Berbicara mengenai desain masjid yang berkesan, pasti yang akan terbayang di benak adalah desain masjid yang besar, megah, dengan kubah-kubah raksasa dilengkapi dengan ornamen-ornamen khas arsitektur Timur Tengah.

Namun, ternyata ada banyak sekali desain masjid yang justru terlihat unik dan berbeda dengan gaya desain masjid pada umumnya. Yuk, intip ragam desain masjid terunik dari berbagai penjuru dunia berikut!

The Great Mosque of Djenné, Mali

worldatlas.com

Desain masjid unik pertama berada di Mali. Terkenal dengan sebutan mud mosque, bangunan ini terlihat seperti benteng dengan pancang kayu yang ditancapkan pada sisi-sisinya, jelas berbeda dari masjid pada umumnya.

Terbuat dari ferey, batu bata tradisional yang dipanggang di bawah sinar matahari, semen yang terbuat dari pasir dan tanah liat serta material tradisional lainnya, desain masjid yang telah ada sejak abad ke-13 ini dianggap sebagai salah satu pencapaian arsitektur terbesar dari arsitektur Sudano-Sahelian.

Islamic Center Rijeka, Kroasia

ilmfeed.com

Kubah memang merupakan salah satu ciri khas dari masjid. Namun, Islamic Center Rijeka yang berada di Kroasia ini berbentuk seperti kubah sepenuhnya. Dengan dominasi warna keperakan, desain masjid yang menghadap ke Laut Adriatik ini sekilas terlihat seperti pesawat luar angkasa yang sangat modern, terutama karena menerapkan gaya desain futuristik.

Mohammed Nasser el Sabah Mosque, Kuwait

cls-led.com

Dibangun pada 1981 di Kuwait, Masjid Mohammed Nasser el Sabah mungkin merupakan satu-satunya desain masjid di dunia yang berbentuk layaknya piramida. Dikenal sebagai pyramid mosque, masjid ini berundak-undak mengerucut pada bagian puncak, desain masjid ini dilengkapi sebuah kubah pada bagian puncaknya.

Tak hanya sebagai tempat ibadah, di dalam desain masjid ini juga terdapat sebuah perpustakaan dan juga pusat riset Islam. Arsitektur paling menakjubkan terletak di aula tempat salat yang berada di dalam gedung berbentuk piramida sebesar 30 x 26 meter tersebut.

Education City Mosque, Qatar

architectural-review.com

Berada di kompleks Education City dalam Ar Rayyan di Qatar, desain masjid satu ini jelas tampil sangat berbeda berkat penerapan desain modern yang futuristik. Meskipun sangat modern, ada banyak makna filosofis yang terkandung di balik desainnya seperti keberadaan lima kolom raksasa yang melambangkan lima pilar dalam ajaran Islam, dan empat aliran air dari kebun-kebun di sekitarnya yang melambangkan anggur, susu, madu, dan air.

Meski didesain sangat futuristik, aksen kaligrafi Arab tetap dihadirkan pada bagian luar masjid yang menyerupai sayap pesawat dan di dalam masjid, tepatnya pada model plafon ruangan.

Masjid Muhammad Cheng Ho, Surabaya

theatlantic.com

Desain masjid unik selanjutnya berada di Indonesia, tepatnya di kota Surabaya. Berbeda dari arsitektur Islam pada umumnya, Masjid Muhammad Cheng Ho ini sekilas lebih mirip terlihat seperti kuil dibandingkan sebuah masjid.

Pengaruh budaya Tionghoa dan Jawa terpancar melalui desain masjid yang tak lepas dari kisah sejarah perjalanan Laksamana Cheng-Ho, seorang Laksamana asal Tiongkok yang memeluk ajaran Islam saat mengunjungi Nusantara. 

Masjid Menara Kudus, Indonesia

kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sebagai negara dengan penduduk Islam terbanyak di dunia, tentu tak sulit menemukan desain-desain masjid yang unik. Salah satunya adalah Masjid Menara Kudus yang merupakan salah satu masjid tertua di nusantara.

Dibangun sejak 1549, desain dari bangunan masjid ini banyak mendapatkan pengaruh dari ajaran Hindu-Budha yang kala itu umum ditemukan sehingga bangunan masjid ini terlihat layaknya candi-candi peninggalan kerajaan Hindu-Budha.

Lepas dari bayangan desain masjid pada umumnya, apakah kamu pernah menyangka bahwa masjid dapat mempunyai tampilan yang unik dan berbeda? Desain masjid terunik mana yang jadi desain favoritmu?

Sedang mencari furnitur dan dekorasi untuk menghidupkan suasana hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual kursi makan, rak dinding, tirai, karpet, sofa, dan masih banyak lagi.

Tak hanya itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari kasur Florence, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!