Aneka Jenis Kabel Listrik Sesuai Kebutuhan dan Kisaran Harganya

Listrik merupakan kebutuhan utama di setiap rumah. Melalui adanya aliran listrik dari berbagai jenis kabel listrik, kamu bisa mengoperasikan perangkat elektronik, menyalakan lampu, hingga memakai fungsi sederhana lain seperti charging ponsel dan memakai kipas angin.

Terdiri dari berbagai model, masing-masing jenis kabel memiliki kelebihan dan fungsi tersendiri untuk disesuaikan menurut kebutuhan. Berikut ini adalah berbagai jenis kabel listrik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Kabel Listrik NYA

asmeelektrik.com

Jenis kabel listrik pertama adalah NYA yang dipakai dalam instalasi rumah tangga dan sistem tenaga. Kabel listrik NYA ini memiliki ukuran 1,5 mm dan 2,5 mm dengan inti tunggal dan dilapisi bahan PVC dengan warna merah, biru, kuning dan hitam untuk instalasi luar.

Idealnya, jenis kabel NYA digunakan sebagai kabel udara karena sangat tipis, mudah robek dan tidak tahan air. Kamu juga bisa memasang pipa PVC tambahan supaya aman dari gigitan tikus.

Kabel Listrik NYM

oegoffshore.com

Sementara itu, jenis kabel listrik NYM dipakai untuk instalasi listrik di hunian atau gedung, terdiri dari dua, tiga atau empat inti dan dilengkapi isolasi PVC sebanyak dua lapis sehingga jauh lebih aman ketimbang kabel listrik NYA. Jenis kabel listrik NYM bisa dipakai di lingkungan yang basah atau kering, namun tidak dapat ditanam.

Kabel Listrik NYY

hdcable.com.cn

Jenis kabel listrik NYY terdiri dari dua, tiga, dan empat inti dengan material tembaga yang diisolasi dengan PVC. Kabel listrik NYY sangat aman untuk ditanam di dalam tanah karena isolatornya kuat dan tebal.

Memiliki karakter warna hitam, jenis kabel listrik ini juga tahan terhadap air. Namun, sebaiknya kamu tetap melapisi kabel listrik NYY dengan pipa tambahan, utamanya untuk aliran listrik dengan tegangan tinggi.

Kabel Listrik NYAF

made-in-china.com

Jenis kabel listrik NYAF dipakai untuk instalasi listrik rumah dalam panel yang memerlukan fleksibilitas tinggi dan cocok ditempatkan pada daerah yang memiliki belokan tajam. Jenis kabel ini memiliki material tembaga dengan isolasi bahan PVC dan sebaiknya dipakai dalam lingkungan kering dan tidak terkena pengaruh cuaca langsung.

Jenis Kabel Listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY

rnkablo.com

Selanjutnya adalah kabel listrik NYFGbY/NYRGbY/NYBY yang dipakai untuk instalasi di dalam tanah dan tidak memerlukan perlindungan tambahan jika tidak menyebrang jalan. Sebaiknya, kedalaman pemasangan jenis kabel ini adalah 0,8 meter di dalam tanah.

Kabel Listrik NYCY

bysoncable.co.uk

Memiliki ketahanan yang prima pada berbagai kondisi cuaca, jenis kabel ini sangat cocok digunakan di dalam tanah, dalam ruangan, hingga alam terbuka. Kabel NYCY terdiri dari penghantar konsentris yang telah dilapisi oleh pita CU kabel dan dijual dengan harga yang tergolong tinggi.

Kabel Listrik NYMHYO

newrm.org

Selanjutnya adalah kabel listrik NYMHYO yang terdiri dari dua inti serabut. Jenis kabel ini banyak dipakai untuk peralatan elektronik rumah tangga yang memerlukan arus rendah seperti soundsystem, kabel audio video, dan sebagainya.

Jenis Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

google.com

Terakhir adalah kabel listrik NYMHY yang mempunyai ciri khas berwarna putih dan kabel listrik NYYHY berwarna hitam. Jenis kabel ini memiliki beberapa inti serabut yang diisolasi PVC, dipakai pada alat rumah tangga berdaya 900 watt ke bawah dengan kelebihan tidak mudah patah dan memiliki fleksibilitas yang tinggi.

Kisaran Harga Kabel Listrik per Tahun 2021

Di pasaran, harga semua jenis kabel listrik tersebut sangatlah bervariasi, tergantung dari merek, ukuran, dan juga panjangnya yang biasa dihitung per meter ataupun per 50 dan 100 meter. Dilansir dari berbagai sumber, kisaran harga dari semua jenis kabel listrik di atas per tahun 2021 adalah sebagai berikut:

SpesifikasiSatuanHarga
Kabel Listrik NYAPer 100 MeterRp 145.000 – Rp 350.000
Kabel Listrik NYMPer 50 MeterRp 250.000 – Rp 415.000
Kabel Listrik NYYPer 50 MeterRp 325.000 – Rp 550.000
Kabel Listrik NYAFPer 100 MeterRp 130.000 – Rp 280.000
Kabel Listrik NYFGbYPer MeterRp 140.000 – Rp 650.000
Kabel Listrik NYCYPer MeterRp 45.000 – Rp 55.000
Kabel Listrik NYMHYOPer 50 MeterRp 90.000 -Rp 250.000
Kabel Listrik NYMHY / NYYHYPer 50 MeterRp 140.000 – Rp 375.000

Masing-masing jenis kabel di atas memiliki kelebihan tersendiri untuk disesuaikan menurut kebutuhan kamu. Untuk kamu yang ingin melakukan instalasi listrik tegangan tinggi, pastikan kamu meminta bantuan ahli supaya dilakukan secara aman dan tidak berbahaya.

Kamu sedang mencari peralatan rumah tangga yang baru? Dekoruma jual alat rumah tangga, seperti vaccum cleaner, sikat, mesin cuci, jual kabinet dapur, dan lainnya. Ada juga beragam furnitur untuk hunianmu, mulai dari meja, kursi, lemari, hingga tempat tidur, semuanya tersedia.

Tak hanya jual perabotan saja, tapi Dekoruma juga menyediakan layanan jual beli properti, lho! Kamu bisa menemukan aneka jenis properti, seperti rumah dan apartemen dari berbagai daerah di Jabodetabek. Ada rumah dijual di Jakarta Barat, rumah baru di Depok, hingga apartemen dijual di Bekasi. Yuk, langsung saja temukan hunian impianmu di Dekoruma!