Kayu merupakan material favorit untuk diaplikasikan pada aneka perabotan rumah, kitchen set, ataupun perlengkapan interior lainnya. Tak hanya memilih kayu berkualitas baik, penggunaan pelapis kayu pun harus dilakukan secara cermat sehingga dapat menghasilkan penampilan yang cantik, awet dan tahan lama.

Dengan berbagai pilihan pelapis kayu di pasaran, ketahui setiap jenis dan manfaat dari penggunaannya di bawah ini

Pernis untuk Tampilan Natural

sndimg.com

Pelapis kayu pernis sangat pas diaplikasikan jika kamu menginginkan finishing kayu natural. Tersedia dalam look mengkilat dan matte, pernis bisa diaplikasikan secara mudah dengan mengoleskannya secara merata pada permukaan kayu.

Selain itu, pelapis ini pun memiliki ketahanan yang prima terhadap air maupun paparan sinar matahari. Namun, pastikan kamu mengaplikasikan pelapis kayu pernis secara rutin karena tergolong cepat pudar.

Minyak Kayu Jati untuk Kesan Natural Rustic

woodimprove.com

Pelapis kayu lainnya adalah minyak kayu jati yang bekerja dengan meresap ke dalam pori-pori kayu dan tidak membentuk lapisan film. Sayangnya, cairan pelapis kayu ini tidak tahan terhadap air dan goresan, serta lebih cepat pudar sehingga kamu harus melapisi kayu secara rutin.

Namun, jenis pelapis ini sangat pas digunakan sebagai finishing jika kamu ingin mendapatkan kesan rustic.

Politur untuk Tampilan Mengkilat

homedit.com

Selanjutnya adalah pelapis kayu politur yang berisi serlak berupa serpihan. Cukup melarutkan serlak dengan alkohol, pengaplikasian jenis pelapis ini bisa dilakukan secara mudah dengan memoleskannya pada permukaan kayu menggunakan kain.

Pelapis kayu politur dapat menghasilkan lapisan film pada kayu, membuat kayu semakin tebal, serta menghasilkan tampilan mengkilat.

Nitro Cellulose untuk Tampilan Halus

innovapolimer.com.tr

Ada pula cairan pelapis kayu bernama Nitro Cellulose (NC) yang diaplikasikan dengan cara dicampur dengan alkohol, lalu disemprotkan pada permukaan kayu.

Jenis pelapis ini memiliki keunggulan tahan air, namun rentan terkelupas jika diletakkan di bawah paparan sinar matahari. Terkait penampilan, pelapis kayu NC dapat menghasilkan finishing halus dan terkesan licin.

Polyurethane
untuk Perabot Outdoor

woodmagazine.com

Opsi pelapis kayu lainnya adalah Polyurethane (PU) yang dapat menghasilkan lapisan tebal untuk meningkatkan durabilitas kayu sehingga awet, tahan lama, tahan panas, tahan air, serta tahan goresan.

Dapat menghasilkan tampilan mengkilap dan halus, kekuatan yang prima dari pelapis kayu PU membuatnya sangat cocok untuk diaplikasikan pada furniture outdoor.

Melamin untuk Motif Variatif

bostoncleaningservices.in

Selanjutnya adalah pelapis kayu melamin yang juga tahan terhadap air, goresan, maupun benturan. Jenis pelapis ini tersedia dalam berbagai macam tampilan finishing, mulai dari doff, semi-glossy, hingga glossy.

Namun sayangnya, lapisan kayu ini mengandung bahan kimia yang tinggi sehingga kurang ramah lingkungan, serta lebih cepat pudar jika terpapar sinar matahari.

HPL untuk Furniture Estetik

panel.com

Selanjutnya adalah High Pressure Laminate (HPL) yang biasa digunakan sebagai pelapis kayu olahan untuk perabotan seperti MDF atau blockboard. Jenis pelapis ini diaplikasikan pada bagian luar furniture dengan menempelkan langsung menggunakan lem kayu.

Dijual dengan harga relatif murah dan bisa diaplikasikan secara cepat, pelapis kayu HPL tersedia dalam berbagai macam motif dan warna sehingga dapat meningkatkan estetika furnitur.

Veneer dengan Tampilan Alami

english.zeroone-pro.com

Di pasaran, kamu juga bisa menemukan pelapis kayu veneer yang dapat direkatkan pada kayu olahan untuk hasilkan tekstur yang identik dengan kayu solid. Dijual dalam bentuk lembaran, pemasangan pelapis veneer kayu harus dilakukan secara hati-hati karena kulitnya tergolong tipis.

PVC untuk Finishing Aneka Motif

visionentp.com

Terakhir adalah pelapis kayu PVC berupa plastik tipis yang memiliki tekstur menyerupai kayu asli dan terdiri dari berbagai motif. Direkatkan pada kayu olahan, jenis pelapis ini tersedia dalam ukuran panjang sehingga bisa disesuaikan menurut kebutuhan kamu. Sayangnya, pelapis kayu PVC memiliki bentuk yang cenderung tipis sehingga tidak tahan terhadap goresan.

Melalui ulasan di atas, diharapkan kamu bisa memilih pelapis kayu yang cocok untuk dipakai di hunian kamu. Pastikan tampilan akhir kayu sesuai dengan desain interior hunian secara keseluruhan, ya!

Jangan lupa hidupkan juga suasana rumahmu dengan menggunakan furnitur dari Dekoruma! Ada ragam jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual rak sepatu, meja makan, lemari dapur, kursi teras, hingga kasur dari merek-merek ternama, seperti kasur Serta dan King Koil. Lengkap banget, ‘kan?

Tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga jual aneka properti untuk kebutuhan tempat tinggalmu ataupun untuk berinvestasi, lho! Kamu bisa menemukan hunian dijual dari berbagai daerah, seperti rumah dijual di Jakarta Selatan, Bekasi, Depok, Tangerang, dan kawasan berkembang lainnya. Tunggu apa lagi? Yuk, temukan rumah impianmu di Dekoruma untuk menciptakan momen indah bersama keluarga!