Pernahkan kamu merasa bosan melihat tampilan ruang makan yang sama setiap hari selama bertahun-tahun? Seperti kita tahu, tidak mungkin mengganti properti ruang makan seperti kursi makan tiap tahun. Kalau iya, maka kamu perlu mengganti suasana ruang makan dengan segera. Akan tetapi, bukan berarti harus mengecat ulang dinding dan menempatkan furnitur baru. Ada cara mudah dan murah untuk melakukannya, yakni menggunakan taplak meja.

Karena fungsi utama taplak meja yang tadinya untuk melindungi permukaan meja dari noda makanan perlahan sekaligus berfungsi menjadi dekorasi, banyak produsen yang membuat taplak meja dengan model menarik. Misalnya seperti tujuh model berikut ini!

Sederhana dan simpel dengan tambahan ruffle

amazon.com

Taplak meja berwarna putih tanpa motif bisa terlihat cantik dan merubah suasana ruang makan. Tapi kalau terlalu polos juga akan terlihat sangat formal, jadi carilah yang memiliki aksen sederhana seperti ruffle di bagian ujungnya. Model ini cocok untuk ruang makan bergaya minimalis dan vintage.

Taplak meja berbahan linen

shopify.com

Bahan linen kian digemari masyarakat karena permukaannya lembut dan seratnya tidak mudah rusak. Apabila terkena noda makanan, taplak meja bahan linen mudah dibersihkan menggunakan mesin cuci.

Model taplak meja berbahan linen dengan bagian ujung yang tidak dijahit bisa menciptakan nuansa rustic dan Skandinavia yang memikat. Sesuaikan warnanya dengan tema interior ruang makan supaya terlihat serasi.

Aksen renda untuk dekorasi shabby chic menggoda

amazon.com

Taplak meja dari renda sempat menjadi tren pada era 90-an. Modelnya cocok untuk mengganti suasana ruang makan di hunian bergaya klasik dan tradisional. Motif rendanya sangat beragam tapi umumnya hanya tersedia dalam warna putih saja.

goldstreampoint.com

Meski begitu, kamu bisa berkreasi supaya taplak meja dengan renda ini tidak membosankan. Misalnya meletakkan taplak renda di atas kain berwarna hitam yang menciptakan kesan elegan atau di atas kain dengan warna kuning untuk kesan ceria.

Taplak meja dengan tassel

amazon.com

Saat ini, dekorasi tassel atau rumbai cukup digemari oleh masyarakat karena tampilannya yang menggemaskan. Ada yang menjadikannya gantungan tas, hiasan tirai atau gorden, bahkan anting. Nah, rumbai ini juga bisa disematkan pada ujung taplak meja. Sebaiknya kamu memilih tassel yang ukurannya pendek untuk menghindari benangnya menjadi kusut.

Table runner elegan

Taplak meja tidak selalu harus menutupi semua permukaan meja makan, tapi bisa sebagian saja seperti model table runner ini. Bentuknya persegi panjang dengan ukuran lebih panjang dari meja makan. Posisinya diletakkan di tengah meja dan kedua ujungnya dibiarkan menjuntai ke bawah.

Karena bagian permukaan meja masih tampak, sebaiknya sesuaikan warna taplak meja ala table runner tersebut dengan model meja makan. Tampilannya sederhana tapi mampu memberikan sentuhan warna yang memikat dalam sekejap.

Model 2-in-1 untuk mengatasi kebosanan

indigoniche.com

Bagi kamu yang mudah merasa bosan, kami sarankan untuk membeli model taplak meja 2-in-1. Dijahit dari kain perca, taplak ini memiliki motif dan warna yang berbeda di kedua sisinya. Bosan dengan sisi atas? Tinggal balik saja.

Taplak meja motif garis

dhgate.com

Motif garis merupakan salah satu motif yang populer dan cocok diterapkan pada dekorasi apapun, termasuk taplak meja. Kamu bisa menggunakannya di ruang makan bergaya minimalis, modern, serta kontemporer yang meja makannya berbentuk bundar ataupun persegi. Untuk tampilan yang serasi, gunakan juga kain bermotif tersebut sebagai sarung bantal atau alas duduk.

Terlepas dari motif dan model taplak meja yang kamu sukai, pilihlah bahan yang mudah dicuci agar noda makanan dapat dibersihkan secara menyeluruh dan cepat. Tak lupa, sesuaikan juga dengan model dan warna kursi makanmu, ya! Yuk, gunakan taplak meja dan ganti suasana ruang makan dalam sekejap!

Temukan ragam peralatan masak dan makan hanya di Dekoruma! Dekoruma jual garpu, sendok, panci, kompor, dan alat masak lainnya. Untuk kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi karena Dekoruma selalu mengutamakan yang terbaik.

Selain peralatan masak, Dekoruma juga menyediakan aneka furnitur untuk melengkapi ruang makanmu, lho! Beberapa di antaranya adalah kursi makan, lemari dapur, rak dinding, dan meja tv. Yuk, wujudkan dapur dan ruang makan impianmu bersama Dekoruma!