Tanpa ngabuburit, puasa rasanya belum lengkap. Kebiasaan menunggu maghrib pada sore hari atau waktu buka puasa ini sering ditandai dengan berbagai kegiatan, baik yang dilewatkan bareng keluarga atau sahabat.

Namun, kata siapa ngabuburit di rumah pasti membosankan? Buat kalian yang bingung kegiatan ngabuburit apa yang seru untuk di rumah, cek dulu keenam aktivitas berikut!

Manjakan Diri di Rumah

whatmommydoes.com

Tak perlu ke spa, memanjakan diri saat ngabuburit bisa membuat kamu makin segar, terutama untuk menjaga penampilan yang bersih dan rapi sebagai bagian dari iman. Ada banyak cara sederhana untuk merawat diri sekaligus melepas penat di rumah.

Mulai dari menggunakan masker muka, memijat badan secara perlahan, hingga luluran bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang selama ngabuburit bersama keluarga.  Tidak ada salahnya kan sesekali tampil cantik dan segar sewaktu berbuka puasa?

Saatnya Berburu Kebutuhan Idul Fitri!

hawaiirenewable.com

Beruntung saat ini, ngabuburit sudah ditemani oleh teknologi smartphone dan akses Internet. Hiburan tidak akan habis walaupun kamu sudah menjelajah dan mengonsumsi segala informasi yang ada di Internet.

Mendekati hari Lebaran, kegiatan ngabuburit ini pastinya seru dengan berburu berbagai peralatan rumah tangga ataupun keperluan lainnya untuk Idul Fitri.

nordvpn.com

Belanja online selama bulan suci Ramadan juga biasanya diwarnai dengan banyak promo menarik, sehingga kalian butuh waktu untuk mencermati mana yang paling menguntungkan. Sambil santai browsing di rumah, dijamin waktu ngabuburit tak terasa lewat begitu saja.

Renovasi Kamar Biar Asyik

dekoruma.com

Sudah lama ingin memperindah interior ruangan? Nah, gunakan saja waktu ngabuburit ini untuk sedikit demi sedikit mengutak-atik rumah.

Mulai dari ruangan pribadi seperti kamar tidur, bersih-bersih dan tata ulang letak perabot. Lanjuti setiap hari waktu ngabuburit dengan merencanakan dekorasi Ramadan.

dekoruma.com

Jika kalian ambisius, bukan tidak mungkin renovasi interior rumah secara total bisa kalian lakukan secara perlahan dan pasti selama ngabuburit di bulan puasa.

Berkutat di Dapur

dekoruma.com

Menjajal resep baru untuk menu buka puasa atau membuat stok kue lebaran, semuanya bisa jadi ide ngabuburit seru yang positif. Manfaatkan saja waktu senggang di sore hari dengan memasak di dapur untuk hasil yang bikin senang keluarga.

Membuat kue lebaran juga adalah cara irit yang efektif untuk rasa yang berbeda dari kue siap beli. Jangan lupa juga jika ada sisanya, bagikan saja kepada tetangga atau mereka yang membutuhkan. Dijamin, kegiatan ngabuburit yang satu ini bikin amal ibadah semakin kaya.

Olahraga Ringan, Manfaat Besar

popsugar.com.au

Tahukah kamu kalau ternyata olahraga di rumah yang ringan bisa meningkatkan pasokan energi? Waktu menjelang berbuka puasa atau masa ngabuburit adalah momen yang paling pas untuk berolahraga ringan, sepanjang dilakukan tidak melebihi 60 menit lamanya. 

Pilih jenis olahraga yang tidak terlalu menuntut stamina seperti yoga. Lakukan di ruangan yang sejuk dan istirahat sejenak sebelum masa ngabuburit selesai.

Tuntaskan Rencana Mudik atau Liburan

shutterstock.com

Walau ngabuburit di rumah, kamu tetap bisa bersenang-senang merencanakan acara mudik atau liburan lebaran yang akan datang nantinya. Rencanakan dulu apa saja barang yang harus dibawa, kerjaan yang harus diselesaikan, anggaran biaya yang harus dikeluarkan dan juga aktivitas apa saja yang akan dijalani nantinya.

Kegiatan ngabuburit ini memang terkesan simpel, tapi liburan yang sempurna pastinya berawal dari perencanaan yang matang juga.

shutterstock.com

Dari keenam kegiatan ngabuburit di atas, adakah yang kamu akan coba? Saran Kania adalah tentukan apakah kamu ingin menghabiskan waktu bersama keluarga atau sendiri saja saat menunggu buka puasa. Dengan begitu, kamu pun bisa menentukan kegiatan ngabuburit yang cocok dan seru untuk kebahagiaan dirimu sendiri.

Jangan lupa kunjungi laman Dekoruma untuk membaca artikel menarik lainnya, ya!

Kamu sedang mencari furnitur baru? Dekoruma menyediakan aneka furnitur untuk rumahmu, mulai dari sofa minimalis, meja makan, rak dinding, hingga kursi malas. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual lampu gantung, lampu dinding, dan pencahayaan lainnya. Lengkap banget, ‘kan? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!