Apabila kamu masuk ke restoran kelas atas atau sedang mengikuti jamuan resmi untuk pertama kali, pasti akan kaget ketika melihat penataan meja makan yang dilengkapi dengan sederet alat makan. Jumlahnya bisa mencapai tiga pasang sendok dan garpu, bahkan lebih. Pastinya sangat berbeda dari jumlah alat makan pada restoran biasa yang menyediakan sendok makan dan garpu.

Saking banyaknya peralatan makan yang disediakan, kamu akan bingung harus menggunakan alat makan yang mana. Supaya kamu tidak bingung dan terlihat profesional saat jamuan resmi, kenali dulu enam jenis alat makan beserta variasinya dalam table setting berikut ini!

Set piring, dari hidangan pembuka hingga penutup

tasteofhome.com

Pastinya tidak mungkin kita menyantap hidangan tanpa piring makan. Biasanya dalam jamuan resmi, alat makan ini terdiri dari satu set yang ditumpuk berdasarkan urutan makan dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup.

Berbagai jenis piring disusun menurut ukuran dari yang paling besar di bawah hingga yang paling kecil di atas. Piring bread & butter adalah satu-satunya alat makan dari set ini yang diletakkan di sebelah kiri atas penataan, tidak bersama dengan tumpukan ini. Dengan diameter sekitar 15 cm, ia digunakan untuk menyajikan roti dan mentega sebelum hidangan selanjutnya disajikan.

shutterstock.com

Dalam tumpukan piring ini, terdapat dinner plate dengan diameter sekitar 26 cm. Untuk menyajikan hidangan utama, alat makan ini biasanya diletakkan di atas show plate atau charger. Piring paling besar berdiameter sekitar 34 cm tersebut hanya diletakkan sebagai dekorasi, bukan alat makan.

Selain itu, terdapat salad plate dan appetizer plate yang berdiameter serupa sekitar 18 cm. Menariknya, terdapat juga soup plate dengan cekungan yang dangkal sebagai tempat penyajian sup pada jamuan resmi, menggantikan alat makan mangkuk yang umum digunakan. Terakhir, terdapat dessert plate untuk hidangan penutup. Terkadang, alat makan ini digunakan juga sebagai alas hidangan pembuka karena diameter yang serupa.

Set gelas untuk minuman berbeda

shutterstock.com

Saat mengikuti jamuan makan resmi dan memerhatikan table setting, kamu pasti menyadari bahwa terdapat lebih dari satu gelas minum. Berbeda minuman, berbeda pula jenis gelas yang digunakan.

Air mineral akan dituangkan dalam water goblet, gelas yang menyerupai piala. Alat makan satu ini akan berada di atas meja dari awal hingga akhir jamuan. Untuk aneka minuman beralkohol seperti anggur, ada red wine glass yang bertangkai sedang dan white wine glass yang berukuran lebih kecil dengan tangkai lebih ramping.

architecturaldigest.com

Jangan kaget jika kamu menemukan cangkir kopi beserta alasnya. Beberapa jamuan juga menyajikan teh atau kopi kalau acara diadakan pada pagi atau siang hari.

Kuah berlimpah dalam mangkuk

tasteofhome.com

Alat makan berupa mangkuk ini tidak terlalu banyak jenisnya. Namun, mangkuk sup adalah yang paling umum ditemukan. Baik untuk sup bening atau krim, alat makan ini berukuran kecil dan biasanya memiliki pegangan di satu atau kedua sisinya.

Alat makan berupa set sendok

tb-haute-coutellerie.com

Bagi kamu yang hanya terbiasa melihat sendok makan dan sendok teh, mungkin akan bingung melihat variasi lain dari alat makan ini. Pertama-tama. ada sendok sup dengan gagang pendek dan ujung membulat. Saat menyantap sup, jangan masukkan semua bagian ujung alat makan ini, melainkan menyeruput dari satu sisi saja.

Variasi lainnya dari alat makan ini ialah dinner spoon layaknya sendok biasa untuk menyantap hidangan utama. Ada juga dessert spoon sebagai alat makan untuk hidangan penutup yang biasanya diletakkan di daerah atas piring.

pixabay.com

Pada jamuan pagi atau menu makan siang hari, variasi alat makan berupa sendok teh juga akan tersedia untuk mengaduk gula atau krim dalam teh dan kopi. Jangan lupa untuk meletakkan sendok pada alas piring setelah digunakan.

Alat makan berupa set garpu

gentlemansgazette.com

Tak hanya garpu makan untuk hidangan utama, variasi dari alat makan ini berbeda lekungan dan jumlah tusukan untuk mempermudah menyantap tipe hidangan yang disajikan. Jika terdapat hidangan kerang, oyster fork akan disediakan dengan bentuk agak melengkung mengikuti bentuk cangkang agar mudah disantap.

pixabay.com

Berpasangan dengan dessert spoon untuk hidangan penutup, dessert fork berguna saat menyantap kue. Jika buah-buahan disajikan, terdapat alat makan khusus bernama fruit fork dengan dua tusukan yang panjang dan pipih.

Variasi pisau, serupa tapi tak sama

teatimemagazine.com

Jangan samakan dengan pisau dapur, pisau yang disediakan saat jamuan resmi tentu berbeda dan bergantung pada hidangan yang disajikan. Butter spreader merupakan variasi paling kecil dari alat makan ini yang diletakkan di atas piring roti untuk menyebar mentega di atas roti.

Selain dinner knife untuk hidangan utama, perhatikan ujung pisau karena terdapat perbedaan kecil di antara variasi alat makan ini mulai dari fish knife yang berujung runcing dengan lekungan halus hingga dessert knife yang berujung tumpul.

whatsfordinner.com

Berbagai jenis alat makan dan variasinya dalam table setting ini memang perlu dipelajari dahulu agar tidak bingung saat memilih alat makan mana yang diperlukan untuk hidangan yang disajikan. Jangan takut jika tempat nongkrong yang kamu kunjungi tiba-tiba menyediakan berbagai peralatan makan seperti di atas.

Akan tetapi, tidak semua restoran memiliki alat makan di atas. Semua tergantung jenis makanan apa yang disajikan, misalnya restoran chinese food akan menyediakan sumpit dan sendok bebek selain sendok dan garpu biasa.

Mengetahui etika saat makan cantik juga perlu agar terlihat sopan dan profesional. Tips dari Kania jika kamu ragu atau lupa, gunakan alat makan mulai dari yang paling ujung luar sesuai dengan urutan datangnya hidangan.

Kalau kamu sedang mencari peralatan makan, Dekoruma jual Luminarc, merek alat makan terkenal dan aman untuk kesehatan. Selain itu, ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek ternama untuk kebutuhan tidurmu. Dekoruma jual King Koil, The Luxe, dan Airland.

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan aneka properti untuk tempat tinggal pribadi atau sarana berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dengan harga terbaik dari berbagai daerah, seperti rumah baru di BSD, Jakarta Selatan, Depok, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma sekarang juga!