Filosofi Zen di Jepang bukan hanya terbatas pada individu saja, tetapi merambah juga ke dunia interior berupa interior rumah minimalis Jepang. Prinsip desain yang menekankan pada kesan simpel dan ketenangan, bertujuan untuk membawa fokus dan damai dalam wujud interior modern.

Tak heran, konsep rumah minimalis Jepang pun sukses menebarkan pengaruhnya hingga ke segala penjuru dunia. Inspirasi-inspirasi berikut menunjukkan bagaimana penerapan konsep desain rumah minimalis Jepang dapat membuat para penghuni menikmati ketenangan Zen dalam hunian mereka.

Nuansa Tropis dalam Rumah Minimalis Jepang

pinterest.com

Aplikasi rumah minimalis Jepang yang satu ini hadir tepatnya di negara tropis Brazil, Sao Paulo. Konsep Zen hadir dalam bentuk susunan kayu HPL (High Pressure Laminate) yang dipasang secara vertikal dan horizontal sedemikian rupa. Hasilnya, ada estetika dinamis yang mengingatkan kita pada gerbang Tori di Kyoto, tepatnya di kuil Fushimi Inari.

Makna Wabi-sabi dalam Rumah Minimalis Jepang

pinterest.com

Sempurna dan bahagia walau dalam ketidaksempurnaan, mungkin itu arti filosofi wabi-sabi ala Jepang yang sudah umum diketahui. Dibangun dengan lantai kayu bergaya ‘floating’ dan ruang tambahan tradisional atau engawa dalam bahasa Jepang, rumah minimalis Jepang ini mengembalikan konsep kesederhanaan dalam kehidupan sehari-hari yang nyaman.

Inspirasi Minimalis ala Jepang dari Zaman Dahulu

dwell.com

Hunian ini bukan properti baru, melainkan salah satu rumah minimalis Jepang sejak tahun 1950-an. Tak heran jika ada gaya retro alias gaya zaman dahulu yang kental, tetapi masih mempertahankan unsur-unsur minimalis ala Jepang.

Tampak dari kerangka kayu yang tertata rapi pada plafon, jajaran jendela geser, hingga dekorasi lampu pada titik-titik strategis, kenyamanan dari rumah minimalis Jepang yang terletak di Ohio, Amerika ini dijamin membuat istirahat setiap akhir pekan semakin maksimal.

Inspirasi Origami dalam Rumah Minimalis Jepang

pinterest.com

Dengan material plywood, rumah minimalis Jepang ini menghadirkan solusi ruang penyimpanan yang serba efektif. Wajar saja, properti yang terletak di Hongkong memang terkenal sempit lahannya.

Namun, prinsip origami yang diterapkan justru mampu menciptakan desain rumah minimalis Jepang yang tinggi dan nyaman. Hasilnya, ruangan terasa lebih leluasa tanpa mengorbankan fungsi keseharian.

Gaya Mewah dan Elegan dari Rumah Minimalis Jepang

sohu.com

Apa jadinya kalau rumah minimalis Jepang ditata mewah dan elegan? Inspirasi ini menjawab rasa penasaran tersebut dan sekaligus memukau yang masih bertanya-tanya.

Dibesut oleh fashion designer terkemuka di New York bersama suaminya, Josie dan Ken Natori memang sudah lama mengandrungi arsitektur rumah tradisional Jepang. Aplikasi kayu berkualitas dan lanskap kebun oriental hadir di properti ekslusif ini untuk sebuah rumah minimalis Jepang tiada duanya.

Tangga Tansu dalam Hunian Mungil

welovebudapest.com

Untuk memaksimalkan hunian ini, konsep rumah minimalis Jepang hadir dalam bentuk tangga tansu alias prinsip kabinet yang mudah dipindah. Modul storage merangkap pijakan anak tangga ini mengarah ke tempat tidur minimalis futon yang nyaman, sekaligus mengadopsi palet warna minimalis yang cantik.

Walaupun terletak di dalam apartemen, inspirasi ini menunjukkan bahwa rumah minimalis Jepang bisa hadir dalam bentuk hunian apa saja, baik hunian modern berupa apartemen atau rumah konvensional.

Kecil tapi Nyaman dalam Minimalisme

miltonpd.com

Gaya rumah minimalis Jepang sangat ideal untuk diterapkan dalam rumah, baik yang berskala besar, atau mungil sekalipun. Inspirasi desain rumah minimalis modern ala Jepang bisa dilakukan dengan cara meminimalisir dinding atau metode yang disebut engawa.

Istilah ini mengacu pada ruang kosong antara area dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor), untuk memaksimalkan pencahayaan alami ke dalam ruangan. Rumah akan terasa lebih lenggang, terang dan luas, dan juga menawarkan kenyamanan ekstra.

Ingin mencoba interior rumah minimalis Jepang? Pastikan kamu berkonsultasi dengan jasa desain interior ternama agar dapat menghadirkan ketenangan ala Jepang yang akan menjaga kesehatan jiwa dan raga.

Jangan lupa baca juga artikel dengan inspirasi rumah lainnya di Dekoruma, ya! Selain artikel, kamu juga bisa membeli furnitur secara online. Dekoruma juga jual Luminarc, yaitu merek peralatan makan dan minum berkualitas dengan bahan yang aman untuk kesehatanmu dan keluarga. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!