Rumah tradisional Jepang merupakan salah satu jenis arsitektur yang memiliki kekhasan yang menarik. Elemen tradisional dari rumah Jepang bahkan masih banyak diterapkan dalam hunian-hunian modern bergaya Jepang.

Tertarik untuk menerapkan elemen-elemen dari rumah tradisional Jepang yang khas? Kenal lebih dalam mengenai rumah tradisional Jepang beserta elemen arsitektur khas Jepang yang patut dicontoh pada hunianmu.

Genkan: Ruang Transisi antara Outdoor dan Indoor

nisekoprojects.com

Saat mengunjungi rumah tradisional Jepang, hal pertama yang terlihat adalah area Genkan, yaitu area dalam rumah setelah pintu utama yang lebih rendah dari lantai rumah. Berfungsi sebagai transisi antara luar dan dalam rumah, di sinilah tempat menaruh sepatu di rak sepatu dan memakai sandal atau alas kaki di dalam rumah.

Mushiko Mado: Pintu Geser dengan Celah Kecil

dwell.com

Ciri khas dari arsitektur rumah tradisional Jepang adalah penggunaan pintu geser. Pada pintu utama, umumnya digunakan Mushiko Mado, pintu geser yang memiliki celah-celah kecil. Selain itu, ada juga model pintu geser Shoji yang memiliki celah lebih besar, namun dilapisi dengan kertas untuk memberikan penerangan dari luar rumah.

Tatami: Lantai dari Anyaman Jerami

apts.jp

Tatami merupakan lantai khas pada rumah tradisional Jepang yang terbuat dari anyaman jerami Igusa. Material ini digunakan karena mampu membuat rumah terasa sejuk pada musim panas, namun tetap hangat di musim dingin. Sebagai salah satu elemen khas dari rumah Jepang yang sangat populer, tatami masih sering ditemukan pada rumah-rumah Jepang masa kini. Biasanya kamu akan menemukan beberapa kursi lesehan sebagai alas duduk.

Tokonama: Ruang untuk Pajangan dan Benda Artistik

pinterest.com

Memasuki ruangan di dalam rumah tradisional Jepang, kamu bisa menemukan lantai yang pada salah satu sisi ruangan yang memiliki ketinggian level berbeda. Bagian ini dikenal sebagai Tokonama, yang biasanya digunakan untuk meletakkan dekorasi artistik seperti lukisan, rangkaian bunga ikebana, dan sejenisnya.

Byobu: Partisi Artistik Khas Rumah Tradisional Jepang

why.kyoto

Elemen khas rumah tradisional Jepang selanjutnya adalah Byobu, partisi ruangan lipat yang digunakan untuk memisahkan ruang. Selain memisahkan ruang, Byobu umumnya dibuat dengan lukisan yang artistik khas rumah Jepang. Sampai saat ini, Byobu masih banyak dicari dan digunakan sebagai unsur dekoratif karena keindahan keseniannya.

Engawa: Koridor Luar Rumah Tradisional Jepang

matcha-jp.com

Pada rumah tradisional Jepang, kamu juga akan menemukan koridor yang berada di luar rumah sebelum memasuki bagian dalam rumah. Elemen pada rumah Jepang satu ini dikenal dengan nama Engawa yang memisahkan bagian dalam rumah dengan bagian luar rumah. Keberadaan Engawa sangatlah umum sehingga tak jarang kamu melihatnya pada film-film ataupun kartun Jepang.

Elemen Kayu pada Rumah Tradisional Jepang

seejapan.co.uk

Arsitektur rumah tradisional Jepang sangat menghargai hubungan antara bangunan dan juga alam. Selain bisa dilihat dari bentuk rumah Jepang tersendiri, sisi alami dari rumah tradisional Jepang bisa dilihat dari banyaknya penggunaan material kayu.

Material kayu pada arsitektur khas Jepang umumnya tidak memiliki finishing, selain coating demi daya tahan kayu tersebut. Tampilan alami dari urat dan warna kayu justru merupakan nilai estetika alami tersendiri dari rumah tradisional Jepang.

pinterest.com

Itulah beberapa elemen khas yang umum ditemukan pada arsitektur rumah tradisional Jepang. Berbagai elemen khas tersebut kerap dimodifikasi pada desain rumah masa kini yang modern dan minimalis. Tertarik untuk menerapkan elemen khas rumah tradisional Jepang tersebut pada rumah impianmu? Elemen khas rumah tradisional Jepang mana yang paling kamu sukai?

Terakhir, jangan lupa lengkapi hunian khas Jepangmu dengan furnitur berkualitas, ya! Kabar baiknya, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur di Dekoruma, lho. Dekoruma jual sofa bed, meja makan, lemari pakaian, meja tv, dan rak dinding dengan beragam model serta ukuran.

Selain furnitur di atas, ada juga berbagai jenis kasur dari merek-merek terkenal untuk menemani tidur nyenyakmu. Dekoruma jual kasur The Luxe, King Koil, Alga, dan Guhdo. Tunggu apa lagi? Yuk, cari semua produk keperluan rumahmu di Dekoruma!