Perbedaan iklim di setiap daerah turut memengaruhi jenis jenis tanaman hias apa saja yang bisa tumbuh dengan subur. Tanaman tropis dapat menjadi andalan ketika memilih tanaman untuk menjadikan hunian lebih asri, terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Tampil estetik menghiasi taman rumah, kehadiran tanaman tropis pada hunian diperlukan agar tak perlu repot memikirkan ketahanan tanaman dalam cuaca Indonesia yang sangat panas. Daripada salah tanam, ketahui terlebih dahulu tanaman tropis apa saja yang cocok untuk hunian di Indonesia.

Tanaman tropis melati

gardenersworld.com

Tumbuh subur di bawah sinar matahari yang terik, melati putih dikenal sebagai “Puspa Bangsa” yang melambangkan kesucian. Tanaman tropis ini merupakan simbol negara yang mempunyai daun yang lebat juga sehingga mampu membuat hunian menjadi lebih asri.

Bunga melati atau Jasminum Sambac termasuk dalam kategori tanaman merambat dan semak. Tanaman tropis ini memiliki bunga yang begitu harum sehingga hunianmu tidak hanya akan asri, tapi juga memiliki aromaterapi yang alami.

Pohon palem hias

pinterest.com

Menanam pohon palem di halaman rumah jarang dilakukan karena tanaman palem umumnya tumbuh tinggi dan besar. Namun, tanaman tropis ini ternyata memiliki varietas kecil yang dikenal sebagai palem hias.

Walaupun dapat tumbuh subur di daerah bersuhu sekitar 20-35 derajat Celsius, jangan sampai menyiram tanaman tropis ini sampai air menggenang karena dapat menyebabkan palem hias membusuk. Daun-daunnya yang berbentuk jemari akan membuat halaman rumah terlihat cantik dan teduh.

Tanaman tropis geranium

hgtv.com

Sebagai salah satu tanaman tropis, bunga geranium membutuhkan asupan sinar matahari setidaknya 6 jam per hari. Kebutuhan asupan airnya pun sedikit sehingga bisa tumbuh subur di daerah tropis. Bunganya terdiri atas beragam warna seperti merah, ungu, putih, ataupun gabungan dari dua warna sekaligus.

Tampilan bunga ini sangat cocok untuk menghias taman rumah minimalis serta teras hunian. Alasan lain mengapa bunga geranium menjadi tanaman tropis yang tepat untuk hunianmu adalah karena ampuh sebagai tanaman pengusir nyamuk setiap saat juga.

Tanaman tropis agave

pinterest.com

Lebih dikenal sebagai tanaman agave di Indonesia, tanaman furcraea tergolong sebagai tanaman semak semak. Memiliki daun-daun panjang dengan warna hijau muda dan garis warna kuning, tanaman tropis ini dapat ditanam di sekitar kolam atau pagar rumah. Apabila dirawat dengan baik, furcraea bisa hidup hingga 20 tahun.

Tanaman tropis tabebuya

shutterstock.com

Ingatkah kamu akan pemandangan pohon sakura yang mempercantik jalanan di Surabaya? Ternyata pohon tersebut bukanlah pohon sakura, melainkan tanaman tropis bernama pohon tabebuya.

Selain bunga yang tumbuh lebat layaknya pohon sakura, bentuk bunga dari tanaman tropis ini menyerupai terompet dan mempunyai varietas dengan warna bunga berbeda-beda mulai dari warna pink, kuning, magenta, serta merah.

shutterstock.com

Tanaman tropis tabebuya mampu bertahan hidup di bawah terpaan sinar matahari terik, tanah lembap, dan lingkungan kering. Tapi pada musim kemarau, kamu harus memberi air secara rutin. Tabebuya bisa tumbuh mencapai 12 meter sehingga lebih cocok untuk ditanam di luar rumah.

Pohon cemara kipas

addrun.org

Pohon cemara tidak hanya ditemukan di pegunungan saja, tapi bisa di halaman rumah juga. Salah satu jenis cemara yang cocok ditanam di halaman rumah adalah cemara kipas yang juga termasuk tanaman tropis. Daun-daunnya seperti duri membentuk kipas dengan warna hijau tua.

Perawatan tanaman tropis ini cukup mudah, hanya perlu diberi air secara rutin supaya daun tidak rontok. Karena cemara kipas ini bisa tumbuh tinggi, sebaiknya ditanam di sudut halaman rumah dan pangkas batang bagian atas secara berkala.

Sekarang saatnya untuk menentukan tanaman tropis yang akan kamu tanam di hunian! Dari semua tanaman di atas, apakah ada yang kamu tertarik untuk tanam dalam taman rumah?

Temukan aneka furnitur multifungsi untuk hunianmu di toko furniture online, Dekoruma! Dekoruma jual rak display, sofa, meja makan, tempat tidur, dan lemari pakaian.

Selain furnitur, Dekoruma juga menyediakan perlengkapan makan dan minum dari berbagai merek ternama, seperti Luminarc dan Nakami. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek dan kepoin laman Dekoruma!