hindari penyiraman secara berlebihan karena akar berisiko berjamur. Gunakan hanya air bersih tanpa unsur kimia berbahaya.

Saat semua ingin mengetahui jenis pohon bonsai termahal atau berlomba-lomba mempunyai tanaman bonsai serut, ada baiknya kalian mulai dengan menguasai cara membuat dan merawatnya. Dengan begitu, apapun pohonnya, kalian pasti dapat menjaganya agar tumbuh besar dan harga pohon bonsai pun akan menjadi tinggi dengan sendirinya. Selamat mencoba!

Sedang mencari aneka furnitur berkualitas untuk menghidupkan suasana rumahmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual meja tamu, sofa, lemari penyimpanan, meja makan minimalis, hingga rak tv dengan aneka model dan ukuran. Pilihan mereknya pun sangat beragam, seperti dari Funika, Livien, dan Anya Living.

Kalau kamu mempunyai anak kecil di rumah, Dekoruma juga jual lemari anak, meja belajar anak, dan kursi anak untuk melengkapi kebutuhannya. Pastinya dengan kualitas yang terjamin. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!