Trik Membuat Aquarium Sendiri di Rumah

Selain memperindah ruangan, memelihara ikan sebagai hewan peliharaan di rumah bisa membebaskanmu dari stres, membuat pikiran rileks, bahkan mendatangkan hoki bagi pemilik hunian jika memelihara jenis ikan tertentu. Wajar jika kamu perlu mengetahui cara membuat aquarium sederhana untuk tempat tinggal ikan tersebut.

Selain membuat kolam ikan, alternatif lainnya adalah memelihara ikan di aquarium. Tidak perlu pembongkaran, mengikuti panduan dan cara membuat aquarium bisa menjadi pertimbangan, terutama karena bisa digunakan sebagai elemen dekorasi estetik dan natural yang fleksibel di dalam hunian.

Dengan mengandalkan kreativitas, ternyata kamu bisa melakukan cara membuat aquarium sederhana ini sebagai proyek DIY di rumah! Buat kamu yang tertarik membuatnya, ayo ikuti panduan dan cara membuat aquarium dari Kania berikut ini:

1. Tentukan jumlah ikan dan ukuran aquarium

thewirecutter.com

Salah satu alasan mengapa kamu mencari cara membuat aquarium karena ingin memiliki ikan hias di rumah. Tentu kamu sudah terpikirkan jenis dan jumlah ikan yang ingin dipelihara. Jika ikan peliharaan akan sedikit dan berukuran kecil, tak ada salahnya menghemat biaya dan membuat aquarium mini saja.

Sebaliknya, jika kamu ingin memelihara ikan dengan jumlah yang banyak dan ukuran ikan lebih besar, maka kamu harus memiliki aquarium yang juga berukuran besar. Saat melanjutkan ke rangkaian cara membuat aquarium, pastikan kamu sudah mempertimbangkan lokasi peletakkan aquarium agar sesuai dengan ukuran akuarium yang telah kamu tentukan berdasarkan jumlah dan ukuran ikan.

2. Menyiapkan material dan peralatan untuk membuat aquarium

shutterstock.com

Sebelum memulai rangkaian cara membuat aquarium, siapkan material dan peralatan atau perkakas terlebih dahulu yang sekiranya diperlukan.

Material yang dibutuhkan adalah:

1. Kaca

2. Pipa air

Peralatan atau perkakas yang dibutuhkan adalah:

1.  Alat lem tembak

2. Lem silikon

3. Pisau cutter

4. Lakban

5. Spidol

6. Penggaris

Setelah menyiapkan semua bahan dan peralatan, pastikan tempat untuk membuat dan menaruh aquarium ini pun sudah kosong, ya! Hal ini bertujuan agar kamu tidak perlu khawatir akan merusak furnitur lainnya saat melakukan proses cara membuat aquarium ini.

3. Rencanakan desain aquarium

wikimedia.org

Rangkaian cara membuat aquarium ini dimulai dengan menentukan desain yang kamu inginkan. Umumnya, bentuk aquarium hanya berupa segiempat dengan sisi atas terbuka. Namun, tak ada salahnya memikirkan desain akuarium unik agar dapat sekaligus menjadi dekorasi dalam ruangan. Setelah menentukan desain aquarium yang diinginkan, dengan demikian kamu bisa melanjutkan ke tahap cara membuat aquarium selanjutnya.

4. Potong kaca sesuai dengan desain aquarium

infoikan.com

Tahap selanjutnya dalam rangkaian cara membuat aquarium adalah memotong material kaca sesuai dengan desain yang sudah dirancang. Untuk proses memotong kaca, lebih baik kamu menggunakan jasa potong kaca yang memang sudah ahli agar lebih aman dan hasilnya lebih rapi. Jangan lupa untuk meminta penyedia jasa potong kaca untuk menghaluskan pinggiran kaca bekas potongan dengan batu asahan atau gerinda agar tidak membahayakan kamu saat menjalankan cara membuat aquarium sederhana ini. Setelah itu, persiapkan kaca yang telah dipotong menurut spesifikasi ukuran dalam desain untuk ke tahap selanjutnya.

5. Kosntruksi kerangka aquarium dan isinya

beautifuldragons.com

Setelah pemotongan kaca selesai dilakukan, kamu bisa memulai rangkaian cara membuat aquarium dengan menyatukan kaca. Supaya kaca tidak bergeser, kamu bisa menggunakan lakban sebagai penahan yang juga berfungsi sebagai pembatas supaya lem material kaca dari silikon yang akan dioleskan tidak merembet ke bagian lain.

Selanjutnya, cara membuat aquarium ini ialah dengan menyatukan potongon kaca dengan lem silikon menggunakan alat lem tembak. Tunggu hingga lem kering, lalu lepas lakban dan rapikan sisa-sisa lem yang menempel menggunakan pisau cutter.

6. Memasang Pipa pada Aquarium

pinterest.com

Jika kamu sukses melakukan cara membuat aquarium di atas, kamu bisa melakukan pengecekan apakah aquariumnya bocor atau tidak dengan memasukkan air ke dalam aquarium. Jika tidak bocor, maka waktunya menyelesaikan cara membuat aquarium ini dengan menambahkan pipa air dan filter air untuk menunjang hidup ikan di dalam aquarium. Pastikan kamu menggunakan pipa dengan kualitas bahan yang baik agar lebih awet.

7. Menambahkan hiasan pada aquarium

shutterstock.com

Setelah selesai memasang pipa dalam rangkaian cara membuat aquarium sederhana ini, kamu bisa menambahkan hiasan aquarium sesuai keinginan. Hiasan atau dekorasi aquarium ikan yang biasanya digunakan adalah pasir, batu-batuan, background aquarium, lampu, dan batu karang.

Tak hanya membuat tampilan aquarium jadi cantik, hiasan-hiasan tersebut yang juga sering digunakan pada aquascape sederhana dapat membuat ikan lebih senang dengan bermain-main di sekitarnya. Selain itu, kamu pun bisa berkreasi sesuka hati.

8. Memasukkan ikan ke dalam aquarium

thesprucepets.com

Jika kamu menganggap cara membuat aquarium sudah selesai, tunggu dulu! Pastikan air sudah tertuang hingga penuh secara perlahan supaya tidak merusak instalasi peralatan, kemudian mengaktifkan peralatan aquarium dan membiarkan air aquarium tersaring untuk menghindari racun.

Jika perlu, kamu juga bisa meneteskan obat pensteril air sehingga pH air lebih cocok untuk hidup ikan. Setelah mensterilkan air di dalam aquarium selama semalaman, kini cara membuat aquarium telah selesai dan aquarium siap kamu gunakan untuk diisi dengan ikan hias yang kamu inginkan.

Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat aquarium di atas? Silahkan praktikkan panduan dan cara membuat aquarium untuk menambah elemen natural di hunian dan tentunya memberikan efek rileks dan sejuk di dalam ruangan rumah. Selamat mencoba!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Dekoruma bisa jadi tempat yang tepat, lho! Dekoruma jual kursi teras, meja makan, sofa, dan lemari pakaian dengan model serta ukuran yang beragam.

Selain furnitur, ada juga aneka dekorasi kekinian yang siap menghiasi rumahmu. Dekoruma jual jam dinding unik, pajangan meja, cermin, lukisan, dan masih banyak lagi. Yuk, langsung saja cari semua kebutuhan rumahmu di Dekoruma!