Kamu punya rencana untuk merenovasi rumah? Pastikan, kamu membuat rencana keuangan yang matang karena biaya renovasi rumah memerlukan budget yang cukup besar mengingat biaya tukang dan harga material terus mengalami kenaikan.

Supaya sesuai dengan budget, Kania akan membagikan enam cara menghitung biaya renovasi rumah sederhana. Diharapkan, perencanaan ini membuatmu dapat meminimalisir pembengkakan biaya dan memaksimalkan budget yang dimiliki. Yuk, ketahui panduan menghitung biaya renovasi rumah di bawah ini!

Buat Skala Prioritas Renovasi Rumah

heartsapp.org

Mengikuti keinginan pribadi atau saran orang lain memang tak akan ada habisnya, malah dapat menambah biaya renovasi rumah yang kamu keluarkan. Oleh sebab itu, buatlah skala prioritas saat renovasi rumah, misalnya penambahan kamar tidur, reparasi atap rusak ataupun penggantian keramik. Dengan membuat skala prioritas dan menghindari godaan di tengah proses renovasi, biaya renovasi rumah yang kamu keluarkan akan lebih efisien.

Penghitungan Biaya Jasa Tukang

cravenandhargreaves.co.uk

Terdapat dua metode pembayaran jasa tukang yang berlaku dan perlu diperhatikan saat menghitung biaya renovasi rumah, yakni pembayaran harian atau borongan. Terkait pembayaran ini, kamu bisa menyesuaikannya dengan skala proyek renovasi. Pembayaran harian lebih efisien jika renovasi hunian tergolong minor.

Namun jika renovasi hunian tergolong besar, sebaiknya kamu memilih sistem borongan karena biaya renovasi rumah yang dikeluarkan sudah pasti dan kamu tak akan ditagih lagi meskipun proses pengerjaan molor diakibatkan oleh cuaca atau faktor lainnya. Namun perlu kamu ketahui, biaya renovasi rumah untuk jasa tukang ini belum termasuk biaya material.

Lebih Praktis dengan Sistem Borongan Penuh

entrepreneur.com

Jika biaya renovasi rumah di atas hanya berlaku untuk pembayaran jasa tukang, kamu pun mendapatkan opsi lain melalui sistem borongan penuh yang mencakup jasa tukang dan material. Untuk kamu yang ingin praktis dan memiliki budget tinggi, kamu bisa memilih opsi ini karena tak perlu repot memilih material bangunan yang bagus. Jika tertarik, pastikan kamu memilih penyedia sistem borongan penuh yang terpercaya, kredibel, bergaransi dan menawarkan aneka material berkualitas baik.

Utamakan Rencana Jangka Panjang

suburbanwoman.net

Penggunaan material berkualitas lebih disarankan karena bersifat jangka panjang. Untuk itu, saat membuat anggaran biaya renovasi rumah, pastikan kamu menentukan penggunaan material bangunan berkualitas baik karena meskipun harganya sedikit mahal, ketahanan rumah lebih terjamin.

Manfaatkan Material Bekas yang Layak Pakai

trianglehomez.com

Untuk meminimalisir pengeluaran biaya renovasi rumah, kamu pun bisa memanfaatkan material bekas di rumah seperti kayu bekas yang layak pakai. Jika daun pintu, genteng ataupun kaca di hunianmu masih dalam kondisi bagus, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya kembali untuk menghemat biaya renovasi rumah.

Kamu bisa memoles ulang material tersebut sehingga tampak baru dan sesuai dengan konsep hunian yang akan kamu usung. Sementara untuk dekorasi, kamu pun bisa menghemat biaya renovasi rumah lebih jauh dengan melakukan proyek DIY menggunakan barang bekas.

Cermat Menghitung Biaya Renovasi Rumah

propertysnake.org

Saat menghitung biaya renovasi rumah, kamu diharuskan teliti menyusun semua komponen pekerjaan, mulai dari tahapan awal, penentuan material, hingga tahapan finishing dengan berdiskusi bersama tukang, kontraktor ataupun toko material terpercaya yang kamu pilih.

Dalam menyusun biaya renovasi rumah, kamu bisa memprioritaskan material utama yang akan dibeli, mengingat keperluan sekunder seperti dekorasi bisa menyusul. Setelah kamu menentukan biaya renovasi rumah, pastikan kamu selalu fokus mengikuti rencana renovasi prioritas dan tidak tergiur dengan keinginan baru yang muncul sewaktu pengerjaan renovasi.

Cara menyusun biaya renovasi rumah di atas bisa kamu lakukan agar tetap mengikuti budget dan terhindar dari pemborosan. Nah, sudah siapkah kamu melakukan renovasi rumah?

Pastikan saat renovasi rumah, semua furnitur tersedia, ya! Dekoruma jual rak gantung, sofa, lemari pakaian, dan meja kerja yang bisa kamu hadirkan di rumah barumu. Tak hanya itu, Dekoruma juga jual kasur dari beragam merek dan material. Beberapa di antaranya adalah kasur Serta, Sleep Care, Comforta, dan Guhdo.

Percantik juga rumah kamu yang baru direnovasi dengan aneka dekorasi kekinian dari Dekoruma, seperti hiasan dinding, lampu gantung, karpet, cermin, poster, bahkan piring cantik untuk dipajang. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersam Dekoruma!