Berencana mudik lebaran? Lupakan dilema meninggalkan rumah dan kecemasan atas keselamatan properti kalian.

Semua bisa disiasati dengan tips-tips supaya rumah aman walaupun ditinggal mudik lebaran hingga berhari-hari. Berikut Kania berikan tips agar mudik lebaran bebas dari kekhawatiran.

1. Penampilan rumah itu segalanya

nanosmartbulbs.com

Tips utama untuk rumah aman selama mudik lebaran adalah soal penampilan luar rumah. Jangan berikan kesan bahwa rumah sedang kosong dengan beberapa cara jitu,

Pertahankan penampilan rumah yang bersih dan segar. Sebelum mudik lebaran, pangkas rapi dan bersihkan bagian halaman supaya tidak terlihat berantakan seakan kamu berada di rumah dan rutin merawatnya.

aarp.org

Tidak perlu juga menutup semua tirai jendela karena hanya akan menambah kecurigaan kalau rumah sedang kosong ditinggal mudik lebaran. Hentikan juga langganan majalah atau surat kabar supaya tidak menumpuk di depan pintu atau minta tetangga untuk menyimpan surat yang diantarkan ke rumah.

Jangan matikan semua lampu rumah, baik pada bagian dalam atau luar rumah. Pertimbangkan juga teknologi smart lighting dengan timer untuk kamuflase rumah yang berpenghuni selama mudik lebaran yang efektif.

2. Simpan barang berharga dengan baik

dweberins.com

Tips yang satu ini mungkin terkesan simpel namun sering dianggap sepele. Jika ada barang berharga yang ada di rumah, maka sebaiknya disimpan dengan lebih saksama lagi semasa mudik lebaran.

Jangan biarkan benda berharga tergeletak di tempat biasa, misalnya di meja rias atau laci dalam lemari pakaian. Bahkan jika perlu, amankan benda-benda penting yang berharga ke brankas bank atau dititipkan di rumah keluarga yang lain supaya mudik lebaran makin nyaman.

3. Pastikan semua akses rumah terkunci

moving.com

Sebelum berangkat mudik lebaran, periksa kembali semua titik akses dalam rumah untuk memastikan keamanannya. Mulai dari pintu garasi, pintu lapis, pintu utama, pintu samping, jendela, teralis, hingga lubang angin dan sebagainya harus diperiksa dengan saksama kondisinya.

Supaya mudik lebaran tidak terganggu kecemasan, pastikan gembok dan kunci berfungsi dengan baik, tidak ada kunci serap tertinggal di luar dan sistem otomatis pintu sudah berfungsi maksimal.

4. Tidak sembarang memberi informasi

askmen.com

Ada baiknya tidak sembarangan memberi informasi mudik lebaran selain kepada sahabat atau keluarga dekat kalian. Di era teknologi zaman sekarang, kalian juga harus lebih hati-hati dengan penggunaan media sosial.

Jangan membagikan informasi mudik lebaran secara publik baik kapan, tujuan atau kondisi rumah nantinya.

5. Pastikan keamanan sumber listrik, air & titik api

falconerelectronics.com

Bukan hanya bahaya kemasukan maling selama mudik lebaran, kalian juga harus waspada dengan keselamatan rumah dari segi lain. Pastikan produk elektronik rumah tangga seperti kabel-kabel perangkat listrik yang tidak terpakai sudah dicabut dengan sempurna.

Titik-titik api dan air juga harus dipastikan sudah mati dengan total supaya tidak ada potensi banjir atau bocor, korsleting, kebakaran atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya saat mudik lebaran.

6. Minta bantuan tetangga atau teman

southshorelocksmiths.com

Dengan mengandalkan orang kepercayaan seperti tetangga, kerabat atau teman, maka keselamatan rumah selama mudik lebaran akan lebih terjamin. Cukup minta mereka untuk sekadar singgah dan memastikan kondisi rumah baik-baik saja.

Sebelum meminta tolong tetangga sebelum mudik lebaran, pastikan kalian juga siap untuk membalas jasa dengan menawarkan menjaga rumah saat mereka bepergian.

7. Lindungi dengan polis asuransi rumah

prettyinspiration.com

Proteksi terakhir yang boleh kalian pertimbangkan adalah dengan melindungi rumah dengan asuransi properti. Baik untuk saat mudik lebaran atau tidak, pemilik rumah bisa mendapatkan kenyamanan berupa perlindungan atas risiko kebanjiran, kebakaran, pencurian, dan lain sebagainya sesuai dengan jenis asuransi rumah yang diambil.

Pilih cakupan asuransi yang memadai dan pastikan polis rumah ini belum jatuh tempo sewaktu mudik lebaran.

shutterstock.com

Mudik lebaran memang momen yang ditunggu agar dapat menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, namun tentunya hunian kamu sekarang harus diamankan. Pastikan kamu mengikuti setiap tips mudik lebaran di atas agar hatimu tidak berat dan cemas akan keamanan dan keselamatan hunianmu.

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel dengan informasi bermanfaat lainnya, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru? Beragam jenis furnitur untuk hunianmu ada di Dekoruma, lho! Mulai dari sofa, meja makan, rak dinding, hingga kursi malas, semuanya tersedia. Dekoruma juga jual cangkir dan alat makan lain. Yuk, langsung saja cek selengkapnya di Dekoruma!