Hampir semua rumah memiliki loteng, sebuah lantai atau ruang paling atas yang identik dengan langit-langit berbentuk segitiga, kecuali pada desain rumah modern minimalis yang umumnya memiliki atap datar. Biasanya area ini hanya digunakan sebagai gudang atau bahkan tidak pernah terpikir untuk menggunakannya.

Sayang jika dibiarkan kumuh, loteng sebenarnya bisa dijadikan ruang tambahan untuk menunjang kegiatan penghuni rumah. Tidak percaya? Simak dulu enam model loteng rumah yang bikin betah berikut ini!

Ruang kerja praktis & minimalis

pinterest.com

Beberapa orang membutuhkan privasi dan ketenangan saat bekerja. Kalau kamu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja di rumah, sulap saja loteng menjadi ruang kerja bergaya minimalis serba putih seperti ini.

Lokasi loteng menjauhkan kamu dari hiruk pikuk penghuni rumah lainnya. Kamu pun bisa memiliki area penyimpanan dokumen yang lebih besar dan rapi serta meja dan kursi kantor sesuai selera. Beri pencahayaan yang baik dan karpet supaya lebih nyaman, pasti kamu akan betah berlama-lama mengurus pekerjaan.

Ruang bermain yang ceria

reinspire.me

Bagi keluarga kecil yang memiliki anak, tak hanya mainan, energi untuk bermain pun seakan-akan tidak ada habisnya. Bagaimana jika loteng dialihfungsikan sebagai ruang bermain anak sekaligus ruang TV untuk keluarga menghabiskan waktu bersama?

Simpanlah semua mainan mereka di kotak penyimpanan pada dinding supaya terlihat rapi. Sediakan aneka ragam bantal serta kursi lesehan dengan karpet. Agar loteng terkesan lebih ceria, gunakan warna terang seperti putih, kuning, dan merah pada interior ruangan ini.

Lokasi penyimpanan koleksi

pinterest.com

Sebagai salah satu bentuk hobi, membangun koleksi sepatu menjadi favorit kaum hawa dengan aneka jenis dan warna sepatu supaya bisa disesuaikan dengan gaya berpakaian setiap hari. Kalau kamu memiliki loteng berukuran kecil dan tidak terlalu nyaman untuk dihuni, transformasi saja sebagai rak sepatu dengan banyak slot.

Buatlah rak dan penyimpanan built-in dalam bentuk laci untuk menyimpan segala pernak-pernik koleksi yang kamu miliki. Tambahkan furnitur seperti kursi dan karpet agar kamu bisa memakai sepatu dengan mudah dan nyaman. Tak terbatas hanya sepatu, loteng juga cocok untuk memajang koleksi lain seperti buku, action figure, dan tas.

Kamar tidur ala Skandinavia

decoist.com

Salah satu keuntungan yang akan kamu dapat jika membangun kamar tidur di loteng adalah bisa mendapatkan pencahayaan alami berupa cahaya sinar matahari yang lebih banyak. Kamu pun pasti bisa lebih hemat listrik.

Kamar tidur di loteng yang menerapkan prinsip desain Skandinavia ini didominasi dengan material kayu untuk lantai dan penyangga langit-langitnya. Warna putih membuat kamar tidur ini terlihat lebih besar dari aslinya.

Loteng rumah ala kabin kayu pedesaan

homecrux.com

Sekilas, loteng rumah yang satu ini mengingatkan kita pada kenyamanan dan kehangatan kabin kayu di pedesaan. Ukuran kamar tidur ini mungkin terlihat sempit, tapi tetap nyaman dengan adanya pencahayaan alami. Material kayu pada rak buku dan dinding loteng ini pun berhasil menciptakan kesan yang hangat.

Manfaatkan kesan rustic pada loteng

home-designing.com

Jika jarak antar lantai loteng rumah dan langit-langitnya cukup tinggi, tidak ada salahnya untuk membangun kamar tidur dengan gaya rustic. Ruangan ini didominasi oleh material papan kayu berwarna cokelat tua dengan pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk dari jendela raksasa di tengah ruangan.

Dari keenam model loteng rumah yang sudah Kania sampaikan tadi, terbukti kalau loteng rumah memiliki banyak kegunaan dan layaknya disandingkan dengan ruangan lainnya di rumah. Desain interior ruang ini dibuat sebaik mungkin sehingga dijamin kamu akan betah berada di sana.

Kalau kamu kebingungan mencari furnitur yang tepat untuk loteng rumahmu, kamu bisa menemukannya di Dekoruma, lho! Dekoruma jual lemari pakaian, sofa, kursi malas, tempat tidur, hingga kursi & meja kantor. Model dan ukurannya pun beragam sehingga bisa disesuaikan dengan loteng rumahmu.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka kasur dan spring bed. Dekoruma jual kasur The Luxe, kasur King Koil, kasur Comforta, dan kasur Dunlopillo. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek di Dekoruma sebelum kehabisan!