Di akhir tahun 2016 lalu, kita disibukkan dengan berbagai acara mulai dari perayaan Hari Ibu, Natal sampai Tahun Baru. Nah, tahun 2017 ini juga nggak kalah seru loh dengan berbagai perayaan. Mulai dari Imlek sampai Hari Valentine, Kania sudah nggak sabar untuk merayakan berbagai acara seru di awal tahun ini, hihi.

Biasanya yang bikin tambah semangat dan terasa perayaannya sih karena adanya unsur dekorasi di rumah Kania. Untuk menciptakan perayaan yang mengesankan, tentunya kamu perlu mempersiapkan beberapa hal. Tapi bukan berarti kamu harus melakukan sesuatu yang merepotkan loh.

 

Untuk urusan dekorasi, Kania sendiri selalu membuat sesuatu yang simpel. Seringnya sih Kania membeli atau membuatnya sendiri dengan inspirasi DIY ini. Kehadiran dekorasi ini berguna untuk menciptakan atmosfer yang penuh dengan selebrasi di rumah.

Nah, dalam rangka Tahun Baru Imlek ini, Kania berencana untuk membuat sebuah DIY yang simpel tapi impactful. DIY tersebut tak lain dan tak bukan adalah bunga kertas berbentuk peoni.

Bahan:

  • Kertas warna-warni ukuran A4
  • Template bunga peoni (dapat diunduh di sini)
  • Gunting
  • Lem kertas
  • Lem tembak
  • Double tape
  • Pensil atau pulpen

 

Kokoji Florist Carnation RedThe Storage Shoppe Ribbon Board Red | DT Shop Gunting 5 Lapis

 

Cara Pembuatan:

1. Cetak template bunga peoni tersebut ke kertas yang agak tebal kemudian gunting sesuai dengan garis atau outline.

2. Lipat kertas berwarnamu supaya terbagi menjadi 4 sisi yang sama besar menyesuaikan dengan lebar kertas seperti gambar di bawah ini.

3. Dengan menggunakan template kelopak ukuran sedang, tandai kertas yang sudah kamu lipat tadi. Kemudian gunting sesuai dengan bentuk kelopak tersebut.

4. Gunting sekitar 2 cm di tengah kelopak bagian bawah.

5. Lem bagian bawah kelopak. Setelah itu, tempelkan kelopak di dasar bunga dengan posisi seperti gambar di bawah ini.

6. Tambahkan kelopak secara asimetris sampai kamu menyelesaikan lapisan pertama. Setelah itu tambahkan lagi lapisan berikutnya sampai dasar bunga terpenuhi dengan kelopak. Akan lebih cantik kalau kamu menyusunnya dengan asimetris ketimbang berderetan.

7. Untuk membuat putik bunga, ambil kertas dengan warna lain lalu lipat menjadi 4 sisi sama besar menyesuaikan dengan panjang kertas.

8. Gunting salah satu bagian kemudian lipat menjadi dua.

9. Gunting dengan garis-garis tipis kurang lebih 5 mm di bagian yang terkena lipatan. Gulung kertas tersebut dan lem di ujung kertas. Setelah itu kamu bisa melebarkan rumbai-rumbai kertasnya.

10. Terakhir, tempelkan putik bunga tersebut ke bagian tengah dasar bunga dengan menggunakan lem tembak.

Ta-da! Tidak sulit bukan? Untuk membuatnya dengan ukuran yang berbeda, kamu cukup menyesuaikan ukuran kertasnya dengan template bunga peoni yang sudah ada.

Selain sebagai dekorasi Imlek, kamu bisa menggunakannya untuk acara lain juga loh. Kalau di sini, Kania sengaja memilih warna merah dan kuning tua supaya cocok dengan nuansa Imlek. Tapi kamu juga bisa menyesuaikan warna bunganya dengan warna tema acara kamu. Contohnya warna pastel untuk ulang tahun anak perempuan atau warna hitam putih untuk kesan yang lebih elegan.

 

Itu dia kreasi DIY yang bisa kamu coba di permulaan tahun ini. Sudah siap mencoba? Selamat berkreasi!

Temukan beragam dekorasi dan furnitur untuk hunianmu di Dekoruma! Selain itu, Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur dengan berbagai pilihan material dan merek ternama untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual Guhdo, King Koil, Lady Americana, dan The Luxe. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!

Sumber dari Bride and Breakfast