Dak merupakan bagian konstruksi yang berada di bagian paling atas bangunan dan kerap difungsikan sebagai area tambahan, seperti ruangan cuci. Walaupun dak beton menjadi favorit karena durabilitas yang unggul dan kemampuan untuk meredam panas sinar matahari, menggunakan cat pelapis anti bocor wajib hukumnya.

Mengingat Indonesia adalah negara beriklim tropis dengan curah hujan yang kian tak menentu, tak ada salahnya memastikan hunian dengan dak beton lebih tahan cuaca dengan cat pelapis anti bocor. Berbekal tips-tips berikut, pilihlah cat pelapis anti bocor yang tepat bagi dak beton.

Pilih Pelapis Anti Bocor yang Tahan Terhadap Sinar Matahari

squarespace.com

Jika dak beton di hunianmu hanya terbuat dari satu lapisan saja, pastikan kamu memilih cat pelapis anti bocor yang tahan terhadap paparan sinar matahari. Hal ini disebabkan karena tidak adanya ruang penghambat panas di antara atap dan plafon sehingga penggunaan pelapis berkualitas buruk dapat mempercepat risiko kebocoran.

Pilih Pelapis Anti Bocor dengan Formula Antijamur

buildipedia.com

Selain kekuatan, faktor kebersihan juga menjadi pertimbangan utama saat memilih pelapis anti bocor. Untuk itu, pastikan kamu memilih cat pelapis dengan formulasi antijamur, debu dan bakteri supaya lebih mudah dibersihkan dan tidak menyebabkan atap terjadi pelapukan.

Perhatikan Cara Pakai Cat Pelapis Anti Bocor

hug-fu.com

Saat melakukan penambalan bagian yang bocor, kamu wajib memperhatikan cara pakai cat pelapis anti bocor karena setiap produk memerlukan langkah penggunaan yang berbeda. Namun, apapun jenis cat pelapis yang kamu gunakan, pastikan kamu telah membersihkan atap terlebih dulu dengan menghilangkan jamur dan debu sehingga kekuatan rekat pelapis semakin prima.

Perhatikan Besar Keretakan Dak Beton

shutterstock.com

Dalam memilih cat pelapis anti bocor yang tepat, kamu bisa menyesuaikannya dengan besaran keretakan dak beton di hunianmu. Jika kerusakan tergolong besar, idealnya kamu turut menambahkan elemen lain seperti semen berdaya rekat tinggi serta menggunakan lapisan zat additive bonding agent. Jangan lupa, lakukan pembobokan bagian bocor pada dak beton terlebih dulu agar hasil penambalan tampak lebih rapi.

Pilih Pelapis Anti Bocor Sesuai Jenisnya

Saat ini, terdapat berbagai jenis pelapis anti bocor. Selain yang berupa cat anti bocor, ketahui tiga jenis pelapis yang umum ditemukan di pasaran untuk mengatasi kebocoran pada dak beton berikut:

  • Pelapis Anti Bocor Styrene Acrylic

ribbstyle.com

Jika kamu mengutamakan kekuatan, silahkan pilih pelapis anti bocor dengan coating yang terbuat dari styrene acrylic karena memiliki daya tahan yang sangat prima ketimbang jenis pelapis lainnya. Meskipun demikian, sayangnya jenis pelapis ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

  • Pelapis Anti Bocor Membrane

roofingrepairlondon.com

Jika jenis sebelumnya dinilai terlalu mahal, kamu bisa memilih pelapis anti bocor berbahan membrane dari bahan baku minyak menyerupai aspal dengan harga yang lebih ekonomis. Perbedaannya dari cat pelapis adalah ia dijual dalam bentuk lembaran yang didalamnya terdapat kandungan bahan penguat dan bahan polyester.

  • Pelapis Anti Bocor Cementius

newtonwaterproofing.co.uk

Alternatif lain, kamu bisa menggunakan cat pelapis anti bocor cementius yang di dalamnya terdiri dari dua komponen bahan, yakni semen dan zat adiktif untuk mengikat beton. Dalam pengaplikasiannya, sebaiknya kamu melapisi dak beton lebih dari satu kali supaya daya rekatnya lebih baik dengan teknik berbeda arah sapuan.

Tentu saja, kamu sebaiknya memilih pelapis anti bocor dengan kekuatan yang prima serta memiliki kandungan antijamur dan antidebu sehingga tahan lebih lama. Segera atasi kebocoran dak beton dengan memilih pelapis anti bocor yang tepat!

Terakhir, jangan lupa lengkapi rumahmu dengan aneka perabotan berkualitas dari Dekoruma! Ada banyak jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari dapur, coffee table, sofa, hingga rak display.

Sedang mencari kasur baru untuk kamar tidurmu? Kamu juga bisa menemukannya di Dekoruma! Dekoruma jual spring bed dengan material berkualitas dari merek-merek ternama, seperti spring bed Serta, Guhdo, dan King Koil.

Eitss.. tak hanya sampai di situ saja, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Ada banyak pilihan rumah baru dan rumah dijual dengan harga terbaik yang bisa kamu pilih dari berbagai wilayah di Jabodetabek. Tunggu apa lagi? Yuk, wujudkan rumah impianmu bersama Dekoruma dan ciptakanlah momen indah bersama keluarga!