Walaupun interior rumah minimalis modern yang minim dekorasi memang populer saat ini, tak ada salahnya menambahkan kesan personal dalam hunian dengan memilih pajangan di berbagai sudut ruangan. Jika kamu menginginkan sentuhan tradisional, coba hadirkan berbagai kerajinan tembikar dalam hunian.

Benar sekali, tembikar atau gerabah pada awalnya memang hanya berfungsi sebagai peralatan rumah tangga biasa seperti kendi, tungku atau perabotan untuk makan. Siapa sangka kalau kerajinan dari tanah liat yang dibakar ini memiliki nilai seni yang meningkatkan estetik interior rumah.

Mulai dari guci, pot hias atau pernak-pernik lainnya, berbagai kerajinan tembikar ini siap menghiasi rumah untuk suasana tradisional yang tak tergantikan.

1. Vas bunga dalam ruangan

gmbc.info

Hal yang paling menarik dari vas tembikar adalah kerajinan ini bisa tampak cantik bahkan tanpa bunga di dalamnya. Karena bentuknya yang bermacam-macam, ini membuat kamu juga bebas menentukan peletakan vas bunga ini.


Misalnya untuk ruang tamu, kamu bisa menaruh vas tembikar berukuran besar untuk digunakan sebagai hiasan di sudut ruangan. Kamu bisa menambahkan ranting-ranting kering di salah satu vas tersebut untuk memberi nilai estetika pada ruangan.

decoist.com

Selain sebagai hiasan ruang tamu di sudut ruangan, kamu juga bisa menaruh hiasan tembikar berwarna yang kontras di lemari kayu milikmu. Dijamin terlihat klasik dan elegan.

pinterest.com

Selain itu, kamu bisa memilih jenis tembikar keramik atau bisa juga yang memiliki permukaan matte untuk memberi kesan modern dan minimalis.

2. Lampu klasik namun tetap elegan

amazon.com

Pencahayaan adalah salah satu faktor yang penting dalam interior rumah. Lampu tembikar, selain bisa membuat ruangan semakin terang, desainnya juga berperan meningkatkan estetika di dalam hunianmu.

Sebelum memilih lampu tembikar mana yang bisa menjadi hiasan rumah, kamu perlu memastikan warna serta gaya lampu yang sesuai dengan nuansa sekitarnya.

blogspot.com

Seperti desain ruang santai di atas, ruangan tersebut ditata sedemikian rupa untuk menggabungkan desain vintage dengan modern. Kamu bisa menambahkan lampu tembikar dengan warna yang senada dengan lemari kayu antik dan bingkai foto kanvas.

westelm.co.uk

Selain itu, saat ini juga sedang tren tembikar dengan bentuk-bentuk asimetris, termasuk lampu meja di atas. Ini juga bisa kamu pajang di ruang tidur untuk melengkapi interior ruangan.

3. Pot tanaman hias atau planter

amazon.com

Tidak seperti pot tanaman pada umumnya, pot tanaman hias dari tembikar ini bisa memberikan kesan elegan dan juga bisa memberikan hidup yang lebih lama pada tanaman hias. Seperti planter di atas, kamu bisa melihat perpaduan unik antara tembikar dengan penyangga kayu yang menambah estetika rumah. Setelah itu, kamu bebas meletakkan jenis tanaman apa saja, seperti monstera, kaktus, atau lidah mertua.

4. Hiasan dinding dari piring cantik

cloudfront.net

Bosan dengan hiasan dinding bingkai foto atau lukisan? Nah, kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan dekorasi dinding rumah dengan piring tembikar yang antik.

Banyak yang memilih piring sebagai penghias dinding karena selain akan mempercantik ruangan juga menjadikannya lebih unik dengan sentuhan tradisional ala Mediterania atau Maroko. Terutama bila kamu memiliki koleksi piring tembikar yang antik.

gameplaypreview.club

Kamu bisa memasang pajangan tembikar ini di dinding ruang makan, ruang tamu, atau tempat-tempat yang dilihat banyak orang. Pilih juga yang area dindingnya luas agar kamu bebas berkreasi dan tidak terlihat sumpek untuk orang yang melihat.

5. Patung unik sebagai pajangan

pinterest.com

Pajangan lainnya yang cocok untuk rumahmu adalah pajangan patung tembikar yang unik. Jika kamu memiliki meja atau lemari pajangan yang cukup besar, hiasan Loro Blonyo seperti inspirasi di atas adalah pilihan yang tepat.

Pajangan tembikar ini adalah patung dari sepasang pria dan wanita khas Jawa lengkap dengan pakaian tradisionalnya. Bisa memberikan sentuhan tradisional pada hunian kamu juga.

Demikian lima macam hiasan dari tembikar yang bisa membuat interior rumah menjadi lebih menarik. Apakah kamu tertarik menghadirkan kerajinan ini di hunian?

Kamu sedang mencari furnitur baru untuk rumahmu? Daripada pergi ke toko fisik, kamu bisa membelinya secara online lewat Dekoruma, lho! Dekoruma jual sofa bed, rak dinding, meja makan, kursi teras, bahkan aneka dekorasi kecil juga tersedia.

Tak hanya furnitur dan dekorasi saja, Dekoruma juga jual Kedaung, yaitu merek peralatan makan & minum serta peralatan dapur ternama yang menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Yuk, langsung saja kunjungi laman Dekoruma dan wujudkan rumah impianmu!