Tersadar akan bahaya penggunaan bahan kimia terhadap kesehatan, masyarakat mulai beralih menggunakan produk alami sebagai bahan dasar untuk berbagai keperluan rumah tangga. Misalkan sabun mandi yang dibuat secara organik menggunakan buah-buahan, atau pewangi pakaian dari bahan alami yang mudah ditemukan.

Untuk pewangi pakaian alami ini, masih sedikit orang yang mau membuatnya dan lebih suka menggunakan pewangi kimia buatan pabrik. Padahal, penggunaan pewangi pakaian buatan pabrik berpotensi dalam jangka panjang mampu menyebabkan alergi dan ketidakseimbangan hormon.

Membuat pewangi pakaian alami di rumah secara DIY sebenarnya sangat mudah. Wanginya juga tahan lama dan bisa disesuaikan dengan selera. Ikuti saja berbagai cara membuat pewangi pakaian alami berikut.

Pewangi pakaian alami dengan soda kue

healthline.com

Cara membuat pewangi pakaian alami satu ini tergolong simpel. Siapkan terlebih dahulu 100 gr soda kue, 150 ml air panas, 800 ml cuka sari apel, dan 20 tetes minyak atsiri favorit. Gunakan mangkuk atau wadah berukuran besar, lalu campukan air panas, soda kue, dan cuka sari apel.

Tunggu hingga buih-buih gelembung yang tercipta sudah mereda, lalu pindahkan campuran ke botol dan teteskan minyak atsiri ke dalamnya. Tutup botol dengan rapat dan kocok supaya minyaknya merata sebelum menggunakannya. Setiap kali mencuci, tuangkan empat sendok ramuan pewangi pakaian alami tersebut.

Pewangi pakaian alami dengan kondisioner

soothe-your-soul.com

Apabila kamu mau membuat pewangi pakaian alami sekaligus pelembut pakaian, coba manfaatkan kondisioner. Siapkan dua gelas kondisioner dengan aroma sesuai selera, tiga gelas cuka putih, enam gelas air hangat, minyak atsiri, dan wadah untuk mencampurkan semua bahan.

Campur kondisioner, cuka, dan air hangat hingga rata dan teksturnya halus, lalu teteskan minyak atsiri untuk memperkuat aromanya. Tempatkan di wadah khusus dan pelembut sekaligus pewangi pakaian alami ini pun siap digunakan.

Pewangi pakaian alami dengan garam Inggris

thespruce.com

Cara berikut sangat praktis karena hanya membutuhkan dua bahan saja, yaitu garam Inggris (epsom salt) dan minyak atsiri. Jangan gantikan garam inggris dengan garam biasa karena garam Inggris memiliki tekstur yang lebih halus, serta mengandung magnesium dan sulfat yang mampu melembutkan pakaian layaknya menggunakan pelembut pakaian buatan pabrik.

Siapkan toples kaca kemudian tuangkan garam Inggris dan minyak atsiri. Tutup rapat kemudian kocok atau aduk dengan sendok hingga campurannya merata. Pewangi pakaian pun siap digunakan.

care.com

Tapi karena teksturnya berupa bubuk, cara penggunaannya berbeda. Kamu harus mencampurkan pewangi pakaian tersebut dengan deterjen pakaian dari awal proses mencuci baju.

Pewangi pakaian alami dari akar wangi

agrozones.com

Apabila kamu tidak mau repot mencampurkan bahan, gunakan saja tanaman akar wangi sebagai pewangi pakaian. Manfaat akar wangi untuk menjadi pengharum pakaian memang tidak diragukan lagi. Tanaman asal India yang cukup mudah ditemukan di Indonesia ini memiliki aroma kuat karena mengandung minyak atsiri pada akarnya dan sudah umum digunakan sebagai pengharum kain batik. Cukup keringkan akar wangi, kemudian meletakkannya di dalam lemari pakaian.

Pewangi pakaian alami dari tanaman mesoyi

aromaatsiri.com

Selain akar wangi, mesoyi juga bisa dimanfaatkan sebagai pewangi pakaian alami. Mesoyi sendiri merupakan kerabat dari kayu manis yang lebih populer. Keringkan kulit batang mesoyi kemudian tempatkan pada kantong berpori kecil dan gantungkan di sudut lemari pakaian. Wanginya tahan lama dan akan meresap ke dalam pakaian.

Dari kelima cara membuat pewangi pakaian yang tahan lama tadi, manakah yang kamu tertarik untuk mencoba? Selamat mengharumkan semua pakaian dan jangan lupa informasikan ke teman-teman supaya mereka merasakan manfaatnya juga!

Sedang mencari furnitur untuk rumahmu? Dekoruma adalah solusi yang tepat! Ada ragam jenis furnitur yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Dekoruma jual lemari anak, lemari pakaian, tempat tidur, rak dinding, dan meja makan. Model dan ukurannya pun sangat beragam.

Selain jual furnitur, Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti melalui Dekoruma Properti, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti hunian dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di BSD, rumah baru di Jakarta Selatan, hingga apartemen dijual di Depok. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan dan domisilimu. Yuk, buat rumah impianmu jadi kenyataan bersama Dekrouma!