Kini, ada banyak sekali pilihan finishing untuk dinding atau tembok rumah. Setiap pilihan material mampu memberikan karakter dan gaya desain yang berbeda-beda. Untuk kamu yang ingin mengadopsi gaya industrial dalam hunian, tembok bata adalah salah satu pilihan favorit untuk menghadirkan kesan industrial yang kental. 

Lebih dari sekadar estetika ikonik dari gaya industrial, tembok bata memiliki karakter yang sangat kuat sehingga pantas untuk dijadikan fokus ruangan. Penasaran cara menyempurnakan desain rumah industrial? Intip beragam inspirasi desain ruangan industrial yang memanfaatkan tembok bata berikut.

1. Kesan natural dengan perpaduan tembok bata dan material alam

flikandcompany.com

Banyak yang beranggapan penggunaan tembok bata memerlukan keberanian karena karakternya yang sangat dominan sehingga akan membuat suasana ruangan menjadi lebih kaku dan dingin, khas gaya industrial. Namun, untuk membuat suasana interior ruangan menjadi lebih homey dan hangat, kamu bisa mencoba memadukannya dengan material kayu natural, seperti pada lantai kayu di atas ataupun pada elemen ruang lainnya seperti plafon.

2. Tampilan bata putih dalam ruangan monokrom

home-designing.com

Tembok bata identik dengan warna kemerahan khas material batu bata. Namun, jika kamu ingin membuat desain interior ruangan dengan kesan yang kekinian, tak ada salahnya untuk mengubah warna tembok dengan menggunakan cat, seperti pada dinding bata putih di atas. Agar kesan monokrom lebih terasa, padukan dengan furnitur dan dekorasi berwarna hitam atau putih.

3. Sentuhan plester yang unfinished pada tembok bata

kbbark.com

Penggunaan tembok bata ekspos kerap diaplikasikan pada interior industrial untuk memberikan kesan unfinished. Jika kamu ingin kesan industrial yang lebih dramatis pada ruangan, coba aplikasikan lapisan plester hanya pada sebagian dinding bata. Biarkan sisa ruangan dengan desain polos agar dinding tersebut menjadi focal point seperti pada dapur di atas.

4. Grafiti dari cat semprot pada tembok bata

elenaelier.com

Tembok bata juga bisa dirancang agar lebih sesuai untuk kamar tidur remaja. Pilih pola mural untuk diaplikasikan dengan cat semprot ke dinding bata. 

Kamu bisa bebas berkreasi menambahkan gambar, pola, atau apapun pada tembok untuk tampilan yang lebih dinamis. Jika kamu inginkan kesan industrial yang lebih kuat, kamu bisa aplikasikan variasi lukisan mural, seperti yang sering ditemukan di jalanan, pada tembok bata di rumahmu.

5. Perpaduan Tembok Bata dan Keramik

pinterest.com

Siapa bilang tembok bata tidak bisa kamu kombinasikan dengan material finishing dinding yang kontras dan lebih modern? Contohlah inspirasi desain bata ekspos pada kamar mandi ini, di mana bata pada tembok dipadukan dengan keramik pada dinding dan lantai. Selain mengandalkan kontras antar dua material yang berbeda, kamu juga bisa melakukan tabrak pola pada keramik dan bata untuk berikan citra lebih dinamis dan berani pada interior industrial.

6. Tembok bata hitam yang elegan

home-designing.com

Gaya industrial juga bisa terlihat elegan dengan menggunakan tembok bata. Salah satunya adalah dengan melapiskan warna cat tembok hitam pada bata dan memadukannya dengan berbagai furniture. Kombinasi warna gelap dengan turunan warna yang senada takkan pernah gagal menghadirkan kesan elegan dan berkelas pada ruangan.

7. Tembok bata sebagai statement wall

decoist.com

Karakternya yang kuat juga menjadikan tembok bata menjadi salah satu cara yang tepat untuk hadirkan statement wall pada ruangan. Cukup dengan mengaplikasikan bata ekspos pada salah satu sisi dinding, kamu sudah bisa menarik perhatian serta memberikan focal point yang menarik pada interior ruangan.

Setelah melihat berbagai inspirasi desain tembok bata yang memukau di atas, apakah kamu sudah menemukan aplikasi bata yang sesuai dengan ruangan industrial untuk rumahmu? Jangan lupa, kamu juga bisa berkonsultasi dengan jasa desainer interior ternama agar tema industrial yang diangkat lebih sempurna.

Temukan aneka furnitur dan dekorasi untuk hunianmu di Dekoruma! Ada berbagai macam perabotan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan ruang. Misalnya, untuk ruang makan di rumahmu, Dekoruma jual kursi makan, lemari kabinet, meja makan, dan taplak meja. Sementara, untuk ruang kerja atau area belajar si Kecil, Dekoruma jual meja belajar, meja komputer, dan kursi kantor ergonomis.

Dekoruma juga menyediakan aneka jenis kasur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Mulai dari spring bed The Luxe, King Koil, Comforta, dan Guhdo tersedia dalam banyak ukuran dan tingkat keempukkan. Tunggu apa lagi? Yuk, segera lengkapi kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!