Memiliki pekarangan taman dengan aneka tanaman cantik sangatlah menyejukkan. Selain itu, ketersediaan area hijau pun akan membuat hunian menjadi lebih sehat dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal. Namun, apa jadinya jika tanaman di pekaranganmu sulit tumbuh karena kondisi tanah yang kurang subur?

Sebagai informasi, kondisi tanah yang kering atau tandus bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari cuaca, struktur dengan porositas rendah, kekurangan mineral, kekurangan organik ataupun kurangnya rongga udara pada permukaan media tanam ini.

Pada artikel ini, Kania akan membagikan tips dan trik untuk mengembalikan tanah di pekarangan hunian agar kembali subur sehingga dapat dijadikan sebagai media tanam yang maksimal. Mau tahu apa saja? Simak ulasan di bawah ini, ya!

Kembali gembur dengan sekop

dlife.com

Penggemburan atau penghancuran pori-pori tanah yang keras membantu mengembalikan kondisi media tanam ini dari tandus menjadi subur. Kamu bisa memanfaatkan alat seperti cangkul atau sekop untuk membalikkan permukaan tanah sehingga tekstur menjadi lebih lunak, membuat tanaman lebih mudah menembus media tanam dan memaksimalkan perkembangan. Selain itu, penggemburan ini juga dilakukan agar udara bisa mengalir dan membuat media tanam itu sendiri bisa bernafas dengan cukup.

Gunakan kapur dolomite

gardenerspath.com

Tanah yang kering cenderung memiliki tingkat keasaman atau pH yang tinggi, sehingga kamu harus mengatur tingkat pH agar seimbang, dalam artian tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Cara termudah, kamu bisa menaburkan kapur dolomite pada permukaan media tanam ini sehingga pH tetap stabil.

Berikan nutrisi berupa mineral

rd.com

Salah satu penyebab tanah tandus adalah kurangnya kandungan mineral seperti klorin, tembaga, kobalt, besi, belerang, seng maupun boron. Untuk menambahkan kandungan mineral, kamu bisa menambahkan bebatuan yang sudah mengalami pelapukan ke dalam lapisan permukaan media tanam ini.

Manfaatkan pupuk kompos

stevewhysall.net

Salah satu alasan tanah menjadi kurang subur adalah kekurangan zat hara. Untuk menanggulangi masalah ini, kamu bisa menyebarkan pupuk kompos atau kotoran ternak sebagai penyuplai kebutuhan zat hara organik pada tanah dan membantu proses penghancuran puing tanah yang menyebabkan tandus.

Batasi penggunaan pupuk kimia

taskeasy.com

Selain menggunakan pupuk kompos, kamu juga bisa memanfaatkan pupuk kimia seperti NPK, urea ataupun ZA untuk menutrisi tanah yang tandus. Pupuk kimia dapat diserap langsung oleh tanaman sehingga tumbuh secara subur, namun penggunaannya tak boleh berlebihan karena senyawa yang tidak terserap tanaman akan mencemari air tanah dan bisa menyebabkan tanah menjadi asam dan keras.

Lakukan Rotasi Penanaman

friends1st.co.uk

Cara lainnya, kamu bisa melakukan rotasi penanaman pada tanaman yang berumur pendek untuk menjaga kesuburan tanah, misalnya dalam satu tahun dijadwalkan untuk menanam empat jenis tanaman berbeda. Rotasi penanaman ini sangat umum dilakukan oleh para petani sebagai upaya untuk menjaga agar media tanam ini tetap gembur dan subur.

Proses mengembalikan kesuburan tanah di atas bisa kamu lakukan secara bertahap dalam kurun waktu sekitar satu bulan. Meskipun langkah pertama sudah cukup bagi kamu untuk melakukan penanaman kembali, namun Kania menyarankan untuk mengikuti seluruh rangkaian untuk memaksimalkan kondisi media tanam ini.

gardeningknowhow.com

Selain itu, perawatan tanah pun harus dilakukan secara berkala untuk menjaga kesuburan tanah dan membuatnya siap sedia untuk dijadikan media tanam, misalnya menambahkan pupuk organik setiap satu tahun sekali dan menggunakan pupuk kimia selama periode tanam dengan dosis sesuai anjuran dan tidak berlebihan.

Nah, apakah kamu siap membuat tanah di pekaranganmu kembali subur? Tak ada salahnya untuk segera mempraktikkan tips di atas!

Kesulitan mencari furnitur yang tepat untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual rak dinding, meja komputer, rak tv, kursi teras, spring bed, dan furnitur lainnya dengan beragam model.

Selain itu, ada juga aneka peralatan rumah tangga untuk mendukung semua aktivitasmu di rumah, seperti perlengkapan laundry, alat kebersihan, dan alat-alat berkebun. Lengkap banget, ‘kan?

Nah, kalau kamu sedang mencari properti dijual, kamu juga bisa menemukannya melalui DekorumaHouse! Ada banyak pilihan properti dari sejumlah daerah di Jabodetabek, seperti properti dijual di Jakarta Selatan, Tangerang, Bogor, dan Bekasi. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!