Kegiatan mencuci pakaian bukanlah hal yang sulit di zaman sekarang karena sudah ada mesin cuci berteknologi tinggi dengan sejumlah pengaturan dan pengairan otomatis. Kamu hanya perlu memasukkan pakaian dan detergen ke dalam mesin cuci tersebut, kemudian menjemur pakaian ketika proses mencuci sudah selesai.

Apa sulitnya menjemur pakaian saat kamu hanya perlu mengeluarkan pakaian dari mesin cuci lalu menggantungnya di tempat terbuka yang terpapar sinar matahari? Tapi, kenyataannya tidak semudah itu karena masih ada banyak orang yang salah saat menjemur pakaian sehingga membuat warna pakaian cepat pudar atau bahannya melar.

Oleh karena itu, ayo hindari lima kesalahan umum saat menjemur pakaian berikut.

Menjemur pakaian dalam dengan kondisi terbalik

shutterstock.com

Kebanyakan orang akan mencuci dalam kondisi pakaian yang terbalik dan menjemur pakaian tersebut dalam kondisi yang sama pula. Untuk pakaian biasa, menjemur seperti ini memang bisa mencegah pemudaran warna.

Lain hal dengan pakaian dalam, debu dan kuman akan lebih mudah menempel dan malah akan memicu penyakit kulit, terutama bagi yang berkulit sensitif. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk menjemur pakaian dalam dengan kondisi seperti saat digunakan. Jika sudah kering, langsung lipat dan simpan di lemari pakaian.

Menjemur pakaian biasa tanpa dibalik

rd.com

Tadi sudah disampaikan kalau menjemur pakaian biasa harus dalam kondisi terbalik, yakni bagian dalam di luar dan bagian luar di dalam. Cara ini bisa memperlambat pemudaran warna dan sablon pada pakaian, apalagi ketika matahari sedang bersinar terik.

Sayangnya, ada beberapa orang yang malas membalik pakaiannya dan menjemurnya begitu saja. Untuk kamu yang merasa warna pakaiannya cepat pudar, ayo perbaiki kesalahan saat menjemur pakaian karena belum tentu kesalahan terletak pada bahan pakaiannya.

Tidak langsung menjemur setelah selesai mencuci

shutterstock.com

Ayo mengaku, siapa yang suka menunda menjemur pakaian seusai mesin cuci selesai beroperasi? Kania sarankan agar mengubah kebiasaan ini karena pakaian akan menjadi kusut dan bau apek karena putaran mesin cuci yang sangat cepat ketika proses pengeringan pakaian.

Jika tidak segera dijemur, udara panas akan terkumpul di dalam mesin cuci dan pakaian akan menjadi lembap lagi. Kalau sudah mendengar bunyi timer menandakan mesin cuci sudah selesai mencuci, langsung dijemur dan rapikan sebisa mungkin serat-serat pakaian yang kusut.

Tidak memperhatikan panasnya matahari

shutterstock.com

Sinar matahari yang terik memang dibutuhkan supaya proses menjemur pakaian berlangsung cepat. Namun, jika terlalu panas, bahan pakaian tertentu akan mudah mengeras, warna pakaian menjadi cepat pudar, bagian sablon juga berpeluang untuk mengelupas dengan mudah.

Sebaiknya, carilah tempat menjemur pakaian yang agak teduh seperti di bawah naungan pohon di halaman rumah atau di loteng yang beratapkan asbes bening.

Menjemur pakaian berbahan melar menggunakan gantungan

woolmark.com

Menjemur pakaian berbahan melar seperti sweater memang membutuhkan waktu lama dan beberapa orang menjemurnya seperti pakaian biasa dengan cara digantung pada gantungan baju atau dijepit di tali jemuran. Kesalahan cara menjemur pakaian seperti ini akan membuat jenis pakaian tersebut melar pada bagian bahu dan bagian bawah.

Cara yang paling tepat untuk menjemur pakaian berbahan melar adalah dengan memasukkannya dengan kondisi dilipat ke dalam jaring laundry. Air bisa menetes keluar dan serat pakaian akan tetap terjaga. Jika tidak ada jaring laundry, gunakan jemuran handuk dan lebarkan jenis pakaian ini pada tiang-tiangnya.

Sangat disayangkan, bukan, jika pakaian kesayangan kamu rusak hanya karena cara menjemur pakaian kamu selama ini ternyata salah? Yuk, hindari kesalahan-kesalahan di atas saat menjemur setelah sesi mencuci baju selanjutnya!

Jangan lupa baca artikel menarik lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual spring bed Dunlopillo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe.

Ada juga beragam furnitur dan dekorasi untuk mengisi setiap ruangan di hunianmu. Dekoruma jual kursi panjang, meja rias, sofa, cermin, lampu meja, kursi makan, rak dinding, dan masih banyak lagi. Selain model dan ukurannya beragam, harganya pun ramah di kantong. Lengkap banget, ‘kan?

Kamu sedang mencari hunian baru yang nyaman dan strategis? Lagi-lagi kamu bisa temukan di Dekoruma, tepatnya melalui Dekoruma Properti! Ada banyak pilihan rumah dijual dengan harga terbaik dari berbagai wilayah yang sedang berkembang di Jabodetabek, seperti rumah dijual di Depok, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan BSD. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!