Tak kalah dengan peralatan dapur ataupun perangkat elektronik lainnya, panci presto hadir sebagai jawaban atas persoalan memasak di dapur yang lebih efisien. Inovasi peralatan dapur tersebut memberikan banyak manfaat untuk mempermudah kegiatan memasak dan membuat hidangan jauh lebih praktis.

Memasak dengan Panci Presto

archanaskitchen.com

Berbentuk seperti panci pada umumnya, panci presto atau pressure cooker merupakan alat masak modern yang memanfaatkan uap air dengan tekanan tinggi saat memasak. Berbeda dari slow cooker dan instant pot, alat masak ini bertujuan untuk memasak suatu hidangan dengan lebih cepat dan lebih higienis.

  • Masak Lebih Cepat

youtube.com

Fungsi utama dari penggunaan panci presto adalah efisiensi waktu dalam memasak. Alat masak modern ini bekerja dengan mengunci uap hingga suhu di dalam panci bertekanan tinggi di atas 100 derajat Celsius sehingga proses memasak bisa lebih cepat hingga 70 persen dengan penggunaan energi 50 persen lebih kecil.

  • Menghemat Bahan Bakar

thewirecutter.com

Proses memasak di rumah yang ekstra cepat membuatmu dapat menghemat penggunaan bahan bakar gas. Penggunaan panci presto secara efektif dapat meminimalisir anggaran untuk keperluan gas dan membuatmu bisa mengalokasikan anggaran untuk keperluan rumah tangga lainnya ataupun menjadi simpanan darurat.

  • Membuat Gizi Makanan Tetap Utuh

standard.co.uk

Khusus kamu yang menggunakan panci presto untuk mengukus bahan makanan, vitamin yang dimiliki oleh makanan tersebut tidak akan hancur karena terkontaminasi oksigen maupun sinar. Saat memasak, udara akan tergantikan oleh uap yang dihasilkan panci presto, dan penutup panci yang sangat rapat akan menghindari masuknya cahaya.

  • Membuat Dapur Tetap Bersih

epicurious.com

Memasak menggunakan wajan ataupun panci model biasa cenderung meninggalkan uap, residu dan minyak di dapur. Namun, penggunaan panci presto dapat membuat dapur kesayanganmu tetap bersih terjaga karena segala proses memasak terbatas hanya dalam panci tersebut.

Variasi Panci Presto di Pasaran

nutritionfacts.org

Panci presto tersedia dalam dua model, yakni konvensional dan elektrik. Untuk panci presto konvensional, kamu bisa memilih varian yang terbuat dari material stainless steel yang cenderung lebih awet dan tidak mudah berkarat atau panci presto varian berbahan alumunium yang mempunyai bobot lebih ringan dan dijual dengan harga ekonomis.

Saat ini, model panci presto elektrik yang sudah dilengkapi dengan sederet fitur canggih seperti timer, membuat proses memasak lebih fleksibel karena bisa dioperasikan di mana saja, mengeluarkan suara yang lebih halus dan tidak berisik, serta dapat digunakan untuk menghangatkan makanan.

Panci Presto versus Slow Cooker

homedepot.com

Selain panci presto (pressure cooker), saat ini terdapat pula alat elektronik dapur lain bernama slow cooker. Kedua alat tersebut dapat mempermudah kamu dalam memasak dengan hasil yang serupa.

Meskipun demikian, kedua alat dapur tersebut memiliki cara kerja yang berbeda, di mana slow cooker memanfaatkan suhu rendah sehingga proses memasak dilakukan secara perlahan mulai dari 4 hingga 8 jam.

dishbyte.com

Pada panci presto, kamu bisa menggunakannya untuk memasak biji-bijian seperti kacang hijau, aneka rebusan daging ataupun merebus sayuran. Sementara itu, slow cooker dapat dipakai untuk memasak menu makanan yang memerlukan proses penyerapan bumbu dapur dalam waktu lama, seperti semur, kari, menu pepes, kaldu, hingga sup.

Panci Presto versus Instant Pot

epicurious.com

Fungsi berbeda dari panci presto (pressure cooker) dan slow cooker membuatmu harus membeli dua alat memasak yang juga berbeda. Namun, saat ini terdapat sebuah alat bernama instant pot yang menggabungkan kedua fungsi sehingga lebih praktis dan hemat tempat.

Instant pot merupakan alat masak serbaguna elektrik yang dilengkapi berbagai fitur modern, seperti fungsi memasak cepat (panci presto), memasak lambat (slow cooker), fungsi timer, mengukus makanan, menanak nasi, menghangatkan masakan, hingga mensterilkan botol susu untuk buah hati tercinta.

sqprofessional.com

Melalui artikel di atas, diharapkan kamu bisa memahami kegunaan panci presto dan mengetahui waktu yang tepat dalam menggunakan alat masak tersebut. Yuk, perlengkap koleksi alat dapur sehingga proses memasak lebih cepat dan praktis!

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk hunianmu? Yuk, cari furniturmu di toko furniture online Dekoruma! Dekoruma menyediakan tempat tidur, lemari, meja makan, bahkan jasa desain interior juga tersedia.

Ada juga aneka jenis kasur dari merek-merek ternama yang tersedia dalam berbagai ukuran sehingga bisa kamu sesuaikan dengan kamar tidurmu. Beberapa di antaranya adalah kasur Alga, The Luxe, Florence, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma!