Polusi di kawasan perkotaan menjadi isu serius karena selain menjadi sumber penyakit, juga dapat membuat suhu di lingkungan rumah menjadi panas. Salah satu solusi, kamu bisa menempatkan jenis jenis tanaman hias supaya hunian menjadi asri dan sehat.

Selain sebagai penghijauan, variasi dari jenis jenis tanaman hias juga dapat kamu manfaatkan sebagai dekorasi agar tampilan hunian semakin indah. Apa saja jenis jenis tanaman hias yang bisa kamu rawat di rumah? Untuk lebih lengkapnya, ayo simak rekomendasi jenis jenis tanaman hias dari Kania berikut ini:

Lidah Mertua

amazon.com

Jenis jenis tanaman hias pertama adalah lidah mertua atau Sansevieria. Memiliki rupa unik dengan corak khas dan ujung daun yang tajam, lidah mertua tak hanya sangat ideal difungsikan sebagai dekor interior, namun memiliki manfaat lain yakni menghilangkan bau tak sedap, menetralisir polutan dan menyerap radiasi. Lebih menarik lagi, dari jenis jenis tanaman hias, tanaman ini pun sangat mudah dalam segi perawatan, lho!

Lavender

homespad.com

Jenis jenis tanaman hias selanjutnya adalah bunga lavender yang memiliki warna ungu kebiruan cantik yang sekaligus bisa berperan sebagai dekorasi natural di dalam ruangan. Tak hanya indah, aroma yang dikeluarkan oleh bunga lavender juga sangat ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk dan dapat difungsikan sebagai aromaterapi.

Sirih Gading

thebalconygarden.com.au

Sirih Gading merupakan jenis jenis tanaman hias merambat yang bisa disimpan dengan cara digantung. Dari berbagai jenis jenis tanaman hias, ia cocok dimiliki oleh pemula karena memerlukan teknik perawatan yang simpel. Sirih Gading juga memiliki tampilan cantik dengan warna hijau cerah bercorak putih untuk hasilkan kesan asri di hunian.

Kuping Gajah

dekoruma.com

Memiliki nama latin Anthurium Crystallinum, jenis jenis tanaman hias daun bernama Kuping Gajah sangat mudah ditemukan di Indonesia. Dari jenis jenis tanaman hias daun, ia identik dengan ukuran daun yang besar berbentuk hati serta memiliki warna hijau kemerahan yang sangat unik.

Tak sekadar dapat difungsikan sebagai dekorasi, jenis jenis tanaman hias Kuping Gajah dipercaya dapat mendatangkan rejeki menurut Feng Shui.

Tanduk Rusa

gardenista.com

Selanjutnya adalah tanduk rusa yang memiliki tampilan eksotis sehingga kehadirannya dapat memberikan nuansa tropis di hunian. Tanduk Rusa merupakan salah satu dari jenis jenis tanaman hias gantung atau dapat ditanam melalui media tanaman lain yang lebih besar.

Namun, perlu diperhatikan bahwa tanduk rusa merupakan salah satu dari jenis jenis tanaman hias yang memerlukan perawatan yang cukup intensif, di mana kamu setidaknya harus menyiramnya satu minggu sekali dengan mencabutnya terlebih dulu dari media tanam dan menempatkannya kembali setelah kering.

Monstera

shutterstock.com

Cocok difungsikan sebagai dekorasi interior minimalis, monstera merupakan jenis jenis tanaman hias merambat yang berasal dari Meksiko. Jenis jenis tanaman hias ini memiliki karakter unik dengan daun berwarna hijau berlubang dan mengkilap sehingga mampu memberikan nuansa hutan tropis yang asri di ruangan.

Lebih menarik lagi, monstera pun termasuk jenis jenis tanaman hias yang mudah dirawat dan tidak memerlukan cahaya matahari melimpah sehingga aman ditempatkan di ruangan yang minim pencahayaan alami.

Kaktus

shutterstock.com

Meskipun banyak yang menganggap bahwa kaktus merupakan jenis jenis tanaman hias dekorasi, namun ternyata juga memiliki fungsi karena dapat memproduksi oksigen yang dibutuhkan manusia, serta dapat menetralisir efek radiasi dari berbagai alat elektronik di rumah.

Selain itu, jenis jenis tanaman hias berduri ini pun terdiri dari berbagai varietas yang bisa kamu pilih sesuka hati, serta memerlukan perawatan yang sangat sederhana karena bisa bertahan hidup meskipun dengan sedikit air. Meski demikian, pastikan kamu tetap menerapkan cara merawat kaktus yang tepat agar dapat tumbuh subur.

shutterstock.com

Jenis jenis tanaman hias di atas sangat cocok ditempatkan di rumah karena dapat menghadirkan nuansa sejuk dan menerapkan prinsip rumah sehat. Lantas, apakah ulasan Kania di atas membuatmu tertarik untuk merawat tanaman hias?

Temukan artikel seputar home and living lainnya hanya di Dekoruma! Selain artikel, Dekoruma juga jual furnitur, dekorasi, dan peralatan rumah tangga untuk melengkapi hunianmu. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma!