Saat berdiskusi mengenai pesta pernikahan, para pengantin baru cenderung ingin memastikan kesempurnaan momen tersebut karena akan dikenang seumur hidup. Belakangan ini, konsep pernikahan rustic dengan berbagai dekorasi rustic kerap kali dipilih oleh pasangan pengantin karena kesan sederhana tapi elegan yang dihadirkannya.

Baik untuk pesta pernikahan indoor ataupun outdoor, dekorasi rustic cocok untuk menghiasi pesta pernikahan tanpa perlu takut menguras isi tabungan. Simak saja beberapa inspirasi dekorasi rustic sederhana berikut yang bisa kamu kerjakan sendiri sebagai proyek DIY jika terhalang bujet yang terbatas.

Meja khusus pengantin

satnw.com

Meja pengantin merupakan pusat perhatian saat pesta pernikahan. Untuk dekorasi rustic sederhana, kamu bisa memanfaatkan bunga baby breath yang ditata rapi di atas meja dengan kain burlap seperti inspirasi di atas. Manfaatkan papan kayu atau karton berwarna cokelat untuk tulisan nama ataupun sesimpel Mr & Mrs sebagai penanda meja pengantin.

Supaya dekorasi rustic lebih terlihat sempurna, tambahkan lilin di sisi kiri dan kanan meja. Ini juga bisa sekaligus menjadi cara mengusir lalat yang mungkin berkeliaran di area pernikahanmu. Saat kamu membelinya di toko yang jual lilin, pastikan untuk memilih model dan warna lilin yang sesuai dengan dekorasi rustic, ya!

Papan penanda sebagai salah satu dekorasi rustic sederhana

homedit.com

Pengantin Indonesia biasanya menggunakan janur sebagai penanda lokasi hajatan. Khusus sebagai bagian dari dekorasi rustic, kehadiran janur bisa digantikan dengan papan penanda dari kayu.

Misalnya saja papan bertuliskan “wedding” pada area pintu masuk. Dekorasi rustic ini dilengkapi dengan penyiram tanaman yang dipenuhi dengan macam macam bunga yang menghiasi pintu masuk.

shabbychicweddingsaz.com

Apabila kamu menggunakan konsep makan meja, tentu kamu perlu penanda untuk menunjukkan alokasi duduk bagi setiap tamu undangan. Berkreasilah dengan kusen jendela dan pagar kawat untuk meletakkan daftar meja tamu. Hias dengan potongan kain lusuh dan juga bunga kering, selesai sudah dekorasi rustic yang sederhana ini.

Dekorasi rustic sederhana untuk meja makan tamu

rustoleum.com

Alih-alih hanya menggunakan bunga sebagai dekorasi rustic pada meja tamu, mengapa tidak melengkapi dekorasi dengan kerangka lentera serta lilin kecil? Tips Kania ialah kamu bisa menambahkan rangkaian lampu hias kecil ke dalam kerangka lentera sehingga saat malam hari, dekorasi rustic ini akan terlihat seperti kunang-kunang menyala. Dekoruma jual lentera seperti di gambar, lho! Jadi kamu tidak perlu repot cari di tempat lain.

Jangan lupa, dekorasi rustic juga harus dilengkapi nomor meja agar mudah terlihat oleh tamu. Gunakan balok kayu dan cat nomor dengan stensil agar terlihat rapi. Tempatkan juga kartu nama di atas setiap setting alat makan di atas meja makan tamu agar tak bingung mencari tempat duduk masing-masing.

Dekorasi rustic untuk backdrop foto yang Instagramable

diyproject.com

Momen yang sangat berharga di hari pernikahan wajib diabadikan dalam sebuah foto. Buatlah sebuah area khusus berfoto dengan backdrop dekorasi rustic. Susunan papan kayu dengan dekorasi lampu taman di bagian bawah akan terlihat cantik tanpa membutuhkan banyak usaha.

marthastewartweddings.com

Jika tak ingin terlalu repot saat menata dekorasi rustic, buat backdrop foto dengan menyematkan macam-macam bunga kering agar tercipta tampilan yang menawan. Kenangan pesta pernikahan pun akan diabadikan dengan indah.

Dekorasi rustic sederhana untuk kotak kado

amazon.com

Saat para tamu berdatangan menghadiri pesta pernikahan, tak jarang mereka akan membawa kado berupa barang ataupun amplop bagi pengantin baru. Manfaatkan kotak peti kayu sebagai tempat untuk menyimpan segala kado di satu tempat sekaligus dekorasi rustic yang menawan. Apabila memungkinkan, pastikan kamu menyediakan kotak kayu yang sama untuk masing-masing sisi mempelai.

Pernikahan memukau tidak perlu sampai menguras tabungan. Hanya dengan dekorasi rustic sederhana seperti yang Kania bagikan tadi, kamu juga bisa mendapatkan pesta dengan dekorasi pernikahan yang Instagramable.

Sedang mencari tempat penyimpanan tambahan untuk di rumah? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Dekoruma jual Olymplast, yaitu merek lemari kabinet plastik terkenal yang sudah menjadi produk favorit masyarakat Indonesia. Yuk, langsung saja cek di Dekoruma!