Meletakkan pot berisi tanaman hias di dalam rumah sebagai dekorasi interior adalah hal yang lumrah modern ini. Selain cantik, ruangan pun akan terlihat lebih asri.

Tanaman hias yang dipilih biasanya berukuran kecil atau sedang. Untuk melengkapi tampilan, sebaiknya kamu memilih pot tanaman yang dapat menambah nilai estetika pada ruangan.

Ingin desain pot tanaman yang minimalis, unik, atau menggemaskan? Intip berbagai inspirasi yang telah Kania kumpulkan berikut.

Berbentuk kantong

nova68.com

Terlihat seperti kantong plastik yang dibiarkan mengembang, pot tanaman ini sebenarnya terbuat dari bahan tanah liat yang dibentuk menyerupai kantong plastik.

Sekilas dilihat, tampilannya sangat mirip apalagi bentuknya dapat dibuat dalam ukuran yang berbeda-beda dan menggembung di bagian bawah. Menggemaskan, bukan?

Manfaatkan ragam hias geometris

taninihome.com

Ragam hias geometris sedang populer saat ini, termasuk untuk desain pot tanaman. Desainnya sangat minimalis namun mampu menambah nilai estetika. Warnanya polos tanpa motif atau gambar apa pun. Bentuknya ada yang kubus, ada yang heksagonal.

Pot ini dilengkapi juga dengan dudukan untuk diletakkan di sudut ruangan kosong. Jika ingin ditempelkan di dinding, terdapat panel khusus juga. Desain seperti ini sangat cocok untuk ruangan yang memiliki lahan terbatas.

Desain sesuai imajinasi

amazon.com

Bagi para pecinta benda-benda menggemaskan, pot yang satu ini wajib masuk daftar belanjaan. Bentuknya menyerupai perahu dayung yang dijalankan oleh landak. Sangat cocok untuk dijadikan wadah kaktus mini.

Anggap saja pot sebagai tempat terrarium yang diisi berbagai tanaman berdaun tajam, dijamin serasi dengan si landak. Mau letakkan di atas meja ruang tamu atau sudut kamar mandi, sama menggemaskannya!

Kerangka luar sebagai pelindung

amara.com

Menyangga tanaman dengan tiang memang sudah biasa. Bagaimana dengan pot yang dilengkapi dengan kerangka di bagian luar seperti ini? Selain warna kerangka yang dibuat senada, kerangkanya dibentuk mengelilingi dan lebih tinggi dari pot agar sekaligus menjadi pelindung tanaman.

Tanaman yang paling pas untuk diletakkan di dalamnya adalah tanaman hias daun besar dengan batang panjang. Dengan demikian bentuk tanaman akan terlihat lebih rapi dan tidak menghalangi jalur lalu-lalang para penghuni rumah.

Kenalan dengan Tuan Pot

etsy.com

Apakah kamu memelihara kaktus mini atau sukulen yang berambut atau memiliki banyak daun? Kalau iya, berikan saja ke Tuan Pot!

Bayangkan, kaktus mini atau sukulen tersebut bisa dijadikan rambut Tuan Pot. Desainnya sangat menggemaskan lantaran mata dan mulutnya berukuran kecil. Jangan lupa, pilih tanaman kecil yang ringan agar tidak jomplang, ya!

Variasi warna untuk setiap suasana

etsy.com

Bagi kamu yang ingin nuansa sederhana namun tidak membosankan, coba manfaatkan variasi warna seperti pada inspirasi di atas. Bentuknya sederhana, bulat memanjang seperti pot pada umumnya. Namun, area bawah diberikan aksen cat warna-warni dan area atas dibiarkan tampil terekspos dengan warna dasar abu-abu.

Model tumpuk dengan alas yang bisa dilepas

standard.co.uk

Dengan bentuk yang menyerupai mangkuk, pot dari tanah liat ini tergolong praktis untuk digunakan. Alas di bagian bawahnya berfungsi sebagai penampung sisa air siraman yang dapat dibuang sekiranya diperlukan.

Bentuknya tidak menyerupai alas pot pada umumnya yang ceper, melainkan agak tinggi. Ketika dipadukan dengan pot, tampilannya seperti mangkuk yang ditumpuk dan terlihat lebih rapi.

Simpel dari semen

dynns.com

Jika bosan dengan tampilan keramik atau tanah liat, pot semen bisa menjadi alternatifnya! Permukaannya dibiarkan tanpa pelapis apa pun supaya tekstur semen tetap menjadi fokus utama.

Hanya saja pada bagian atas dibubuhkan aksen berupa garis-garis ukiran. Kesannya dingin dan cocok untuk ditempatkan pada rumah industrial.

Pot yang mirip gelas

amazon.com

Untuk tanaman berukuran kecil yang bobotnya ringan atau tumbuh ke atas, kami rekomendasikan pot mirip gelas ini. Dengan bagian bawah yang mencekung sehingga lebih kecil dari bagian atas, jangan sampai salah menganggapnya sebagai tempat minum. Permukaannya dihias dengan berbagai motif seperti lingkaran besar ataupun cipratan abstrak.

Pot tanaman tak selalu harus dibiarkan fungsional tanpa menambah nilai estetik ruangan. Dari semua inspirasi yang Kania bagikan di atas, apakah ada yang kamu ingin gunakan untuk mendekorasi ruangan?

Tak hanya mengisi pot tersebut dengan tanaman cantik, kamu juga bisa meletakkannya di ruangan bersamaan dengan aquarium mini yang berisi ikan-ikan kecil. Dengan demikian, ruangan rumah tidak hanya terlihat asri, tapi juga lebih hidup dan alami. Selamat menghias ruangan rumahmu!

Ingin mengganti furnitur rumahmu dengan yang baru? Di Dekoruma, kamu bisa menemukan aneka jenis furnitur berkualitas dengan harga bersahabat, lho! Dekoruma jual kursi makan, rak tv, sofa, meja kantor, dan lemari dengan beragam model serta ukuran.

Tak hanya itu, Dekoruma juga jual Luminarc, yaitu merek peralatan makan dan minum berkualitas dengan bahan yang aman untuk kesehatanmu dan keluarga. Tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja cek laman Dekoruma!