Meskipun perpaduan warna digemari banyak orang, misalnya dalam hal busana, lain halnya ketika berbicara tentang penerapan skema warna dalam desain interior. Pemilihan warna, baik warna cerah ataupun gelap, merupakan salah satu elemen krusial yang memang harus diperhatikan matang-matang.

Lebih dari sekadar unsur estetik, warna memiliki efek langsung pada suasana dan karakter ruangan. Misalkan saja warna cerah yang terkesan ceria atau warna gelap untuk menimbulkan kesan misterius dari pemilik hunian.

Oleh karena itu, hunian membutuhkan warna-warna yang bisa menghidupkan energi, mampu menginspirasi serta membawa kebahagiaan, yaitu warna cerah. Tak perlu bingung lagi, Kania akan memberikan rekomendasi skema warna cerah yang dapat kamu terapkan dalam desain interior hunianmu.

1. Kombinasi elegan dari ungu dan abu-abu

homedit.com

Warna cerah yang elegan seperti ungu dengan pilihan rona lilac, lavender, atau orchid akan membuat desain interior rumah terlihat bermartabat dan sophisticated, terutama ketika dipadukan dengan warna abu-abu. Selain sebagai cat dinding, kamu bisa memanfaatkan warna ungu dalam berbagai perlengkapan rumah tangga seperti tirai, bantal dekorasi, dan selimut.

2. Kombinasi warna cerah hijau dengan pink untuk kamar yang lebih hidup

pinterest.com

Warna hijau akan tampak menonjol jika digabungkan dengan beragam variasi warna merah muda seperti warna dusty pink, coral, peach atau magenta pink. Biasanya, kombinasi warna-warni ini sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai skema warna kamar anak perempuan, tapi jika kamu bisa menemukan corak yang tepat untuk setiap elemen kamar, maka skema warna cerah ini juga cocok untuk kamar tidur utama ataupun bisa juga digunakan untuk kamar tamu.

Nah, supaya kedua warna ini dapat berdampingan dan terlihat lebih harmonis, kamu juga bisa memanfaatkan warna putih sebagai warna transisi dan penyeimbang dalam skema warna cerah ini. Sangat serasi, ‘kan?

3. Perpaduan warna cerah aquarium blue dan ungu untuk menciptakan perasaan bahagia

baileystreetdesign.com

Kombinasi warna cerah yang unik ini bisa memberikan efek ceria dan juga energi positif. Berasal dari dasar warna primer yang sama yaitu biru, ruangan terasa lebih menenangkan tanpa terlihat terlalu mencolok.

Seperti pada inspirasi di atas, warna biru aqua yang diaplikasikan pada perabotan seperti kabinet kitchen set dan kursi ruang tamu juga dipadukan dengan warna ungu anggur pada sofa minimalis. Suasana ruangan terbuka menjadi lebih nyaman dan mengundang berkat kombinasi kedua warna cerah tersebut.

4. Kombinasi warna cerah dinamis antara biru dan kuning

designtrends.com

Percampuran warna biru dan kuning memang bisa membuat pemandangan menjadi menarik seperti langit dan matahari. Kedua warna cerah ini adalah kontras yang indah karena biru memberi kesan luas dan kebebasan, sementara kuning bisa menambah kenyamanan dan kehangatan sehingga membuat ruangan terlihat dinamis.

Paduan dua warna cerah ini paling cocok apabila digunakan sebagai ruang belajar atau ruang kerja di rumah, apalagi dengan warna kuning yang bisa menambah daya ingat. Warna biru bisa kamu hadirkan melalui karpet dan cat dinding pada salah satu sisi. Sementara, warna kuningnya bisa kamu hadirkan melalui kursi kantor dan rak gantung. Sangat cocok, bukan?

5. Perpaduan warna cerah jingga dengan putih

masimes.com

Jingga adalah warna cerah yang ceria dan juga merupakan warna selebrasi. Skema warna jingga yang disandingkan dengan putih akan menciptakan suasana yang ceria untuk keluarga yang lebih bahagia.

Skema warna cerah ini cocok digunakan dalam kamar tidur, di mana warna jingga diaplikasikan pada dinding kamar. Sementara warna putih diaplikasikan melalui pemilihan furniture kamar tidur.

6. Warna coral pink dengan cream untuk dapur yang cerah

google.com

Perpaduan warna coral pink dengan cream akan menciptakan nuansa ruangan yang lembut dan halus. Dominasi warna coral pink pada kitchen set dapur dilengkapi dengan warna cream dari backsplash yang terbuat dari batu alam. Tak hanya terlihat modern dan minimalis, kombinasi dua warna cerah ini menjadikan dapur terasa lebih terbuka, tanpa terkesan terlalu kekanak-kanakan.

7. Skema warna kuning mustard dengan cream yang memberi kesan hangat dan positif

bhg.com

Warna mustard dikenal sebagai turunan warna kuning yang memiliki makna bahagia, penuh semangat dan penuh dengan energi positif. Coba padukan warna cerah ini dengan warna cream yang akan menyeimbangkan kontras warna dari mustard.

Kamu bisa menerapkan warna cerah ini pada dekorasi ruangan seperti pada tirai, hiasan dinding, atau karpet. Padukan juga furnitur dengan warna lain agar tidak terlalu monoton.

Setelah melihat ketujuh rekomendasi skema warna cerah di atas, apakah kamu tertarik mengaplikasikan warna cerah pada hunian? Ingat, jangan pilih rona warna yang terlalu terang atau mencolok agar kesehatan mata tetap terjaga.

Kesulitan mencari furnitur dengan warna yang cocok untuk hunianmu? Kamu bisa menemukannya secara online di Dekoruma, lho! Ada ragam furnitur berkualitas yang bisa kamu pilih, seperti sofa bed, meja makan, rak dinding, meja komputer, dan tempat tidur. Mereknya pun sangat beragam, seperti dari Livien dan Heim Studio, dua merek furnitur ternama dengan kualitas yang terjamin.

Selain itu, Dekoruma juga jual kasur yang tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat kamu sesuaikan dengan kamar tidurmu. Beberapa di antaranya adalah kasur The Luxe, Florence, dan Comforta. Tunggu apa lagi? Yuk, lengkapi semua kebutuhan rumahmu bersama Dekoruma!