Tak hanya menjadi tempat ibadah bagi umat Islam, masjid kerap dipakai sebagai pusat kegiatan berbasis keagamaan lainnya, mulai dari kajian kitab suci, dakwah, hingga perayaan hari besar umat Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Namun, di era modern seperti sekarang, desain masjid semakin beragam dan keunikan tersendiri mulai dari desain masjid minimalis hingga perpaduan desain masjid klasik dan modern.

Berikut ialah beberapa desain masjid minimalis yang mewakili era modern dan perkembangan arsitektur Islam dengan tampilan bersih dan suci.

Masjid Al-Irsyad, Bandung Barat – Indonesia

archdaily.com

Masjid Al-Irsyad terletak di kawasan Padalarang, Bandung Barat. Desain masjid minimalis seluas 1.871 meter persegi ini dirancang oleh Ridwan Kamil dengan dominasi warna netral seperti hitam, putih dan abu-abu sehingga menjadikannya tampil sangat catchy, modern, sederhana, dan sedap dipandang.

Mengusung bentuk kotak menyerupai Kabah, desain masjid minimalis ini pun memanfaatkan material batu pada seluruh dindng, serta menggunakan desain arah kiblat yang terbuka sehingga jemaah dapat merasakan pemandangan alam yang indah sewaktu menjalankan ibadah salat.

Masjid Arcapita, Manama – Bahrain

wernersobek.de

Desain masjid minimalis yang satu ini menjadi ikon perkembangan arsitektur Islam di negara Bahrain. Terdiri dari bentuk bangunan unik menyerupai kubus dengan luas 750 meter persegi, Masjid Arcapita juga dilengkapi sebuah menara dengan tinggi 50 meter berbentuk persegi panjang.

Yang menarik, desain masjid minimalis ini terletak di ujung teluk Bahrain sehingga berhadapan dengan pemandangan kota yang sangat dramatis. Terkait bangunan, desain masjid minimalis ini didominasi material batu untuk menyeimbangkan cahaya dan udara panas, serta dilengkapi 50 jendela tidak langsung untuk minimalisir udara panas yang masuk ke dalam masjid.

Masjid Penzberg – Jerman

protenders.com

Meskipun umat Islam menjadi minoritas di kawasan Penzberg, Jerman, namun kawasan ini memiliki sebuah masjid indah yang mendapatkan penghargaan Wessobrunner Architekturpreis sebagai bangunan arsitektur terbaik di seluruh Negara Bagian Bayern. Yang menarik, Masjid Penzberg tak mengadopsi gaya arsitektur Turki Usmani seperti kebanyakan masjid lain di Jerman, namun mengusung desain masjid minimalis modern tanpa dilengkapi kubah dengan denah berbentuk huruf L.

archined.nl

Secara keseluruhan, desain masjid minimalis ini didominasi oleh material batu alam dinding berwarna pasir pantai dengan sebuah menara setinggi 13 meter yang disusun dari tiga buah kubus dari baja antikarat. Bahkan, desain masjid minimalis ini pun tidak dilengkapi pintu utama dari kayu berukir, melainkan pintu berbahan metal polos yang terlihat sangat modern. Yang paling unik, jendela besar sebagai sumber pencahayaan akan berubah menampilkan pola mirip kaligrafi saat malam hari.

Masjid Chandgaon, Chittagong – Bangladesh

architexturez.net

Desain masjid minimalis lainnya bisa kamu lihat pada Masjid Chandgaon yang terletak di kota Chittagon, Bangladesh. Desain masjid minimalis ini terlihat sangat modern dengan bentuk geometris dan didominasi warna putih sehingga tampak bersih.

archdaily.com

Meskipun mengusung konsep sederhana, namun desain masjid minimalis ini turut dilengkapi dengan material batu marmer pada lantai untuk menimbulkan kesan mewah dan estetik. Tidak hanya itu, desain masjid minimalis ini pun dilengkapi dengan halaman yang sangat luas untuk menampung kebutuhan ibadah, seperti salat Jumat.

Masjid Yeşilvadi, Istanbul – Turki

adnankazmaoglu.com

Meskipun kebanyakan masjid di Turki memiliki konsep arsitektur klasik yang khas dengan arsitektur Ottoman, namun Masjid Yeşilvadi tampak berbeda karena mengadopsi desain masjid minimalis modern. Mengadopsi desain masjid minimalis dan kontemporer, masjid ini dibangun dengan konstruksi beton bertulang dengan rupa yang sangat unik membentuk setengah lingkaran menyerupai sebuah planetarium.

architizer.com

Dengan desain masjid minimalis di mana dinding didominasi warna putih dan terdiri dari bebatuan alam dan kayu, terdapat kesan hangat sekaligus mewah yang terpancar dari masjid ini. Paling menarik, desain masjid minimalis ini memanfaatkan kubah sebagai ruangan utama masjid dan dipenuhi jendela pada keseluruhan bangunan untuk mengoptimalkan pencahayaan alami.

Kelima desain masjid minimalis di atas membuktikan bahwa arsitektur Islam dapat berkembang mengikuti zaman modern. Nah, dari lima desain masjid minimalis tersebut, masjid mana yang paling kamu suka?

Temukan berbagai macam furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di toko furniture online, Dekoruma! Dekoruma jual kursi, meja, karpet, kaligrafi, dan lemari. Pastinya dengan kualitas terjamin dan harga yang terjangkau.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari kasur Elite, King Koil, Comforta, Guhdo, hingga spring bed The Luxe tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!